Laman

  • Home

Sabtu, 19 Maret 2016

Bagaimana Memotret Makanan Dengan Sebuah Kamera Handphone


Teknik Memotret Makanan Dengan Kamera Handphone Dari Lola Elise
 
Perkembangan kamera handphone saat ini sungguh sangat menakjubkan, tidak hanya kamera handphone yang branded saja, tetapi kamera handphone versi pendatang baru dari China pun sudah memiliki teknologi yang modern. Sebut saja beberapa merk yang ada saat ini, semuanya sudah bisa mewakili keinginan pemiliknya untuk mengabadikan obyek maupun moment.

Ketika kamera DSLR dan mirrorless masih belum menjadi kebutuhan para pelaku UMKM, bukan saja karena mahalnya melainkan juga bagaimana mengoperasikannya, maka kami harus realistis untuk mengoptimalkan kamera yang dimiliki kebanyakan pelaku UMKM, yaitu kamera handphone !

Lola Elise yang tidak berlatar belakang fotografi, melainkan ibu rumah tangga yang hobby memasak,  mencoba berbagi tips kepada pemilik kamera handphone untuk kebutuhan food photography. Kebetulan handphone yang digunakan adalah iPhone karena Lola Elise adalah orang USA yang akrab dengan merk tersebut. Tetapi pada dasarnya teknik-teknik ini bisa dilakukan dengan kamera yang lain yang ada di Indonesia.


iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 64, 1/60, f / 2.4


Lola Elise aktif dalam komunitas online penggemar makanan di facebook dan instagram, setiap hari dia harus memposting makanan kepada rekan-rekan komunitas di sosial media tersebut. Oleh sebab itu dia membutuhkan alat fotografi yang praktis, bisa mengambil gambar dan langsung mempostingnya di sosial medianya. Maka, ponsel adalah menjadi pilihan utamanya karena semua yang dia butuhkan ada di ponsel tersebut. Padahal sebelumnya dia kurang begitu serius dengan aktivitas ini, sampai pada akhirnya dia mampu mengakrabi ponsel dan fitur-fitur kameranya dengan baik dan mempraktekkannya secara langsung. Dia memahami benar bahwa fotografi sangat penting dalam komunikasi pesannya, karena bisa meciptakan efek emosional bagi para pembaca yang melihat hasil fotonya.

iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 400, 1/15, f / 2.4

Awalnya pun dia mengumpulkan beberapa tips food photography dari berbagai sumber untuk kemudian dicoba sendiri sampai menjadi expert dalam pengambilan foto makanan dengan kamera handphone. Setelah dirasa hasil fotografinya sudah bagus, maka dia pun berkeinginan untuk untuk berbagi tips dan pengalamannya kepada para pembaca.

iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 100, 1/20, f / 2.4

Tips Food Photography Dengan Kamera Handphone



1) Cahaya: Alam vs Buatan

Dalam memotret makanan, cahaya adalah segalanya. Tidak masalah jika Anda memotret dengan iPhone atau DSLR high-end. Jika Anda tidak memiliki jumlah cahaya yang baik, maka Anda tidak akan dapat menghasilkan gambar yang baik. Alami dan kelembutan dari cahaya sangat cocok untuk tujuan ini dan lebih dari itu Anda memiliki "kaya warna". Anda tidak perlu di luar, tepat di saat matahari tengah hari, kemungkinan bukan tempat yang nyaman, justru di samping jendela besar akan lebih baik. Pastikan cahaya datang dari jendela samping, karena cahaya samping mengeluarkanr tekstur makanan Anda dengan lebih baik.

iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 50, 1/60, f / 2.4
Jika ada bayangan yang terlalu dalam berarti Anda kehilangan cahaya, menggunakan reflektor untuk mengisi bayangan mungkin merupakan solusi untuk untuk foto Anda, sehingga Anda tidak perlu melakukan banyak editing bayang-bayang saat pasca-produksi foto Anda. Tapi apa yang harus dilakukan ketika sinar matahari tidak tersedia sama sekali ? Sama seperti dalam setiap jenis fotografi, menciptakan cahaya sendiri memberi Anda fleksibilitas yang luar biasa. Ada banyak perangkat portabel kecil (lampu video dan lampu LED) yang dapat Anda bawa atau berguna di rumah. Saya kadang-kadang lakukan hal ini memotret makanan di makan malam hari.  

Ketika cahaya matahari benar-benar tidak ada, saya menggunakan lampu Westcott Spyderlite terus menerus untuk mengisi kesenjangan. Teknik menembak dengan cahaya kontinyu sangat tidak bervariasi dibanding menembak dengan cahaya matahari alami. Hal ini terlihat sedikit berbeda dari siang hari, tapi saya suka nuansa yang berbeda dengan cahaya buatan yang saya berikan kepada beberapa gambar saya. Jika Anda adalah penggemar besar dari cahaya alami untuk fotografi makanan Anda, pastikan bahwa sumber cahaya Anda menyebar dengan baik dan bukan datang dengan secara langsung ke obyek denga sangat keras.

iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 50, 1/20, f / 2.4

2) Memahami Perspektif

Jika Anda suka estetika bokeh yang indah dan tampilan tiga dimensi, Anda mungkin akan kehilangan kesempatan ini ketika memotret dengan kamera handphone. Anda harus siap mental untuk efek dua dimensi,  foto tampak datar. Karena terlalu banyak kedalaman lapangan dan panjang fokus tunggal dengan lubang lambat, kamera handphone tidak dapat menghasilkan apa yang dihasilkan oleh kamera DSLR Anda. Yang perlu Anda tunjukkan dalam penggunaan kamera handphone adalah detail, fokus dan latar belakang yang ada di sekitar obyek Anda. 


Agar tidak nampak seperti foto dokumenter biasa, pemilihan angle yang tepat harus diperhatikan agar menghasilkan foto yang baik. Anda harus memahami perspektif dalam pengambilan sudut pomotretan, agar foto yang dihasilkan bisa menarik.



iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 64, 1/60, f / 2.4

3) Styling (Food Styling)

Styling makanan sangat pentng. Saya berpikir bahwa tidak siapapun yang benar-benar dapat mengajarkan cara membuat food styling dengan benar. Dengan trial and error, Anda dapat mengembangkan imajinasi dan mata Anda sendiri dan rasa untuk food styling. Latihan, latihan, latihan dan tahu apa yang membuat makanan tertentu menarik. Saya sering menemukan empat hal dasar yang cocok dengan setiap gaya makanan, yaitu: koordinasi warna, porsi yang benar, hiasan dan latar belakang yang baik. Sebuah piring putih besar selalu bekerja baik bagi saya dan hiasan hijau kecil pada hidangan yang membosankan memberikan sedikit keaktifan presentasi saya. Juga lihat pada grafik di bawah ini dan lihat warna mana yang cocok untuk kebutuhan perlawanan warna:



Ingat, bahwa dalam melakuakn pemotretan dengan kamera handphone persiapan makanan (food presetation/food styling) adalah hal yang paling penting. Mulai dari pengaturan gaya makanan, garnish dan pemilhan komposisi warna makanan merupakan hal-hal yang mendasar dalam food presentation.


iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 80, 1/120, f / 2.4


4) Jumlah Obyek

Selalu coba untuk satu piring dan foto makanan yang siap untuk dikonsumsi oleh satu orang, dalam satu pengaturan. Meskipun kadang-kadang aturan dimaksudkan untuk dilanggar, umumnya Anda ingin tetap dengan ide menyajikan makanan pre-portioned. Baik berlapis, satu porsi makanan akan terlihat lebih selera dan menyenangkan bagi siapa saja yang melihatnya.


iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 64, 1/30, f / 2.46) Waktu
Dengan kata lain, kita harus fokus kepada 1 obyek (satu porsi makanan) bukan jumlah makanan yang banyak. Kita butuh mengangkat detail untuk 1 porsi makanan tersebut.


5) Kualitas Obyek

Memilih makanan yang berselera dan tampan. Sayangnya, tidak semua makanan fotogenik. Selama proyek ini, saya banyak berjuang dengan mencoba makanan yang masuk dalam kelompok tantangan tetapi juga tampak bagus setelah dimasak. Hindari memotret sesuatu yang tidak menarik. Jika Anda terpaksa harus melakukannya, maka kembali kepada atura styling di atas.


iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 64, 1/30, f / 2.46) Waktu

6) Waktu Pemotretan

Untuk orang-orang yang memotret dengan kamera handphone di saat ini, waktu kemungkinan besar tidak masalah. Saya pikir tujuan menggunakan kamera handphone adalah untuk tujuan tersebut. Anda memiliki telepon, Anda memiliki makanan dan Anda menembak. Tapi saya masih ingin memberikan pengingat sedikit tentang mencoba untuk memotret makanan segar, saat dengan lembut dituangkan di piring Anda panas-panas, beku dan siap untuk dikonsumsi. Tidak ada yang menarik tentang makanan yang telah ditaruh di lemari es Anda selama beberapa hari ! Jika Anda ingin membuat kenangan yang baik di sana dan kemudian, foto makanan itu "sementara masih panas" dan Anda akan hidup bahagia selamanya.  Sesederhana itu !


iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 50, 1/20, f / 2.4

7) Editing 

Mengedit foto pada kamera handphone mungkin akan berbeda untuk platform yang berbeda. Saya hanya bisa menulis tentang pengalaman saya sendiri dan berbagi dengan Anda apa yang saya gunakan untuk tujuan ini. Karena saya menggunakan iPhone, maka saya memiliki sebuah aplikasi bagus yang disebut VSCOcam. VSCOcam pada dasarnya adalah alat editing foto yang mengemulasi Film. Ada banyak pilihan bagi Anda untuk memilih proses editing yang cukup mudah. Anda memulai dengan memilih filter sesuai dengan keinginan Anda. Dari sana Anda bebas memilih opacity dari filter dengan menekan di atasnya. Lebih jauh ke bawah, Anda dapat pergi ke pengaturan dan memperbaiki white balance, exposure, saturasi dan banyak hal lain yang perlu diperhatikan. Saya mendengar ada aplikasi lain yang bekerja sama dan menghasilkan hasil yang bagus. Mana yang favorit Anda, saya ingin tahu tentang hal itu!

iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 250, 1/20, f / 2.4

Saya berharap posting ini memberi Anda beberapa ide tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan Anda kamera handphone dan makanan Anda!



iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 250, 1/20, f / 2.4


iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 400, 1/15, f / 2.4

iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 64, 1/20, f / 2.4

iPhone 5 + iPhone 5 kamera belakang 4.12mm f / 2.4 @ 4.12mm, ISO 64, 1/20, f / 2.4

Dengan kualitas foto yang baik meskipun dari kamera handphone maka Anda memiliki banyak kesempatan untuk menarik perhatian banyak orang terhadap makanan Anda. Bukankah makanan yang enak juga harus terlihat enak di foto ?!