Laman

  • Home

Rabu, 05 Juli 2017

Bahasa Visual, Bahasa Yang Paling Mudah Dipahami Dalam Promosi

Image result for smartphone photography
Kamera sebagai alat produksi bahasa visual

Sudah banyak dipahami oleh pelaku UMKM bahwa bahwa promosi yang paling efektif adalah bahasa visual dan audio visual meskipun pada prakteknya belum banyak UMKM yang melakukan promosi dengan cara demikian. Beberapa kali kami menulis tentang bagaimana membuat foto produk cukup dengan smartphone, syukur kita bisa membuatnya dengan kamera yang lebih baik seperti kamera DSLR dan kamera mirroless.

Social media yang sudah dikenal luas oleh masyarakat bisa dimanfaatkan sebagai media promosi oleh pelaku UMKM, selain karena murah (gratis) juga karena mudah. Social media yang paling sering dipergunakan oleh para pelaku UMKM kami adalah face book, tweeter (sudah mulai jarang) dan instagram selain juga WA yang saat ini mulai merebak tajam. Memang ini adalah era kejayaan social media, sehingga kita harus bisa mengambil peluang sebesar mungkin dari trend ini.

Kita tidak bicara masalah media yang dipergunakan dalam promosi kali ini, melainkan konten dan pesan yang akan dibuat oleh para pelaku UMKM untuk melakukan promosi produknya. Masih kami lihat banyak para pelaku UMKM melakukan promosi yang asal-asalan yang menurut kami akan sangat merugikan mereka sendiri dalam membangun citra atas produknya..
Image result for product photography with smartphone
Foto produk dengan snartphone
Produk yang bagus akan tercermin dari foto produk yang bagus sebagaimana makanan yang enak harus terlihat enak. Oleh sebab itu kami merasa perlu mingingatkan kembali kepada para pelaku UMKM untuk belajar bagaimana menyajikan foto produk yang baik yang mampu menyampaikan pesan produk kita kepada konsumen.

Jika dulu untuk membuat foto yang bagus para pelaku UMKM harus menjasakan kepada fotografer profesional, maka sekarang ini para pelaku UMKM sudah banyak terbantu dengan munculnya smartphone yang "mengerti" kebutuhan tersebut. Saat ini smartphone sudah sangat canggihnya untuk menghasilkan foto dan video yang bagus, termasuk dengan mudahnya mendapatkan applikasi editing yang mudah melalui smartphone yang mereka miliki.


Image result for smartphone photography
Smartphone saja saat ini sudah cukup !
Sebuah smartphone yang canggih saat ini sudah bisa mewakili sebuah studio profesional, mulai dari pengambilan gambar, editing sampai dengan publishing sangat mudah melalui smartphone.

Nah, pertanyaannya apakah para pelaku UMKM memahami hal yang paling mendasar dalam melakukan promosi ? Bagaimana mereka membuat pesan yang sesuai dengan nilai dari produk mereka ? Bagaimana mereka membuat pesan yang sesuai dengan target pasarnya ? Bagaimana mereka membuat pesan mereka dalam bentuk visual ? Dan sebagainya.

Jika para pelaku UMKM sudah memahami bagaimana membuat promosi  di atas maka kami yakin banwa efektivitas promosi yang mereka lakukan akan meningkat tajam, bahkan membangun citra produknya bisa dimulai dari sini.

Sebagaimana diketahui bahwa bahwa visual adalah bahasa yang paling mudah dipahami dengan waktu yang cepat dan paling lama diingat daripada bahwa teks dan bahasa voice. Oleh sebab itu pesan-pesan visual menjadi sangat penting dalam promosi, apalagi media untuk publikasinya saat ini menjadi lebih mudah dibandingkan jaman sebelum social media merebak seperti sekarang ini.

Media publikasi juga menjadi semakin murah, termasuk bagaimana membuat konten yang semakin lama juga semakin mudah, cepat dan bisa dilakukan sendiri. Semua sudah menjadi tuntutan di jaman digital saat ini sehingga para pelaku UMKM harus sudah menyadari dan beradaptasi dengan perkembangan jaman ini.

Baca juga: