Laman

  • Home

Sabtu, 17 Maret 2018

Handicraft Food Replica Bisa Menjadi Trend


Food Replica berupa key holder produksi UMKM Jawa Tengah
Bicara handicaft pasti tidak akan pernah lepas dari desain dan workmanship, dan kedua kemampuan tersebut harus benar-benar dikuasai oleh para produsen jika produknya ingin mendapatkan pengakuan komersial dari pasar.

Khusus untuk UMKM yang memiliki kemampuan di atas rata-rata tersebut, kami juga akan perlakukan dengan penanganan khusus karena merupakan asset dan prospek bagi pemerintah daerah dalam mengembangkan penyerapan tenaga kerja di masa mendatang.

Faisol - seniman patung yang mendalami patung fiberglass.

Awalnya saya juga sudah tidak ingat ketika seorang peserta pelatihan marketing online kami ini akan mampu memproduksi food replica seperti di atas, karena ketika ikut dalam pelatihan kami Faisol membawa produk miniatur tugu muda. Dan karena kebiasaan jelek saya, saya memberikan kritik yang agak pedas sehingga justru memicu alumni S2 ISI Yogyakarta untuk mencoba produk-produk baru sebagai tantangan dari kemampuan yang sebenarnya telah dia miliki.

Sampai pada akhirnya, melalui socal media (instagram) Faisol menunjukkan produk barunya tersebut kepada saya. Pertama kami yang saya lihat pasti workmanship dan desain-desain yang mampu dia kerjakan, luar biasa! Faisol mampu menunjukkan kelasnya sebagai seorang seniman food replica.

Food Replica - Key Holder

Food Replica - Key Holder

Food Replica - Key Holder

Food Replica - Key Holder

Food Replica - Key Holder
Dengan kemampuan dasar sebagai seorang seniman patung, ekspansi produk bukanlah masalah yang berarti bagi UMKM ini. Pasar pun akan memberikan nilai lebih dari produknya ini. 

Meskipun usaha Faisol ini masih tergolong baru, dengan kualitas produk ini kami siap mendampinginya untuk menembus pasar-pasar yang layak dengan produknya, bukan sekedar dijajakan di pinggir jalan melainkan di Mall, Hotel, Resto, Cafe dan sebagainya.

Food Replica - Pasarnya adalah bisnis.

Dalam pemasaran, saya mengingatkan bahwa sebaiknya pasar yang dibidik oleh produsen adalah pasar bisnis seperti reseller, agen maupun distributor. Dengan kemampuannya dalam hal customized product, UMKM ini bisa menggarap proyek-proyek khusus yang terkait dengan food replica, misalnya Museum Food & Gastronomy yang selama ini menjadi impian kami.

Pasar ekspor pun mulai kami pertimbangkan dengan kenyataan kualitas dari produk UMKM ini yang layak untuk diperdagangkan ekspor.

Pasar di bidang promosi dan branding pun merupakan pasar yang sangat luas bagi produk-produk yang mampu merepresentasikan sebuah produk dengan sangat detail. 

Meskipun masih pemula, namun para pelaku UMKM harus mempu membuat segmentasi dan targeting yang benar sebelum mampu menentukan posisi  yang sesuai dengan target pasarnnya.

Apa yang kami persiapkan sekarang dalam mendampingi UMKM adalah desain kemasan dan peningkatan kapasitas produksi.

Tetap kreatif dan inovatif, jika ingin tetap eksis.