Laman

  • Home

Rabu, 03 Mei 2017

Menggagas Event UMKM Sukses Dinas Koperasi dan UKM Jateng

Image result for successful SME
Menggagas Event UMKM Sukses Dinas Koperasi dan UMKM Jateng

Menghadirkan pelaku UMKM dengan kriteria sukses dalam setiap kurun waktu tertentu bukanlah hal yang mudah, tetapi arah pembinaan dan pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah harus mempu memberikan suatu pembuktian. Pembuktian yang dihadirkan ini adalah wujud dari kesuksesan program pembinaan yang telah dilakukan, dan wujud dari edukasi yang dilakukan oleh pemerintah dengan memberikan contoh nyata UMKM yang masuk dalam kriteria sukses.

Dalam kesempatan ngobrol santai dalam acara Gebyar Pesona UMKM Center Jateng pada hari Minggu lalu kami bersama dengan team pemasaran Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah mencoba menggagas sebuah event pemilihan UMKM Sukses Jawa Tengah untuk peringatan Hari Koperasi pada bulan Juli mendatang. Sebagai awalan, mungkin event ini belum terdukung oleh anggaran yang memadai tetapi bisa menjadi pemicu event yang lebih besar di kemudian hari.

Tujuan awal dari event ini adalah untuk menjaring UMKM-UMKM dari kota dan kabupaten se-Jawa Tengah yang masuk dalam kriteria sukses tersebut, yang selanjutnya akan diseleksi di tingkat propinsi untuk penentuan pemenangnya. UMKM-UMKM sukses ini nantinya akan mendapatkan beberapa fasilitasi promosi dan pemasaran dari dinas maupun asosiasi seperti Kadin Jawa Tengah untuk percepatan pengembangan usahanya.

Sementara ini yang dibidik adalah UMKM Pangan mengingat lebih dari 60% UMKM yang ada di Jawa Tengah bergerak di pangan.

Nah, dalam seleksi ini diperlukan kriteria dari UMKM Sukses yang dimaksudkan dan dalam pembicaraan awal, kami mencoba menyepakati kriteria-kriteria praktis sebagaimana apa yang selalu kami hadapi di lapangan. Asumsi awal kami adalah "setiap pelaku UMKM yang sukses pasti selalu didukung dengan produk yang sukses", sehingga kami memberikan usulan kriteria sebagai berikut:
  1. Setiap UMKM yang terseleksi harus memiliki formulasi manajemen sederhana dalam mengorganisasi usahanya. Maksudnya, usaha yang sukses pasti memiliki "wujud" pengelolaan usaha yang teratur dan rapi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan monitoring. Idealnya mereka memiliki SOP (Standard Operationg Procedure) meskipun belum dalam wujud yang berupa naskah SOP, tetapi memiliki acuan dan konsistensi pelaksanaannya.
  2. Produk yang mereka hasilkan harus sudah terjamin legalitasnya, minimal PIRT dan Halal dan sudah dikemas dengan kemasan yang baik dan menarik. HACCP merupakan pertimbangan "nilai lebih" dari kriteria legalitas usaha ini.
  3. Produk mereka sudah menunjukkan kinerja pemasaran yang baik, baik secara offline maupun online. Secara offline pasar tradisional, pasar modern dan pasar ekspor menjadi acuan penilaian, dan kemampuan membangun pasar online juga menjadi pertimbangan "nilai lebih" dalam kinerja pemasarannya.
  4. Kinerja pertumbuhan asset yang menjamin keberlangsungan usaha mereka di masa mendatang.
Dengan usulan 4 kriteria di atas dan pengembangannya, kami berharap Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah akan menemukan "UMKM Sukses" yang dimaksudkan dan bisa menghasilkan UMKM-UMKM lokomotif yang selanjutnya akan digenjot kinerja promosi dan pemasarannya sebagai UMKM unggulan Jawa Tengah.
Untuk mendukung event ini juga dibutuhkan juri eksternal dari akademisi yang mampu memberikan gambaran ideal terhadap sebuah organisasi dan kinerja yang sukses, dari asosiasi pelaku usaha yang bisa memberikan gambaran praktis tentang kinerja sukses dan prospeknya di masa mendatang serta dari media yang mampu memberikan dukungan publikasi sebagai wujud kinerja promosi dari event ini. Untuk membantu kinerja pemasaran, juri dari pihak pasar (pasar modern) juga diupayakan bisa bergabung dalam event ini.

Untuk memperkuat daya tarik event ini dibutuhkan appresiasi dari mitra pendukung seperti perbankan yang akan memberikan kemudahan kredit dan permodalan, pasar modern dan ritel untuk memberikan peluang pemasaran yang lebih luas dan juga marketplace yang memberikan alternatif pemasaran yang lebih luas. Akan lebih menarik jika dimungkinkan bisa menghadirkan investor lokal yang berminat terlibat dengan bisnis skala UMKM.
Demikian gagasan dan ide dari Rumah UMKM yang kami harapkan terakomodir dalam perencanaan event UMKM Sukses di Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah. Semoga event ini bisa terlaksana dan sukes pelaksanaannya !

Baca juga: