Laman

  • Home

Kamis, 04 Mei 2017

Pentingnya Company Profile Bagi UMKM

Image result for company presentation
Pentingnya Company Profile Bagi UMKM

Lagi, ketika datang sebuah peluang pemasaran bagi produk-prodduk UMKM dan kami meminta UMKM untuk segera mengirimkan profile perusahaannya banyak sekali UMKM yang tidak bisa mengirimkannya, karena mereka tidak punya company profile !

Sungguh disayangkan beberapa peluang harus lepas begitu saja, dan terpaksa kami harus mengirimkan company profile dari perusahaan-perusahaan menengah - besar yang sudah mengirimkan company profile kepada kami. Sebenar ada masalah apa dengan para UMKM yang tidak mau menyempatkan membuat company profile sebagai representasi dari gambaran usahanya kepada buyer.

Buyer akan memberikan penilaian awal terhadap perusahaan dari company profile yang telah mereka dapatkan, oleh sebab itu profile perusahaan yang menarik perlu dipertimbangkan. Tetapi pada dasarnya yang dibutuhkan oleh buyer adalah informasi yang lengkap mengenai perusahaan tersebut sebagai bukti bahwa perusahaan tersebut exist dan bisa dihubungi.

Kami sudah sering mengingatkan beberapa instansi terkait ketikan mereka menggelar pelatihan pemasaran, sebelum mereka memberikan materi pemasaran yang umum sebaiknya diberikan pelatihan bagaimana membuat company profile yang baik. Tidak harus dengan program MS Power Point yang mungkin banyak UMKM yang belum menguasainya, tetapi program MS Word pun sudah cukup asal mereka mampu juga membuat profile yang rapi dan cantik dengan program tersebut.

Kami juga prihatin ketika UMKM mengirimkan company profile yang "ala kadarnya" kepada kami, yang terpaksa tidak kami lanjutkan kepada buyer jika kami tidak punya waktu untuk "mempercantik" company profile tersebut. Kami paham benar bahwa ada sebagian buyer menilai perusahaan dari tampilan company profilenya.

Company Profile Adalah Tampilan CItra Perusahaan Anda 

Hal inilah yang sering kami ingatkan kepada UMKM untuk selalu menyiapkan company profile sebagai "kartu nama" kepada kami, agar kami bisa mengirimkan profile tersebut kepada buyer atau mitra ketika dibutuhkan.

Informaasi mengenai profile perusahaan harus sesuai dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan, mulai dari nama perusahaan, alamat, kontak, bidang usaha, skala perusahaan, produk, apa yang mereka tawarkan dan apa yang mereka butuhkan.

Tampilan company profile yang menarik merupakan "kesan awal" yang akan anda dapatkan dari buyer. Penampilan company profile yang baik akan memberikan peluang mendapatkan perhatian selanjutnya dari buyer, karena buyer akan menganggap bahwa UMKM ini profesional.

Visual Selalu Lebih Baik

Penyajian informasi dengan visual selalu akan memberikan penilaian lebih, terutama foto-foto yang sesuai dengan fakta dari perusahaan yang disajikan dengan kualitas fotografi yang baik. 

Sajian visual ini jauh lebih mudah dimengerti dengan cepat daripada tampilan kata-kata dan kalimat. Penyajian visualisasi grafis dan tabel yang menggambarkan kondisi perusahaan juga jauh lebih mudah dipahami.

Informasi Harus Sesuai Dengan Fakta Perusahaan

Marketing itu mengatakan "apa yang dilakukan perusahaan kepada customer", oleh sebab itu informasi yang ada dalam company profile harus benar-benar sesuai dengan fakta dan kondisi perusahaan agar informasinya tidak menyesatkan buyer. 

UMKM harus bisa menyatakan "apa yang unik" dari perusahaannya, baik produk maupun layanannya. Kemampuan mereka menggambarkan "apa dan siapa" yang mereka butuhkan juga merupakan sebuah "nilai" yang akan dipertimbangkan oleh buyer bahwa mereka paham dengan bisnis mereka.

Kontak Yang Ada di Company Profile Harus Valid

Banyak UMKM yang memberikan kontak dan nomor yang bisa dihubungi, tetapi seringkali ketika dihubungi selalu tidak aktif atau sulit dihubungi. Hal ini adalah sesuatu yang fatal dalam company profile, karena inti dari semua bisnis adalah komunikasi maka hal-hal yang terkait dengan kontak merupakan sesuatu yang sangat penting.

Cantumkan di kontak yang ada di company seseorang yang memang benar-benar menguasai informasi mengenai perusahaan dan paham bisnisnya, karena buyer tidak mau buang-buang waktu untuk menunggu informasi yang berbelit-belit.

Sajikan Dalam Bentuk Soft Copy dan Hard Copy

Company profile dalam bentuk soft copy saat ini sangat dibutuhkan dalam era digital, karena bisa dengan cepat dikirimkan dan murah. Seringkali UMKM membuat company profile masih dalam bentuk hard copy dan untuk mengirimkan harus melalui kurir sehingga butuh waktu yang lama untuk menerimanya.

Peluang Hanya Datang Satu Kali, Maka Tanggapan Cepat Sangat Penting

Seringkali kami harus kehilangan peluang karena UMKM "terlalu" lama beraksi. Hari ini kami minta company profile, baru seminggu kemudian mereka kirimkan informasi. Peluang tidak bisa menunggu lama, mengingat ketatnya persaingan untuk produk sejenis. Ketikan para UMKM tidak segera mengirimkan company profile maka peluang ini akan diisi oleh para pesaing yang lebih cepat dalam memberikan tanggapan kepada buyer.

Di atas sebenarnya adalah keprihatinan kami terhadap respon pemasaran dari para pelaku UMKM yang ada saat ini, dan dengan tulisan ini kami berharap bahwa para pelaku UMKM terutama yang berorientasi ekspor bisa segera mempersiapkan company profile. Bahkan ketika belum ada permintaan dari pasar, company profile ini bisa diemailkan kepada kami untuk data base sewaktu-waktu buyer membutuhkannya.

Baca juga: