Laman

  • Home

Senin, 27 Maret 2017

Kamtumi Jepara, Membawa Bentuk Lama ke Nuanza Baru

Sesama seniman tidak boleh rukun, HeHe
Kesempatan ke Jepara kali ini saya sempatkan lagi mampir ke teman lama, Uda Andi Saidan, si pemilik "workshop kreatif" Kamtumi Jepara ini. Meskipun kami tidak pernah "akur" tetapi pertemuan hari ini tidak menimbulkan "kerusuhan" karena saya datangi dia pagi-pagi saat kesadarannya belum pulih benar. Ha-Ha.

Dialah si Master Vintage, seorang seniman furnitur yang tidak pernah mau melirik kanan dan kiri kecuali kepada kreasinya sendiri. Konsep transfer image yang dia kembangkan memberikan warna tersendiri pada furnitur yang diproduksinya. 

Saya sengaja datang ke Kamtumi untuk memberikan pekerjaan rumah kepada Uda Andi Kamtumi untuk mulai memikirkan interior design untuk kitchen, kafe dan resto. Karena insting saya mengatakan bahwa line of product-nya benar-benar ada di jalur ini.

Jati dan mahoni tetap menjadi jalan hidup Kamtumi untuk mencipta karya mebel yang eksotis. Inilah yang saya mau dari para pengrajin mebel di Jepara dalam membangun citra diri dan citra produk Jepara asli. 

Wooden Cup, Printed Image
Wooden Cup, Printed Image
Wooden Cup, Printed Image

Decorative Wooden Bottle, Vintage.
Saya sudah melihat Uda Andi Saidan ini memproduksi "apa" yang disukai oleh segmen wanita mulai dari item produk sampai dengan image yang dilekatkan pada produk, semuanya akan menjadi daya tarik para wanita. Konsep "beauty homey: yang sedang dikembangkannya, yang bisa diartikan sebagai kenyamanan yang cantik.

Saya juga melihat banyak varian "tray" yang dijadikan media transfer image-nya, menjadi sangat menarik karena tray ini bisa berfungsi sebagai tray dan bisa sebagai produk decorative.

Satu hal lagi, ternyata ada produk "gerabah" yang bisa disentuh dengan finishing transfer image dan memberikan nuansa yang sangat berbeda. Coba lihat gambar di bawah ini:

Gerabah dengan finishing trasfer image
Seandainya teman-teman di Bayat, Klaten dan Klampok, Banjarnegara bisa melakukan finishing ini pasti keramik mereka akan tampil beda. Yang perlu mereka lakukan ada membuat keramik atau gerabah dengan konsep sebagai media transfer image.

Pada kesempatan ini saya memang sedang hunting beberapa item yang bisa membantu saya untuk mendobrak pintu ekspor pasar interior dan arsitek untuk produk-produk Jepara. Dan sepertinya saya telah menemukannya di Kamtumi Jepara ini.
 

Andi Saidan di Workshop Kamtumi
Tetap berkreasi, meskipun kondisi sedang berat.
Salah satu sudut show room Kamtumi
Stool kecil ini tampil cantik dengan finishing vintage.
Drawer Table, cocok sebagai side table untuk bed room hotel.

Item-item ini harus saya beli agar saya ada koleksinya.
Konsep originalitas ini mungkin merupkan buah dari keteguhan Uda Andi Saidan untuk tidak tengok kanan tengok kiri, sehingga mampu fokus untuk menghasilkan produk-produk yang unik dengan differensiasi yang tinggi. 

Pada kesempatan ini saya sempat menanyakan kepada Uda Andi Saidan, sebenarnya buyer seperti apa yang dia butuhkan ? Dengan melihat kondisi saat ini, Kamtumi sangat berharap adalah pihak "pemasaran" terutama eCommerce yang mau mengikatkan diri dengan Kamtumi dalam penjualan produknya atau pihak pemasaran dengan konsep lain yang mampu memberikan cash flow yang cepat kepada Kamtumi.

Sebagaimana seorang seniman, fokusnya adalah memproduksi produk-produk yang menarik dan dia mempersilahkan mitra kerja untuk memasarkan dan membantu cash flow usaha Kamtumi. Nah, siapa yang tertarik untuk bekerjasama dengan Kamtumi ?

Perlu saya ingatkan sekali lagi bahwa produk Uda Andi Saidan ini sangat menarik untuk desain interior cafe dengan konsep khusus, kitchen dan hotel. Jadi pasarnya di dalam negeri sendiri pun masih terbuka luas. Kami akan bantu para mitra untuk bekerjasama dengan produsen ini, dan peminat silahkan email ke kami untuk keminatannya.

Baca juga: