Laman

  • Home

Jumat, 02 Juni 2017

Mesin-Mesin Tepat Guna Dibutuhkan Oleh UMKM

Mesin Sangrai Kacang buatan Kabupaten Batang
Teknologi menjadi salah satu kelemahan UMKM dalam bersaing karena mahalnya alat-alat bantu produksi yang ada saat ini. Ajang KRENOVA yang digelar oleh UPP IPTEKIN Bappeda Jawa Tengah diharapkan bisa menyaring kreasi dan inovasi dari masyarakat dalam bidang tersebut.

Pembekalan dan pemahaman teknologi produksi yang tepat guna sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM agar mereka mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas produksinya. Sementara itu, pemerintah juga harus terus menstimulasi masyarakat yang memiliki kemampuan dalam membangung dan membuat mesin-mesin tepat guna karena sepengetahuan kami para UMKM pembuat mesin belum diberdayakan secara maksimal oleh pemerintah.

Kita pun sangat prihatin ketika banyak UMKM yang memakai mesin-mesin produksi impor sementara sebenarnya banyak rekan-rekan kita yang mampu membuatnya, hanya saja para pelaku UMKM tidak mengetahui informasinya. Di Jawa Tengah, Solo, Pati dan Tegal dikenal sebagai sentra pembuat mesin tepat guna yang bisa membantu para pelaku UMKM untuk penyediaan teknologi mesin yang dibutuhkan.

Mesin Sangrai Kacang di Krenova 2017

Meskipun masih butuh pemyempurnaan, namun mesin ini sudah bisa beroperasi dengan baik.
Di ajang Krenova yang digelar oleh BAPPEDA Jawa Tengah, kami sempat menjaring beberapa mesin tepat guna, misalhya: mesin sangrai kacang (oven kacang), mesin serut bambu 3 in 1, mesin asah pisau dan sebagainya.

Semoga beberapa teman UMM yang memiliki usaha dibidang rekayasa mesin mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah agar mereka tetap eksis dan mampu berkarya menyumbangkan teknologinya kepada masyarakat.


Baca juga: