Laman

  • Home

Rabu, 17 Mei 2017

Krenova 2017 : Alat Asah Pisau Rajang Tembakau, Meningkatkan Produktivitas Rajangan Tembakau

Nut Whetter, Alata Asah Pisau Rajang Tembakau
Adalah Ali Achmadi, seorang inventor dari Kabupaten Rembang yang mencoba sebuah inovasi alat untuk membantu para petani tembakau di daerahnya. Ali Achmadi melihat bahwa dia bisa membantu peningkatan produktivitas rajang tembakau dengan menciptakan alat asah pisau rajang yang cepat dan praktis yang bisa dioperasikan oleh siapa saja karena bisa disetel sesuai kebutuhan.

Kesederhanaan berpikir dan semangat untuk bisa membantu masayarakat sekitar merupakan dasar penilaian kami terkait dengan potensi di sekitar dan manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

Ali Achmadi, penemu inovasi alat asah pisau rajang tembakau.

Peragaan alat asah psiau rajang tembakau di depan dewan juri.
Ketajaman pisau rajang memberikan pengaruh besar dalam kualitas dan kecepatan rajangan tembakau, karena setiap beberapa kuintal tembakau pisau rajang harus diasah kembali. Kecepatan asah pisau akan sangat membantu mempercepat proses produksi rajangan tembakau.

Mesin asah ini terdiri dari motor listrik yang menggerakan gerinda yang bisa berjalan maju dan mundur untuk mengasah pisau. Sementara pisau akan dipegang mesin dengan baut yang sudah disediakan, dengan adjuster. Maju mundur pisau diatur dengan tuas yang telah disediakan.

Demikian secara singkat mesin tersebut bekerja, meskipun tidak termasuk "alat yang canggih" namun mesin ini masuk kategori mesin tepat guna.

Baca juga:
 
1. Krenova 2017 :Buat Telur Asin Cuma 3 Jam !
2. Krenova 2017 : Omah Setrum (Omset) Pintar Untuk Lokasi Wisata Yang Terpencil.
3. Krenova 2017 : Mas Roy WIbisono Mengingatkan Kembali Potensi Jawa Tengah Sebagai Sentra Keramik.