Laman

  • Home

Senin, 27 Mei 2019

Faisol Sondong, Pengrajin Fiber Art Sculpture dari Purwodadi.

Faisol Sondong, Pengrajin Fiber Art Sculpture dari Purwodadi.
Tentunya pembaca tidak asing dengan nama Faisol, seorang pengrajin fiberglass yang berlatarbelakang pematung lulusan ISI Yogyakarta, yang sudah beberapa kali saya tulis di RumahUMKM.Net karena memiliki ketrampilan khusus tersebut. Jika sekarang saya tulis lagi adalah karena Mas Faisol menunjukkan progress yang luar biasa dalam bisnisnya, bukan lagi hanya food replica (item kecil) namun patung dekoratif taman, relief dan patung fiberglass dalam ukuran besar.

Baca:

Ketrampilan dan potensinya jauh lebih besar dari hanya sekedar produk food replica, dan dia telah menunjukkannya dengan beberapa proyek yang telah dikerjakannya di kota Semarang. Sekarang dia sudah hijrah dari Purwodadi ke Bantul, Yogyakarta untuk mendekatkan diri terhadap akses bahan baku dan SDM yang dibutuhkannya meskipun proyek-proyek yang dikerjakannya kebanyakan di kota Semarang. 

Proyek dekorasi di Harnys Villa Garden Semarang.
Para kurcaci yang akan mendampingi putri salju di proyek Harnys Villa Garden.

Memang latar belakang dari Mas Faisol ini adalah seorang pematung dan diperdalam akademisnya di ISI Yogyakarta. Secara kebetulan, sebelumnya Mas Faisol ini ikut beberapa pelatihan yang saya pandu, serta dilanjutkan dengna konsultasi-konsultasi bisnis di RumahUMKM.Net. 

Kualitas Menampilkan Jati Diri Produsen.

Dengan didasari pengetahuan dan ketrampilan seorang pematung, produk patung fiberglass produksi Faisol ini lebih berkualtas dibandingkan dengan beberapa produk patung fiberglass yang telah ada. Desain dan workmanship menjadi poin penting dalam persaingan di bidang ini, dan hal ini menjadi target kinerja dari team Mas Faisol.

Berkembangnya kompeks perumahan yang menyediakan sarana bermain untuk anak-anak adalah peluang bisnis bagi Mas Faisol. Dekorasi untuk taman, restaurant, cafe, hotel dan toko adalah pasar untuk produk patung fiberglass. Belum lagi untuk maskot dan icon-icon untuk brand-brand yang telah dikenal.

Sebenarnya sudah beberapa proyek telah ditangani oleh Faisol dan team, dan kebanyakan adalah proyek patung fiberglass untuk dekorasi akses masuk perumahan-perumahan kelas menengah ke atas di kota Semarang dan Yogyakarta. Hanya perlu promosi, karena bekal ketrampilan dan kualitas pekerjaan yang dimiliki oleh Faisol telah cukup memadai.

Lantas Bagaimana dengan Food Replica-nya?

Food replica akan tetap dikembangkan, sambil menunggu waktu yang tepat untuk membuatnya booming. Butuh waktu untuk memperkenalkan produk food replica kepada masyakakat, selain juga butuh waktu untuk menyempurnakan ketrampilan dalam finishing food replica yang telah dikuasai oleh Faisol selama ini.

Dimasa mendatang, food replica pasti akan banyak kebutuhannya karena menjamurnya bisnis hotel, cafe dan resto yang butuh dekorasi berupa food replica. Untuk mengisi waktu tunggu tersebut, dengan kemampuannya sebagai seorang pematung Faisol mengerjakan proyek-prodek dekorasi taman yang sedang naik permintaannya akhir-akhir.

Bisa jadi akan ada 2 line produksi di masa mendatang, yaitu proyek patung fiberglass dan produksi food replica. Semuanya memiliki peluang yang cerah di masa mendatang, sehingga perlu digarap kedua-duanya apalagi kebutuhan SDM dan bahan bakunya pun tidak berbeda.

Produk food replica memilki peluang untuk ekspor karena bisa diproduksi massal. Dan hal ini sudah terus kami bantu untuk mempromosikannya ke hotel, cafe dan resto. Sementara proyek arsitek sangat cocok untuk produk patung dan relief fiberglassnya. Sukses!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar