Laman

  • Home

Selasa, 04 April 2017

Produk Ranjang Besi Yang Perlu Dilirik Lagi

Ranjang Besi (Iron Bed), Simple Design
Tidak banyak pelaku UMKM besi yang mencoba pengembangan produknya di bed room, padahal pasar untuk produk ini masih sangat terbuka baik pasar domestik maupun pasar ekspor.

Untuk pasar ekspor negara-negara kepulauan yang menjadi tujuan wisata adalah pasar yang masih selalu membutuhkan item ini, yaitu untuk mengisi kamar hotel mereka. Salah satu negara yang masih sering membutuhkan produk ini adalah Malta, Jepang dan Korea. Beberapa importir dari Hawai pun ada yang berminat untuk mengimpornya untuk hotel-hotel yang ada di negaranya.

Produk iron bed dinilai lebih ekonomis harganya dan sesuai dengan konsep-konsep simple dan modern. Kemampuan membuat desain dan konstruksi yang praktis tetapi menarik adalah tantangan utama bagi para produsen. Pemilihan material yang baik dan kuat juga merupakan pengetahuan yang perlu dibekalkan kepada para produsen. Kembali lagi masalah workmanship dan detail benar-benar dituntut untuk produk iron bed ini.

Konsep iron bed modern masih selalu terbuka pasarnya.

Smple, praktis dan knock down.

Desain iron bed untuk hotel
Untuk pasar domestik, Bali adalah tujuan pasar yang menarik, sementara itu dengan perkembangan properti seperti apartemen dan perumahan di kota-kota besar di Indonesia, pasar untuk produk ini akan semakin terbuka. Asal yang ditawarkan adalah produk yang berkualitas tinggi bukan seperti yang ada di pasaran saat ini.

Produk iron bed dipilih karena harganya lebih ekonomis dari ranjang kayu, disamping mampu memberikan nuasa ramping dan simple. Pemilihan finishing dengan powder coating sudah merupakan :"harga mati" sebagai wujud kepedulian produsen atas kualitas produk. Finishing coating jenis ini memberikan kekuatan pelapisan yang kuat dan tahan lama serta tahan gores.

Untuk konstruksi, kelebihan dari ranjang besi ini adalah mampu didesain untuk fully knock down sehingga praktis untuk mobilisasinya. Konstruksi yang kuat dan presisi merupakan nilai dari kualtias produk ini. Banyak produsen besi yang tidak mau belajar lebih detail mengenai hal ini, padahal konstruksi ranjang besi yang kuat memberikan jaminan kekuatan dari produk.

Contoh gambar konsutruksi ranjang besi.

Detail konstruksi.
Contoh produk yang pernah kami buat untuk Korea

Detail joint
Dengan melihat detail-detail konstruksi di atas, kami yakin detail ini akan memberikan gambaran kepara produsen ranjang besi mengenai betapa pentingya kerapian dan presisi produk untuk ranjang besi. Penyangga tengah pun berbeda dengan apa yang saat ini dilakukan oleh para produsen di Jawa Tengah.

Disamping produk ranjang besi, produk pelengkap lain bisa juga ditampilkan sebagai pelengkap, seperti console dan shelf.

Iron Console dan Mirror

Leaning Shelf
Semoga tulisan ini bisa menginspirasi teman-teman UMKM untuk lebih bisa meningkatkan desain dan kualitas produknya agar pasar kembali melirik produk iron bed lagi. Kami yakin bahwa produk agak terlupakan karena memang tidak banyak produsen yang bisa kita temukan di Jawa Tengah.

Baca juga: