Laman

  • Home

Kamis, 01 Desember 2016

Jangan Takut Jadi Spesialis !

Produk Wooden Kitchenware
Upaya kami untuk mengangkat produk wooden kitchenware dari Jawa Tengah masih jauh dari harapan meskipun beberapa buyer besar telah meminta bantuan kami untuk merekomendasikan produsen kitchenware dari Jawa Tengah. Masih perlu proses, dan yang jelas masih perlu fokus dari pihak produsen yang masih belum melakukan spesialisasi dalam produk ini.

Beberapa UMKM produsen wooden kitchenware telah kami coba untuk kembangkan, misalnya dari Kabupaten Wonosobo yang masih butuh sentuhan desain dan peningkatan kapasitas dan dari Secang - Magelang yang butuh sentuhan kualitas dan desain. Kami juga berharap teman-teman dari Kabupaten Blora dan Jepara bisa memenuhi permintaan produk ini.

Kebanyakan produk kitchenware masih dikerjakan oleh pengrajin bubutan skala kecil, yang mengerjakan produksi atas dasar pesanan dari buyer. Sementara itu mereka juga mengerjakan item-item handicraft lain, sehingga produk ini masih belum menjadi fokus produksi dari para pengrajin.

Desain dan kualitas harus prima, dan finishing dengan bahan food grade.
Mengingat beberapa kelemahan di atas, maka saat ini kami fokus kepada pelaku UMKM yang mampu mengkoordinasi produksi, mampu menciptakan desain berkelas dan mampu menyerap aspirasi pasar, meskipun mereka bukan produsen langsung.

Beberapa UMKM yang kami bina saat ini untuk mengembangkan produk wooden kitchenware adalah FURNIWELL CALLISTA PRIMA dan INDO AZUR di Semarang. Sementara pasar ekspor yang membutuhkan produk ini adalah Jerman dan beberapa jaringan hotel internasional.

Wooden Spoon
Untuk membantu promosinya, dalam DiahDidi.Com telah menggunakan produk-produk di atas dalam setiap sesi foto masakan agar masyarakat aware bahwa produk dalam negeri dari UMKM Jawa Tengah patut dibanggakan.

Potensi pengrajin yang luar biasa untuk dikembangkan adalah Kabupaten Blora, karena kabupaten ini merupakan kabupaten penghasil kayu jati yang terbaik di dunia. Banyak di antara mereka memanfaatkan limbah akar jati untuk berbagai macam kerajinan. Selain itu Kabupaten Jepara juga memiliki potensi untuk pengembangan produk ini karena mereka memiliki SDM yang melimpah dengan pengalaman ekspor yang memadai.

Terkait dengan membangun brand produk wooden kitchenware, kami menekankan kepada para UMKM tersebut untuk jangan takut menjadi spesialis dalam produk ini, terutama FURNIWELL CALLISTA PRIMA, karena dengan spesoalisasi ini akan lebih mudah untuk membangun brand perusahaannya.

Menaiknya bisnis hotel dan resto saat ini merupakan peluang yang bagus bagi pasar wooden kitchenware di dalam negeri. Bermunculannya media online dalam hal kuliner juga membutuhkan properti unik untuk food photography yang bisa dipenuhi oleh kerajinan perabot makan dari kayu ini.