Laman

  • Home

Selasa, 17 Januari 2017

Menggoreng Tanpa Minyak, Teknologi Yang Perlu Dipertimbangkan Oleh UMKM

Image result for air fryer
Air Fryer, Menggorang Tanpa Minyak

Teknologi Air Fryer yang itu alat penggorengan yang mengalirkan udara panas sebagai pengganti minyak goreng perlu dipertimbangkan oleh para pelaku UMKM. Sebenarnya teknologi ini bukanlah teknologi yang baru karena sekitar tahun 2011 sudah diperkenalkan oleh Lejel dan juga oleh Philips (Panasonic), tetapi kami yakin masih banyak pelaku UMKM yang belum mengetahuinya, dan oleh sebab itu dengan tulisan ini kami ingin mengangkatnya kembali.

Beberapa permintaan dari buyer, terutaman Eropa dan USA yang menginginkan produk snack dan chips yang sehat tanpa minyak sementara ini masih sulit dipenuhi karena beberapa rekan UMKM masih menggunakan teknologi konvensional, bahkan yang menggunakan vacuum frying pun masih sedikit jumlahnya karena menurut mereka masih mahal. Padahal buyer benar-benar menuntut untuk menggunakan teknologi yang benar-benar tidak menggunakan minyak sama sekali.

Di salah satu perusahaan di Semarang, ada yang sudah menggunakan teknolgi canggih yaitu vacuum drying untuk skala industri, hanya saja "jasa" untuk memproses makanan dengan teknologi ini masih terhitung mahal sehingga harga jualnya kurang bersaing. 

Oleh sebab itu, hadirnya air fryer ini mungkin bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan "kadar sehat" produk snack dan chips (keripik) dari UMKM yang ingin menembus pasar ekspor. Harga produk ini bervariasi dari Rp 2jt sd Rp 4jt untuk kapasitas kecil, dan sekarang sudah hadir berbagai merk.

Memang tidak semua bahan makanan bisa diproses dengan sempurna dengan air fryer, oleh sebab itu pengalaman dan percobaan-percobaan perlu dilakukan oleh para pelaku UMKM. Tetapi yang jelas, kami telah mencoba dan makanan yang dihasilkannya (jika proses benar) maka cita rasanya tidk berbeda dengan digoreng dengan minyak, dan satu kelebihannya ... lebih sehat.

Kami menulis ini juga dengan maksud bahwa binaan kami yang bergerak di bidang rekayasa mesin mampu memproduksi alat ini dengan teknologi tepat guna dan dipasarkan kepada para pelaku UMKM di Indonesia. Kami yakin mereka mampu membuatnya, dengan melihat cara kerja alat tersebut.

Tetap semangat ! Pasti ada solusinya !