Laman

  • Home

Jumat, 13 Januari 2017

Ada Yang Ketinggalan Dalam Pelatihan Pemasaran UMKM

Related image
Yang Ketinggalan Dari Pelatihan Pemasaran UMKM
Tidak mudah memang mengenalkan ilmu-ilmu praktis pemasaran kepada para pelaku UMKM kebanyakan adalah para produsen. Para pelaku UMKM ini sudah terlanjur bergelut dengan rutinitas produksi, sementara ilmu pemasaran butuh fokus dan pemikiran  yang segar dengan kreativitas-kreativitasnya ketika menghadapi persaingan yang semkin ketat.

Selain itu banyak sekali istilah-istilah pemasaran yang benar-benar baru dan sulit dipahami oleh para pelaku UMKM yang memiliki latar belakan pendidikan yang rendah. Ya, semua itu adalah tantangan yang sering dihadapi oleh para penggiat UMKM ketika memberikan pembekalan kepada UMKM.

Belum lagi ketika para pelaku UMKM maunya yang praktis-praktis saja dan tidak mau teori, padahal ilmu marketing memang perlu memahami teorinya terlebih dahulu sebelum berlanjut kepada tindakan praktis dan kreatif.

Pada akhirnya kami mencoba dengan target pelatihan yang lebih pendek yaitu bahwa setiap pelatihan mereka harus mampu membuat marketing tool mereka sendiri, misalnya: mereka mampu membuat foto produk yang bisa mengantarkan pesan pemasaran yang lebih baik bukan sekedar produk yang difoto. Selain itu juga kami mengajarkan kepada mereka membuat company profile, brosur dan presentasi bisnis yang menarik agar konsumen terkesan dengan presentasi tersebut.

kadang yang sederhana ini sering dilupakan ketika kita memberikan pelatihan pemasaran kepada UMKM, padahal justru output tersebut yang nantinya setelah pelatihan akan mereka pergunakan untuk menggaet pembeli dan konsumen.

Pelatihan foto produk dengan menggunakan smart phone sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya. Pahamkan mereka bahwa produk yang baik harus terlihat baik, makanan yang enak harus terliihat enak di foto.

Setelah itu ajarkan mereka membuat company profile dengan foto-foto produk yang baik dan susunan yang menarik sehingga mampu menarik perhatian konsumen baik secara offline maupun online.

Nah, semoga masukan ini bermanfaat bagi semuanya.