Laman

  • Home

Kamis, 20 April 2017

Gali Terus Potensi Pemasaran Produk UMKM di Hotel dan Resort.

Image result for craft store in the hotel
Urban Craft Store, Outlet Handicraft di Dalam Hotel.
Pertumbuhan bisnis perhotelan di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta selama beberapa tahun terakhir bisa diartikan bahwa ada peluang bisnis yang luar biasa di sektor pariwisata. Tidak mungkin para investor membangun hotel dan resto jika tidak mempelajari dahulu peluang pasar dan prospek di masa mendatang. Meskipun bisnis lain mengalami ketersendatan pertumbuhan, justru bidang pariwisata terutama perhotelan mengalami pertumbuhan. 

Pertumbuhan ini pasti menghadirkan persaingan yang sengit di bidang tersebut dan tentunya akan disikapi secara kreatif oleh para pemilik usaha perhotelan, dari mulai layanan yang memanjakan dan memudahkan tamu sampai dengan menyediakan produk-produk unik dan khas di dalam hotel tersebut sebagai wujud differensiasi hotel dalam menyikapi persaingan.

Hadirnya art shop bisa disikapi sebagai pasar produk UMKM yang berupa kerajinan dan dekorasi. Art shop bisa disikapi oleh hotel sebagai profit center  baru ketika hotel perlu melakukan optimasilasi pendapatan dari asset-asset yang ada.

Bahkan sudah banyak hotel yang menawarkan toko oleh-oleh di dalam hotel, sehingga bagi tamu yang tidak memiliki banyak waktu ketika berkunjung ke suatu kota bisa memanfaatkan keberadaan toko oleh-oleh ini. Hal ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis bagi hotel yang merupakan pintu masuk dan keluar tamu-tamu dari luar daerah maupun luar negara.

Kami terus berupaya membangun jaringan pemasaran produk UMKM di hotel dan resort di Jawa Tengah. Pastinya produk yang dibutuhkan dari masing-masing hotel akan berbeda-beda karena konsep hotel dan resort pasti berbeda satu sama lain. 

Kemampuan pelaku UMKM dalam memahami konsep hotel sangat diperlukan sehingga tidak akan menjual produk sama di hotel yang berbeda. Bahkan jika perlu, pelaku UMKM bisa menawarkan label hotel tersebut pada produk-produk mereka, baik produk kerajinan maupun produk pangan. Kebanyakan hotel menuntut hal tersebut sebagai dukungan atas membangun brand hotel mereka.

Semakin banyak hotel dan resort yang hadir, maka peluang pasar produk UMKM semakin berkembang, sehingga UMKM perlu melirik pasar ini. Produk yang ditawarkan di hotel adalah produk yang akan menjadi wajah hotel tersebut dan juga daerah tersebut sehingga pelaku UMKM harus selalu mempertimbangkan kualitas dan desain yang ditawarkan.

Baca juga: