Laman

  • Home

Rabu, 24 Mei 2017

Satu Kreativitas Mengundang Kreativitas Yang Lain

Image result for creativity drives creativities
Kreativitas Mengundang Kreativitas Yang Lain


UMKM masih harus terus diingatkan tentang pentingnya sebuah kreativitas dan inovasi, bukan sekedar untuk sekedar untuk memenangkan persaingan tetapi merupakan upaya untuk mempertahankan bisnis mereka di masa mendatang. 

Kebiasaan meniru justru akan mengubur semua potensi yang dimiliki oleh para pelaku usaha, tetapi setiap kreativitas kecil yang mampu mereka hadirkan justru akan mengundang kreativitas lain yang lebih besar. Beberapa rekan menyadarkan kami bahwa kombinasi kreativitas jumlahnya bisa melebihi jumlah pesaing anda, sehingga untuk keluar dari persaingan sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Memahami potensi produk, potensi pasar dan setiap hal detail yang menghubungkannya merupakan dasar dalam memulai kreativitas. Originalitas menjadi suatu hal yang paling dihargai dalam kreativitas, sebelum masuk ke pertimbangan manfaat.

Setiap daerah memiliki potensi dan kekhasannya sendiri, sehingga setiap daerah mampu membuat banyak perbedaan dengan daerah lain sedemikian pula halnya dengan setiap pelaku usaha satu dengan yang lainnya.

Pisang di satu daerah hanya diolah menjadi kripik pisang, tetapi tidak semestinya daerah lain juga membuat kripik pisang. Jikalau memang hanya bisa membuat kripik pisang, maka di satu daerah dan daerah lain akan berbeda jenis pisangnya. Inilah kombinasi-kombinasi yang bisa terus dikembangkan dalam membangun sebuah differensiasi. Belum lagi banyaknya variasi proses dan hasil akhir dari olahan makanan, maka benar juga jika diyakini jumlah kombinasi kreatif bisa melebihi jumlah pesaing yang ada.

Dalam beberapa tulisan kami yang lalu, saya menyoroti strategi ATM dari pemerintah kepada UMKM yang justru bisa mengubur kreativitas para pelaku UMKM. Mengapa ? Karena dengan keterbatasan mindset para pelaku usaha, yang tercerna oleh pelaku UMKM adalah cuma "A" dan "T" saja, yaitu amati dan tiru, dan inilah fakta yang terjadi di lapangan.

Kami butuh melihat lebih banyak kreativitas di kalangan pelaku UMKM, karena kami melihat betapa banyak produk sejenis yang tidak mampu menampilkan sebuah "keunikan" dari masing-masing produk. Misalnya: produk sambal kemasan yang saat ini marak di Jawa Tengah. 

Menyikapi hal tersebut kami akan terus memahamkan pentingnya kreativitas dalam usaha skala UMKM, sebagai sarana memenangkan persaingan dan upaya untuk mempertahankan bisnisnya. Dalam konsultasi bisnis yang kami garap pun kami telah memasukkan motivasi dan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan permasalahan UMKM di Jawa Tengah.

Kami memahamkan kreativitas bisa dimulai dari kreativitas atas bahan baku, kreativitas pada pengolahannya, kreativitas pada hasil akhir produk, kreativitas pada kemasan, kreativitas promosi dan pemasaran dan sebagainya. Setiap kreativitas yang dihadirkan akan berimbas pada kreativitas proses berikutnya, sehingga tanpa sadar memulai satu kreativitas bisa memicu banyak kreativitas yang lain.

Baca juga: