Laman

  • Home

Kamis, 18 Mei 2017

Krenova 2017 : Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Sebagai Bahan Bakar Kompor Coswos 2112

Kompor COSWOS berbahan bakar minyak goreng bekas temuan anak SMK Kab Pekalongan
Adalah Vajar Pangestu dan Nia Ardila yang mulai mengotak-otak kompor berbahan bakar limbah minyak goreng yang selama ini tidak termanfaatkan oleh rumah tangga. Kompor yang menggunakan kompressor ini cocok untuk para pelaku usaha gorengan karena panas yang dihasilkan mampu mencapai 600 derajat celcius.

Kompressor yang menyuplai oksigen dicatu listrik dengan daya yang tidak terlalu besar, sementara untuk sumbu kompor ini menggunakan limbah kain perca.

Untuk ke depannya kompor ini akan disempurnakan dengan kemudahan dalam penyulutan awal, apakah itu dengan menggunakan pemantik api atau dengan penyulut. Disamping itu, sumbu kompor juga akan disempurnakan lagi.

Terlepas dari kelemahan yang minor tersebut, kompor ini memberikan ide kepada para produsen gorengan untuk bisa menggunakan minyak goreng bekasnya kembali menjadi sesuatu yang berguna.

Inventor Kompor COSWOS diperkenalkan.

Peragaan penggunaan komppor oleh inventor
Ada banyak alternatif pemanfaatan limbah minyak goreng, tetapi tanpa pengolahan lanjut pun limbah minyak goreng ini bisa langsung dimanfaatkan sebagai minyak bakar. Meskipun begitu, para adik-adik inventor ini pun juga harus menemukan cara bagaimana asap dari pembakaran minyak goreng ini bisa lebih "ramah" di mata dan hidung, karena masih cukup menyengat.

Terlepas dari itu semua, kami bangga adik-adik ini memiliki semangat berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Semoga hal ini bisa menginspirasi adik-adik yang lain dengan temuan dan inovasi baru dalam bidang yang lain.

Baca juga :

1. Krenova 2017 :Buat Telur Asin Cuma 3 Jam !
2. Krenova 2017 : Omah Setrum (Omset) Pintar Untuk Lokasi Wisata Yang Terpencil.
3. Krenova 2017 : Mas Roy WIbisono Mengingatkan Kembali Potensi Jawa Tengah Sebagai Sentra Keramik.
5. Krenova 2017 : SIHEGI, SI Hemat Energi Dari Kabupaten Purworejo.
6. Krenova 2017 : Rekayasa Mesin Serut Bambu 3 in 1.
7. Krenova 2017 : Alat Asah Pisau Rajang Tembakau, Meningkatkan Produktivitas Rajangan Tembakau.  
8. Krenova 2017 : Umbaran Lipat "Poliair Untuk Burung Kicauan". 
9. Krenova 2017 : Mesin Kristalisasi Dibutuhkan UMKM, Sayang Masih Pakai Gula Pasir Kristalisasinya.