Laman

  • Home

Rabu, 25 Mei 2016

Hotel Bisa Disulap Jadi Pasar Produk UMKM

Gift Shop Hotel, Peluang Pasar Bagi UMKM
Seringkali dalam acara temu usaha atau business matching yang dilakukan beberapa instansi dan asosiasi didatangkan teman-teman dari hotel dan dipertemukan dengan para UMKM. Tetapi bisa dikatakan hal ini tidak menghasilkan sesuatu yang memuaskan, apalagi dalam kategori "pasar". Sementara ini beberapa produk kerajinan UMKM yang dipajang di gallery hotel yang sebatas terdisplay, karena "effort" dari hotel juga tidak maksimal. Belum lagi dari pihak hotel belum menyediakan SDM yang khusus memasarkan produk tersebut kepada para tamu.

Di sisi lain, UMKM yang menitipkan barang di hotel juga tidak mencoba mengeksplorasi kebutuhan tamu hotel atau boleh dikatakan tidak mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tamu hotel sehingga produk yang dipajang tidak sesuai dengan "target pasar" yang dibidik.

Sebenarnya art shop disebuah hotel bisa dikembangkan lebih besar lagi sebagai salah satu "profit center" dari hotel tersebut selain kamar, ruang meeting dan resto. Beberapa resort di Jawa Tengah sudah bekerja sama dengan kami (Rumah UMKM) untuk mengembangkan art shop mereka menjadi profit center yang hasilnya signifikan. Tentunya konsep art shop tersebut harus dipikirkan dengan benar agar setiap hotel memiliki karakter art shop yang berbeda-beda dan produk-produknya juga memiliki differensiasi daripada produk di art shop hotel lain.

Saat ini setiap yang berkelas internasional harus memberikan impian kepada pengelola artshop-nya bahwa artshopnya harus bisa melakukan ekspor sendiri, baik ekspor dalam skala kecil maupun dalam skala kontainer. Dan hal itu sangat memungkinkan karena hotel tersebut sebenarnya telah didatangi oleh "pasar' yang selama ini dibidik pleh para pelaku bisnis di bidangnya. Dengan banyaknya "pasar" yang menginap di hotel tersebut bisa dikatakan bahwa hotel tersebut sebenarnya adalah "pasar" itu sendiri.

Optimalisasi income generating pada art shop di hotel harus sudah mulai dipikirkan oleh para pengelola hotel, dan kami siap untuk diajak berdiskusi mengenai bagaimana membangunnya. Tujuan dari kami adalah agar art shop di hotel bisa menjadi titik pemasaran produk kerajinan lokal yang berkualtias tinggi. Produk khas dan unik yang mencerminkan suatu kearifan lokal pasti merupakan pilihan utama dari hotel untuk dipajang.

Produk yang dipajang tidak harus kerajinan, melainkan juga produk makanan khas yang telah terkemas dan terseleksi kualitasnya oleh hotel. Dan produk yang sudah terkemas dengan baik ini harus bisa bertahan cukup lama dalam perjalanan. 

Sebagaimana dikenai, semakin ke depan "waktu" adalah sesuatu yang paling mahal dalam hidup ini. Para tamu hotel pasti banyak memiliki "keterbatasan waktu" untuk sekedar bisa mengetahui potensi lokal di daerah tersebut. Trend ini merupakan peluang yang baik bagi hotel untuk bisa mengelola art shop di hotelnya untuk bisa menyikapi kondisi ini.

Jika setiap hotel besar yang ada di Jawa Tengah telah menerapkan konsep ini, kami yakin tugas kami akan banyak terbantu untuk memasarkan produk lokal Jawa Tengah. Oleh sebab itu kami siap bergandengan tangan dengan hotel-hotel di Jawa Tengah untuk membangun konsep art shop yang dibutuhkan tersebut.