Laman

  • Home

Selasa, 28 Februari 2017

UMKM Lokomotif ? Apa maksudnya ?

Image result for reliable entrepreneur
UMKM Lokomotif = UMKM Unggulan


Jika dalam beberapa bulan terakhir ini kami "memburu" produk-produk unggulan dan sekaligus pelaku UMKM unggulan bukan berarti kami mengabaikan pelaku UMKM yang lain. Tujuan kami adalah membangun "mata tombak" promosi produk UMKM baik ke dalam dan luar negeri.

Harus dipahami dengan jernih bahwa promosi, meskipun harus sesuai dengan keadaaan, haruslah menampilkan "wajah" yang menarik agar mampu menjadi daya tarik pasar. Hal tersulit untuk dalam pemasaran adalah "membuat orang melirik atau menoleh" pada produk yang kita tawarkan. Jika produk-produk tersebut masuk dalam "kategori biasa" maka akan sulit membuat pasar melirik, dan kalaupun melirik dan mendekat maka hal yang pertama mereka lakukan adalah membandingkannya dengan produk sejenis yang lain.

Upaya Rumah UMKM dalam membuat produk Jawa Tengah bersinar, terutama produk UMKMnya, adalah dengan mengedepankan produk-produk unik berkualitas global yang akan membuat pasar sulit memperbandingkannya dengan yang lain. Bukan hal yang mudah, karena dalam perjalanannya kami harus mengakui bahwa produk unggulan pasti didukung oleh pelaku UMKM yang unggul dari segi mindset maupun workmanship.

Kita sadari benar bahwa beberapa pameran yang dilakukan pemerintah di luar negeri menjadi tidak optimal karena mengabaikan hal tersebut di atas. Seleksi atas produk pameran di luar negeri, apalagi yang difasilitasi pemerintah, haruslah melihat tingkat keunikan, standard kualitas dan juga mindset dari pelaku usahanya untuk menjamin bahwa pameran tersebut tidak akan mengecewakan dan mampu memberikan kesan "remarkable" Indonesia.

Remarkable Indonesia harus dimaknai sebagai keunggulan desain dan kualitas produk dari para pelaku Indonesia dalam perdagangan, bukan sekedar slogan yang selalu didengungkan tetapi implementasinya sendiri tidak terkonsep dengan detail. 

Di samping itu  pemilihan produk unggulan (lokomotif) dan pelaku UMKM unggulan dimaknai sebagai sebuah tujuan "nyata" bagi UMKM yang lain, bahwa level seperti itulah yang hendak mereka capai dalam pengembangan dan pembinaan UMKM yang saat ini kita lakukan. Jika selama ini tujuan "teori" adalah UMKM yang mandiri dan berdaya saing, maka UMKM Lokomotif merupakan tujuan visual (nyata) bagi UMKM yang ingin berkembang.

Edukasi harus mampu memberikan contoh nyata, dan hal ini yang saat ini kami lakukan. Jika tidak terlalu mewah, mungkin kami akan menggunakan istilah "kiblat" bagi pembinaan UMKM yang akan kami lakukan. Semoga sharing ini bermanfaat. 

Baca juga:
1. Promosi dan Pemasaran Produk UMKM ? Kadin Jateng Telah Melakukannya, Pemerintah Tinggal Mendukungnya. 
2. Customer Bingung dan Memilih Produk UMKM. 
3. Produk Agro Unggulan Jawa Tengah, Apa Ya ?