Laman

  • Home

Senin, 03 April 2017

Bambu Pun Bisa Berbicara Pada Pasar Ekspor

Image result for Bamboo Bike For Kid
Bamboo Bike For Kid

Sebagaimana di negara-negara Asia lainnya, bambu juga tumbuh subur di Indonesia. Hampir di semua pelosok tempat bisa ditumbuhi bambu sehingga bisa dikatakan bahwa potensi bahan baku cukup melimpah, terutama di pedesaan.

Dibutuhkan ketrampilan khusus dalam memotong, menyimpan dan mengolah bambu agar kualitas dan kekuatannya bagus. Dan mengenai ketrampilan ini, pastinya di Indonesia sudah cukup banyak pakar yang menguasainya.

Di samping itu, masalah desain selalu menjadi permasalahan utama dalam bidang kerajinan bambu yang memiliki kemampuan menembus pasar ekspor. Sebagaimana tulisan kami terdahulu mengenai salah satu prestasi luar biasa dari pengrajin bambu dari Temanggung yang mampu menciptakan sepeda bamu SPEDAGI yang tembus pasar Belanda, Jepang dan Jerman.

Pada kesempatan ini kami ingin menggugah teman-teman pengrajin bambu untuk meningkatkan kreativitas desain produk bambu yang bisa menembus pasar ekspor dengan menampilkan berbagai contoh produk kerajinan bambu di bawah ini:

Produk Sepeda Bambu Untuk Anak-Anak

Konsep mainan anak adalah konsep yang paling tepat untuk material bambu, salah satunya adalah sepeda bambu dari Vietnam di bawah ini. Produk ini cukup populer dan tampak begitu artistik untuk bisa menjadi sebuah pajangan seni di rumah. Fungsional dan dekoratif, menjadi konsep yang apik untuk dikembangkan oleh teman-teman di Jawa Tengah.
  

sepeda bambu 2
Sepeda Bamboo, Designer : A21 Studio VIetnam



Decorative Item

Kerajinan bambu untuk kebutuhan pengisi dan penghias ruangan juga bisa dikembangkan sesuai dengan kreativitas dari produsen. Yang terpenting item-item yang diproduksi memiliki fungsi terentu atau bisa menjadi barang dekoratif yang layak untuk dipajang di ruangan tertentu. Kuaitas material dan workmanship perlu diperhatikan benar, karena produk dari bambu bisa dikerjakan oleh banyak orang baik di Indonesia maupun di negara Asia lainnya, oleh sebab itu desain dan kualtias produk akan menjadi tolok ukur bagi konsumen.
tempat koran dari bambu
Newspaper Rack (Tempat Koran), Designer : Alessi


Moolin lamp bamboo
Standing Decorative Lamp, Designer : Lasfera Design Studio

bangku terbuat dari bambu
Bangku Bambu, Desaigner : Alvin Tjitrowirjo







Mainan Anak

Produk mainan anak memiliki peluang pasar yang sangat tinggi, hanya saja faktor "safety" harus benar-benar diperhatikan oleh para produsen, mulai dari edging yang halus sehingga tidak akan melukai, finishing dari bahan yang tidak beracun (non toxic) dan konstruksi yang aman, yaitu konstruksi yang tidak ada efek gunting.


mainan pasir dari bambu
Sand Toys dari China

mobil mobilan bambu
Wheel Loader dari China

Kitchenware (Peralatan Dapur)

Peralatan dapur merupkan sebuah peluang bagi para produsen kerajinan bambu. Mereka harus selalu melakukan update ketrampilan dan peralatan agar bisa memproduksi item-item untuk kebutuhan dapur. Perlu dipahami juga bahwa finishing untuk peralatan dapur harus benar-benar food grade.

Dengan workmanship yang bagus, maka material bambu yang biasa bisa disulap menjadi sebuah peralatan masak (dapur) yang bernilai tinggi dan berharga sebagaimana kami berikan contoh di bawah ini. 
Image result for bamboo kitchenware
Bambu Kitchenware

Image result for bamboo kitchenware
Bamboo Kitchenware




Fashion

Kerajinan bambu mampu membeikan nuansa alam yang unik, oleh sebab itu banyak para designer mengembangkannya dalam bidang fashion. JIka pada tahun 90-an dulu, tas dari bahan alam seperti bambu dan tempurung pernah merajai pasar handicraft di USA maka kami yakin hal itu akan berulang kembali.

Di bidang ini, produsen harus benar-benar mampu membuat desain yang uptodate dan mempu menguasai pemahaman material untuk kombinasi bahan.

Image result for bamboo bag
Bamboo Bag

Image result for bamboo bag
Bamboo Bag

Demikian kami berbagi beberapa desain produk dari bambu yang kami harapkan bisa membuka sedikit wawasan desain produk bagi teman-teman produsen. Kami yakin ketika teman-teman UMKM produsen kerajinan bambu mau melakukan "lift up" maka produk kerajinan mereka tidak mustahil bisa tembus pasar ekspor.

Konsep kerajinan bambu inipun bisa memenuhi kriteria SLOW Produk yang berarti Sustainable, Local, Orginal dan Wholesome (Sehat), dan ketika produk ini sudah memenuhi kriteria SLOW maka bisa dikatakan produk kerajinan bambu adalah sebuah produk unggulan di masa mendatang.


Baca juga:
1. Perabot Makan Kayu ? Yes, Kami Bisa ! 
2. Jangan Takut Jadi Spesialis ! 
3. Wooden Bowl, Bubutan Kayu Yang Diminati Jerman. 
4. Referensi Desain Terracota Untuk UMKM. 
5. Karena Tergelitik, Akhirnya Desain Batok Kelapa Harus Dikulik.
6. Ketika Yang Diekspor Itu Produk Lokal Berbahan Baku Lokal.
7. Mau Jual Produk, Jual Bisnis Atau Jual Nilai Budaya ?