Laman

  • Home

Selasa, 13 Juni 2017

UMKM Produsen Mesin Ikut Siapa ?

Image result for working at machine workshop
UMKM Produsen Mesin Ikut Siapa ?

Selama ini fokus kami masih terpaku kepada UMKM pangan, kerajinan dan konveksi sehingga sedikit waktu kami untuk menyentuh teman-teman pelaku UMKM yang bergerak di bidang rekayasa mesin tepat guna yang sebenarnya bisa sangat mendukung kinerja produksi dari teman-teman UMKM di Jawa Tengah.

Mereka tidak ikut terbina oleh instansi manapun karena dianggap sudah cukup mandiri untuk menjalankan bisnis, padahal sebenarnya mereka juga butuh motivasi dan bantuan untuk memasarkan produknya kepada para pelaku UMKM yang membutuhkan mesin-mesin rekayasa mereka untuk membantu peningkatan kapasitas dan kualitas produksi. Keberadaan mesin produksi sebagai perwujudan teknologi pada usaha skala kecil merupakan upaya untuk menutup kesenjangan skill SDM usaha kecil dan usaha besar. 

Teknologi produksi inilah yang akan mengangkat kualitas produksi usaha kecil setara dengan produk industri, meskipun mereka menggunakan mesin tepat guna. Mesin tepat guna jangan disikapi sebagai mesin berkualitas rendah, karena pada desain dan perancangan mesin tepat guna ini sudah dipertimbangkan untuk mencapai sebuah target kualitas tertentu. Yang membedakan hanyalah skala dan kapasitas produksinya jika dibandingkan dengan mesin-mesin industri.

Beberapa kali diskusi kami dengan Balitbang atau yang sekarang disebut UPP IPTEKNI kami selalu mengangkat nasib para UMKM produsen mesin rekayasa yang sampai saat ini belum terwadahi, bahkan oleh kami sekalipun. Inilah issue yang kami angkat pertama kali ketika ada wacana kerjasama antara Kadin Jawa Tengah dengan UPP IPTEKIN di bawah BAPPEDA Propinsi Jawa Tengah.

Pentingnya memetakan keberadaan mereka dan menghimpun data base mereka adalah usulan kami kepada UPP IPTEKIN untuk pembinaan dan pengembangan dari kami lebih lanjut kepada mereka. Bahkan kami pun berharap dengan terpublikasinya tulisan ini di media kami, para pelaku UMKM produsen mesin bisa dengan suka rela mendaftarkan diri kepada kami untuk pendataan lebih lanjut.

Para pelaku UMKM ini butuh pelatihan pemasaran produk dan juga sangat butuh informasi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh para UMM pangan dan kerajinan saat ini, dan ini bisa disinergikan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan yang sudah terlaksana untuk UMKM bidang lain. 

Dengan memiliki data base UMKM produsen mesin yang ada di Jawa Tengah kami memiliki peluang besar untuk membantu mereka dengan mencarikan mereka kegiatan-kegiatan CSR dari perusahaan-perusahaan besar yang sudah merapat kepada kami. Perusahaan-perusahan tersebut adalah perusahan dari sektor perbankan dan sektor industri besar.

Untuk pedataan awal kami harapkan para UMKM produsen mesin rekayasa di Jawa Tengah bisa mengirimkan company profile ke email jockokellick@gmail.com. 

Baca juga: