Laman

  • Home

Kamis, 06 April 2017

Peluang Pasar Kerajinan Bambu Masih Terbuka

Cafe Bamboo, contoh interior berbahan bambu yang sarat konsep.
Menjawab pertanyaan dari beberapa UMKM pengrajin bambu beberapa waktu yang lalu, memotivasi saya untuk melihat potensi pasar bambu baik di dalam dan luar negeri (ekspor). Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pesaing untuk produk kerajinan bambu baik mebel maupun handicraft seperti China, Jepang dan Vietnam tidak boleh dianggap remeh. Terutama China yang begitu agresif dengan penjualan onlinenya.

Untuk para pengrajin bambu di Jawa Tengah yang tidak sempat berkonsultasi dengan kami, maka kami menuliskan jawaban atas peluang-peluang pasar tersebut dalam bentuk tulsian ini. 

Sebelum menjawab kami berharap agar para pengrajin bambu harus benar-benar meningkatkan pengetahuan mereka tentang jenis-jenis bambu dan bagaimana mengolahnya agar mampu menjadi material yang ringan dan kuat, meningkatkan kemampuan workmanship dan finishing produk dan tidak boleh ketinggalan meningkatkan kemampuan mereka dalam desain produk.

Teknologi dan peralatan produksi pun harus mampu mereka ciptakan sendiri dalam rangka mencapai kualitas dan kapastias tertentu. Berikut adalah informasi dan ide peluang tersebut:

Interior dan Konstruksi Bambu

Maraknya pengembangan wisata membuka peluang bermunculannya resort, restauran dan cafe dengan kosnep yang unik. Konstruksi dan interior bambu menjadi salah satu pilihan karena biayanya yang lebih ekonomis, meskipun begitu dengan kemampuan yang tinggi konstruksi dan interior bambu mampu menawarkan kualitas estetika yang luar biasa.

Interior dan konstruksi menawarkan konsep alam yang asri dan cocok untuk daerah yang masih hijau dan perkampungan. Konsep "retreat" saat ini sedang dibutuhkan oleh orang-orang kota yang sudah padat dengan kesibukan.

Desain dapur bambu yang menawan

Desain dapur bambu modern yang cantik

Desai ruang tidur bambu
Jika para pengrajin mampu membuka wawasan dan pengetahuannya mengenai peluang ini, maka tidak tidak mustahil bahwa pasar akan menjadi milik mereka. Jika slama ini pilihan bahan masih didominasi oleh beton, besi dan kayu maka dengan gambaran ini baik konstruksi full bamboo ataupun kombinasi dengan bahan lain pun tetap memberikan suasana yang alami.

Bamboo Kitchenware

Dibutuhkan ketrampilan dan peralatan khusus untuk menghasilkan bamboo kitchenware, yang saat ini banyak teman-teman pengrajin belum memikirkan investasi ke arah sana. Pekembangan industri HOREKA dan kuliner membuka kesempatan bagi teman-teman pengrajin untuk mengembangkan bidang ini. 

Peluang ini sama besarnya dengan peluang wooden kitchenware yang saat ini sedang kami garap  bersama UMKM binaan kami. Permintaannya mash cukup besar untuk ekspor, hanya saja beberapa pengrajin belum mampu menyuguhkan kualtias yang diinginkan oleh buyer.










Dengan desain dan workmanship sebagaimana kami contohkan di atas, maka pasar ekspor akan sangat terbuka karena pasar Jerman masih membutuhkan produk ini.

Membel Bambu

Mebel bambu membutuhkan sentuhan modernisasi yang cukup luar biasa, karena para pengrajin dituntut untuk investasi yang tidak sedikit karena trendnya sudah mulai mulai bergeser. Desain modern sudah mulai mendominasi pasar ekspor, sementara untuk desain yang kovensional, proyek interiorlah yang mungkin bisa digarap.

Meja Bambu

Stool Bambu

Kursi Bambu Kombinasi dengan Kulit
Kuncinya adalah bahwa pengrajin harus selalu peka terhadap perubahan-perubahan selera pasar dan mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi yang tinggi.


Baca juga: