Laman

  • Home

Selasa, 16 Mei 2017

Krenova 2017 : SIHEGI, Si Hemat Energi Dari Kabupaten Purworejo

Inventor SIHEGI mempresentasikan temuannya.

Pernah dengan Joule Thief ? Joule Thief ini adalah sebuah rangkaian yang memanfaat sumber energi sekecil apapun untuk menyalakan lampu ataupun alat elektronik lainnya.
Sistem kerja dari Joule Thief ini memanfaatkan sistem kerja dari induktor. Induktor atau reaktor adalah sebuah komponen elektronika pasif (kebanyakan berbentuk torus) yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. Kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya, dalam satuan Henry. Biasanya sebuah induktor adalah sebuah kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan, lilitan membantu membuat medan magnet yang kuat di dalam kumparan dikarenakan hukum induksi Faraday. Induktor adalah salah satu komponen elektronik dasar yang digunakan dalam rangkaian yang arus dan tegangannya berubah-ubah dikarenakan kemampuan induktor untuk memproses arus bolak-balik. 

Inilah yang coba dikembangkan oleh teman-teman dari Kabupaten Purworejo untuk membuat berbagai produk inovasi lampu emergency dengan hanya mamanfaatkan sebuah battery AA. Tidak hanya satu jenis lampu tetapi berbagai kreasi lampu emergency unik dan mungil yang bisa menjadi penghias ruangan dengan bahan baku dari berbagai limbah elektronik dan limbah lainnya.

Produk SIHEGI di depan para juri.

Inovasi lampu emergency yang dekoratif dari bahan bekas.

Slamet Widhodho bersama rekan memperagakan berbagai produk SIHEGI.
Joule Thief memang bukan penemuan mereka, tetapi lampu-lampu dekoratif dan lampu emeregency ini merupakan inovasi mereka untuk pengembangan usaha lebih lanjut. Dalam prakteknya lampu emergency kecil yang dipraktekkannya bisa bertahan 2 x 25 jam hanya dengan battery AA, sehingga cocok untuk masyarakat pedesaan membutuhkan penerangan pengganti lilin.

Sangat murah dan cukup untuk memberikan penerangan sementara kepada masyarakat desa yang listriknya padam. Upaya pengembangan dan kreativitas terus mereka kembangkan agar produk SIHEGI bisa diterima oleh masyarakat dan bisa menjadi usaha skala kecil para penemu SIHEGI ini.

Baca Juga: