Laman

  • Home

Minggu, 28 Mei 2017

Mencari Sponsor Yang Peduli Terhadap Bangkitnya Keramik Bayat dan Keramik Klampok.

Keramik Jawa Tengah, mestinya seperti ini penampakannya.
Pasar produk keramik dunia telah bergerak, sementara produk keramik Jawa Tengah masih didominasi oleh desain yang masih sangat tradisional. Produk keramik Jawa Tengah telah ketinggalan jauh dari para pesaingnya, terutama Vietnam dan China. 

Sementara kondisi sentra gerabah Bayat - Klaten, dan sentra keramik Klampok - Banjarnegara justru semakin memprihatinkan kondisinya. Mereka masih berkutat dengan tradisi lama dan kesulitan pemasaran produknya. 

Dua pukulan telak yang harus segera kita pecahkan secara bersamaan. Tetapi dengan hadirnya Nuanza Porcelen yang bersedia menjadi mitra Kadin Jawa Tengah dalam membangkitkan kembali sentra Bayat dan Klampok sungguh menjadi kabar yang menggembirakan bagi kami.

Nuanza Porcelen akan menjadi mercusuar dalam pembinaan di kedua sentra keramik tersebut, mulai dari riset bahan baku yang bisa dipenuhi oleh potensi lokal, peningkatan ketrampilan SDM serta peningkatan proses produksi, desain dan finishing keramik. Sementara Kadin Jawa Tengah akan mencoba menggandeng sponsor yang peduli dengan kebangkitan kedua sentra keramik di Jawa Tengah tersebut.

Kegiatan yang akan dibiayai oleh sponsor adalah kegiatan pelatihan-pelatihan peningkatan capacity building di kedua daerah tersebut. Yang menarik dari kegiatan pelatihan ini adalah mereka (para peserta pelatihan) dibimbing langsung oleh mentor praktisi dan setelahnya produk mereka akan dibeli oleh mitra kami tersebut.

Sponsor yang kami maksudkan adalah perusahaan-perusahaan yang memiliki program CSR yang sesuai dengan program tersebut di atas. Dan kami terbuka untuk mendengarkan saran dan masukan dari para sponsor agar kegiatan yang kami rencanakan ke depan bisa win-win solution. 

Kegiatan pelatihan yang one stop solution ini kami yakini belum pernah dilakukan oleh pemerintah terhadap sentra-sentra produksi seperti Bayat dan Klampok, dan kalaupun ada maka program tersebut tidak berlangsung secara kontinyu. Kami telah mempersiapkan dukungan promosi dan pemasaran kepada mitra kerjasama kami, Nuanza Porcelen, secara terus menerus sampai dengan berhasilnya kedua sentra tersebut mengerjakan produk-produk berkualitas ekspor.

Sementara hal yang sudah dilakukan oleh Nuanza Porcelen adalah melakukan test sub contracting kepada para pengrajin di Bayat. Sample produk yang berkualitas tinggi juga dipajang di sentra tersebut sebagai referensi bagi para pengrajin terhadap apa yang saat ini dibutuhkan oleh pasar.

Semoga tulisan ini mampu mengundang para sponsor untuk bergandengan tangan dengan kami dalam menggarap kedua sentra keramik tersebut.

Baca juga:

1.Sentra Keramik Bayat Harus Bangkit Lagi !
2.FInishing Modern Pada Gerabah Bisa Jadi Alternatif Pengembangan.
3. Sentra Keramik Klampok, Kami Ingatkan Apa Yang Belum Mereka Lakukan.