Laman

  • Home

Kamis, 18 Mei 2017

Krenova 2017 : Mesin Kristalisasi Dibutuhkan UMKM, Sayang Masih Pake Gula Pasir Kristalisasinya.

Mesin Kristalisasi
Hadirnya inventor yang satu ini sebenarnya membuat saya sangat berharap banyak mesin produksinya bisa menjadi solusi bagi kristalisasi produk-produk minuman para pelaku UMKM, tetapi ternyata kristalisasinya masih mengandalkan kritalisasi gula pasir (sukrosa). Sementara kita tahu bahwa sukrosa mulai dihindari oleh konsumen yang ingin sebuah produk yang aman, terutama yang sudah mulai berusia di atas 40 tahun.

Meskipun begitu, tidak mengecilkan arti pembuatan mesin tepat guna bagi UMKM ini karena mesin ini kita perlukan untuk mengubah produk dalam bentuk cair menjadi bubuk, seperti jamu seduh menjadi jamu bubuk. 

Masih prototype - Presentasi dari team pembuat terasa kurang mantap karena ternyata pemilik idenya adalah dosen mereka, yang sebenarnya bisa hadir sebagai pendamping mereka. Kami menyarankan mereka untuk mecoba kristalisasi produk cair yang tidak menggunakan gula cair, jika hal ini berhasil maka bisa kami katakan banyak sekali pelaku UMKM yang membutuhkannya.

Para Inventor di depan team juri.
Sebagaimana diketahui bahwa produk kering dalam wujud bubuk bisa menjamin masa kedaluwarsa yang lebih panjang di samping memberikan kemudahan dalam hal distribusi dan logistik bagi para pelaku UMKM. Potensi jamu dan minuman herbal di Jawa Tengah mungkin tidak akan terkalahkan oleh propinsi lain, sehingga mesin kristalisasi semacam ini sangat dibutuhkan oleh produsen jamu dan minuman herbal.

Dalam presentasinya kami melihat hasil kristalisasinya cukup bagus penampilannya, kering, dan butiran yang cukup merata. Sistem kerja dari mesin ini adalah memanfaatkan perebusan dan pemutaran panci masak sampai kandungan air dalam cairan berkurang dan menyisakan partikel padat. Sangat mirip dengan proses pembuatan gula semut.

Sayangnya produk ini memang bukan penemuan baru, hanya berupa pengembangan dan masih membutuhkan penyempurnaan selanjutnya. Dan UMKM sangat menunggu perkembangan penyempurnaan mesin ini selanjutnya.

Baca juga:

1. Krenova 2017 :Buat Telur Asin Cuma 3 Jam !
2. Krenova 2017 : Omah Setrum (Omset) Pintar Untuk Lokasi Wisata Yang Terpencil.
3. Krenova 2017 : Mas Roy WIbisono Mengingatkan Kembali Potensi Jawa Tengah Sebagai Sentra Keramik.
5. Krenova 2017 : SIHEGI, SI Hemat Energi Dari Kabupaten Purworejo.
6. Krenova 2017 : Rekayasa Mesin Serut Bambu 3 in 1.
7. Krenova 2017 : Alat Asah Pisau Rajang Tembakau, Meningkatkan Produktivitas Rajangan Tembakau.  
8. Krenova 2017 : Umbaran Lipat "Poliair Untuk Burung Kicauan".