Laman

  • Home

Kamis, 30 Maret 2017

SLOW Products, Mungkin Ini Konsep Yang Cocok Untuk Produk UMKM Unggulan

SLOW Products, Mungkin Ini Konsep Yang Cocok Untuk Produk UMKM
Menyepakati sebuah konsep memang perlu, setidaknya kita akan tahu ke arah mana kita akan melangkah. Pelajaran dari Pak M Isa Ismail, mantan GM Resort MesaStila mengenai konsep SLOW Cooking yang berarti sustainable, local, organic, wholesome selalu saya ingat. Ini adalah konsep yang luar biasa dan apa konsep ini bisa kami terapkan sebagai arahan produk UMKM di masa mendatang.

Pastnyai akan ada penyesuaian konsep SLOW Cooking dari MesaStila dengan konsep yang akan kami kembangkan, karena produk UMKM tidak hanya produk makanan melainkan ada juga produk non makanan juga. Oleh sebab itu penyesuaian kami adalah SLOW Products yang berarti sustainable, local, original dan wholesome, dan mari kita bedah satu per satu konsep tersebut:

Sustainable - Berkelanjutan

Konsep berkelanjutan, dan jika perlu berefek bola salju merupakan tujuan utama dari hampir semua bisnis. Bahwa produk dihasilkan oleh UMKM harus mempertimbangkan keberlanjutan produksi, oleh sebab itu para pelaku UMKM harus benar-benar menjaga keberlanjutan supply bahan baku, keberlanjutan transfer knowledge antar SDM dan keberlanjutan permintaan pasar.

Produk UMKM yang berdaya saing tinggi adalah produk yang mampu menjaga keberlanjutan produksinya dan keberlanjutan pengembangannya. Pola pikir industri harus sudah mulai diterapkan dalam setiap rencana produksi di masa mendatang.

Local  - Lokal
Produk UMKM harus menekankan pada pemanfaatan sumber bahan baku lokal, yang dengan kreativitas dan produsennya mampu bersaing dengan produk impor. Kemampuan mengekplorasi potensi lokal akan menjadi pendongkrak daya saing produk UMKM.

Produk UMKM yang mampu mengeksplorasi potensi sumber daya alam lokal dan sumber daya manusia lokal akan menjadi perhatian utama kami. Inilah tujuan dari mengapa kita mengembangkan UMKM, adalah bahwa semua aspek lokal akan mampu berdaya saing.

Original - Asli
Produk asli merupakan nilai khas dari produk UMKM, yang membangun kondisi bahwa produk tersebut menjadi unik dan hanya ada di suatu tempat saja. Produk ini tidak harus merupakan produk warisan dari generasi sebelumnya, melainkan bisa dari karya baru yang unik yang hanya ada di suatu daerah saja, atau bisa disebut juga Otentik.

Wholesome - Sehat

Memahami aspek keamanan terhadap konsumen merupakan kepedulian yang harus dibangun oleh para produsen. Konsep sehat dan aman merupakan unsur penting bagi produk UMKM yang ingin bersaing dengan produk-produk industri. 

Inilah sedikit penjelasan dari konsep SLOW Products kami, dimana ke-4 kriteria ini akan menjadi pedoman kami dalam menilai produk-produk UMKM yang unggul dan memiliki daya saing. Bahkan dalam seleksi UKM Pangan Award pun hal ini sudah mulai kami terapkan, agar kriteria produk yang terpilih menjadi tidak subyektif melainkan berdasarkan penilaian dari ke-4 kriteria di atas selain kemasan dan legalitas produknya.


Baca juga :
1. Konsep Sehat : SLOW Cooking Resort MesaStila.
2. Belajar Banyak Dari Program Produk Unggulan Jawa Tengah.
3. Setelah Produk Unggulan Ditetapkan, Lantas Mau Diapakan ?