Laman

  • Home

Jumat, 02 September 2016

Magic Gel, Resep Rahasia Inovasi KAMTUMI

CV KAMTUMI Jepara
Sudah jarang sekali saya berkunjung ke Jepara setelah saya sudah tidak berkecimpung lagi dalam bisnis furnitur, sampai akhirnya saya mendapatkan undangan untuk mengisi pelatihan branding produk untuk UMKM oleh Kadin Kabupaten Jepara. Ini tugas negara, dan saya harus penuhi tugas itu pada tanggal 31 Agustus 2016 lalu.

Wow, ketika dari sebuah grup WA komunitas pengusaha mebel dan kerajinan Jepara mengabarkan bahwa ada pelatihan yang mengundang saya sebagai nara sumber, maka beberapa teman lama di bisnis furnitur di Jepara spontan menelpon saya dan datang ke tempat pelatihan tersebut. Ternyata sudah cukup lama saya pergi dari bisnis ini, sudah sekitar 8 tahun yang lalu.

Salah satu sahabat lama yang hilang kontak dan tersambung lagi adalah Bro Andi Saidan, pemilik CV Kamtumi ini adalah seorang seniman bagi saya. Seorang sahabat yang dulunya sering berbagi ide desain furnitur meskipun lebih sering berantemnya daripada cocoknya.

Makin Tua Makin Subur Badannya.

Andi Saidan KAMTUMI

Ini Kerja, Ini Karya Seni.
Setelah 8 tahun saya harus tengok lagi sanggar produksinya, apa yang telah dia lakukan saat ini, sehingga setelah selesai memberikan pelatihan saya menyempatkan diri mampir di sanggar produksi yang terletak di jalan Bok Ijo, Tahunan - Jepara. 

Ternyata beda produk Bro Andi 8 tahun yang lalu dan sekarang, dia banyak bermain dalam inovasi finishing produk indoor. Dan ini perlu saya acungi jempol, ketika inovasinya mampu menyulap produk dari yang biasa-biasa saja menjadi produk yang bisa masuk dalam trend desain saat ini.

Memang benar, bukan Andi namanya kalo lalai inovasi. Sebagai seniman mebel memang dia harus selalu berkarya untuk memunculkan inovasi baru, tanpa inovasi mustahil produsen furnitur sepertinya mampu bertahan dalam badai krisis order selama bertahun-tahun. Bahkan dia pernah mendapatkan penghargaan sebagai the most inspiring furniture manufacturer beberapa tahun yang lalu, karena karya-karyanya yang inovatif.

Karya Inovasi KAMTUMI

Saya mulai melirik produk-produk koleksinya 3 tahun terakhir ini, dan inovasi TRANSFER IMAGE yang dia kembangkan dimulai dari tahun 2014 sangat menarik bagi saya. Bagaimana dia memindahkan grafis dari koran dan majalah (dari media kertas) ke media kayu seperti di bawah ini:



Seolah Andi sedang membuat kliping majalah dan koran di atas mebel miliknya. Dan inovasi TRANSFER IMAGE ini merupakan pengembangan yang dia lakukan selama ini dengan cara yang sederhana dan praktis. 

Dia bisa lakukan pemindahan media grafis ini dalam waktu yang cukup singkat, sekitar 15 menit dari media kertas ke media kayu. Dan material yang digunakan pun sangat aman karena water base material, yang dia sebut MAGIC GEL. Kelebihan lain, teknik ini bisa diapplikasikan pada bidang lengkung mulai dari papan, keramik, beli, kaca dan sebagainya. Cukup menarik bukan ?

Coba tengok lagi karya dia yang lain seperti di bawah ini:









 
Pasti sangat menarik ketika produk ini bisa menghias hotel, resto dan cafe yang anda miliki, atau bahkan rumah yang ingin anda desain sendiri. Maaf ... Jadi promosi HeHe. Ya, inilah line produk yang sedang dikembangkan oleh Andi Saidan, CV KAMTUMI Jepara.


MAGIC GEL, Rahasia Transfer Image KAMTUMI

Applikasi magic gel sangat mudah, praktis dan cepat. Bahkan pada kesempatan ini KAMTUMI bersedia sharing bagaimana mencipta finishing yang "unik" ini kepada para pelaku mebel dan pembaca yang lain.

Berikut tahapan proses melakukan transfer image dengan magic gel produksi dari KAMTUMI sendiri:

Tahap 1) Siapkan material grafis yang akan ditransfer ke media furniture atau papan kayu.

Grafis ini dicetak pada kertas khusus yang bisa dipesan melalui KAMTUMI, sebagaimana magic gel yang memang merupakan produk yang dikembangkan oleh KAMTUMI.
 

Tahap 2)  Susun materi grafis tersebut pada media papan yang telah disediakan.

Pada tahap ini, grafis yang masih bermedia kertas disusun pada media tujuan tansfer sesuai dengan desain yang diinginkan.


Tahap 3)  Semprotkan MAGIC GEL diatas materi grafis tersebut.

Applikasi magic gel adalah dengan cara disemprotkan di atas permukaan materi grafis yang akan ditransfer ke papan.



Tahap 4) Tunggu beberapa saat, sekitar 15-20 menit.

Setelah penyemprotan, biarkan beberapa saat sekitar 15-20 menit agar magic gel meresap ke dalam kertas.




Tahap 5)  Pengeringan cukup diangin-anginkan di luar ruangan.

Pengeringan cukup diangin-anginkan di luar ruangan, tidak perlu dijemur dibawah terik matahari.




Tahap 6)  Bersihkan kertas

Setelah dirasa cukup untuk waktu transfer image, maka kertas sebagai media awal di bersihkan. Bersihkan sampai bersih, dan materi grafis anda sudah berpindah ke media papan.


 

Cukup sederhana proses ini, dan dapat segera dikuasai tekniknya oleh applikator dengan training yang sangat singkat.

Sementara ini magic gel masih diproduksi dengan sangat terbatas untuk kebutuhan sendiri, tetapi jika memang investor yang berminat untuk bekerjasama dalam bidang produksi skala industri KAMTUMI siap memasarkannya secara luas. Andi Saidan sendiri merasa yakin bahwa produk ini pasti banyak dibutuhkan oleh berbagai applikator dari berbagai jenis bidang usaha dan yakin bahwa produk ini adalah produk masa depan.

Meskipun tidak manyatakan bahwa produk ini dia yang mencipta, melainkan mengembangkan apa yang sudah ada, Andi yakin bahwa produk magic gel yang dia kembangkan mampu bersaing dengan produk import yang sudah ada di pasaran terutama dalam hal harga jual.