Laman

  • Home

Senin, 15 Mei 2017

Krenova 2017 : Omah Setrum (Omset) Pintar Untuk Lokasi Wisata Yang Terpencil

Team OMSET dari SMKN 1 Blora memperagakan alatnya.
Bayangkan jika anda berada di daerah wisata yang letaknya cukup terpencil dan tidak terjangkau oleh listrik dari PLN, sementara peralatan HP dan laptop anda butuh di-charge baterey-nya. Sesederhana itulah ide dari adik-adik SMKN 1 Blora untuk mengembangkan teknologi yang sebenarnya tidak baru, tetapi memiliki nilai solusi atas manfaat ini.

Dengan memanfaatkan energi angin dan surya mereka mengembangkan suatu peralatan yang mereka sebut omah setrum, yang bisa mencatu 60 HP secara bersamaan. 

Meskipun teknologi konversi listrik tenaga angin dan surya bukanlah suatu hal yang baru, tetapi pemanfaatannya sebagai omah setrum ini patut dihargai apalagi masalah ini dipicu dari adanya pengembangan obyek-obyek wisata di Kabupaten Blora yang letaknya cukup jauh dan tidak terjangkau listrik PLN.

Miniatur OMSET sedang diperagakan.

Ke-4 pencipta alat ini dari SMKN 1 Blora sedang menjelaskan kepada team juri.
Penyempurnaan alat masih akan tetap terus mereka lakukan karena beberapa pesanan alat serupa dari pemerintah daerah sudah ada. Kemampuan untuk mengembangkan produksi alat ini sangat dibutuhkan, agar alat ini tidak berhenti sebagai alat hasil penelitian dan praktek kerja siswa sekolah.

Baca juga: