SHELL NXPLORER Semarang


Belum lama ini terlibat dalam kegiatan pelatihan SHELL NXPLORER yang diselenggarakan oleh PT Shell Indonesia yang merupakan bagian dari SHELL GLOBAL selama 2 hari di bulan Januari 2024 ini. Selalu menarik ketika ada pihak perusahaan asing yang mau memberikan share tentang cara-cara berpikir yang praktis, efektif dan kreatif yang tentunya saya sendiri bisa ikut belajar di dalamnya, karena materi ini memperkaya pemahaman saya terhadap MINDSET BUILDING yang terus saya kembangkan untuk Start Up dan UMKM di Indonesia.

Kegiatan PT Shell Indonesia ini menyasar siswa SMA/SMK dan mahasiswa, untuk membuat para siswa dan mahasiswa ini up leveling dalam berpikir.





TENTANG SHELL NXPLORERS

Shell NXplorers adalah program investasi sosial PT Shell Indonesia dan merupakan bagian dari 
program NXplorers global (www.nxplorers.com) yang dilaksanakan di 20 negara. Program ini 
telah dikembangkan oleh Shell agar lebih mudah dicerna dan diterapkan.

NXplorers akan membekali anak muda, terutama mahasiswa dengan design thinking, metode kreatif untuk menyelesaian masalah yang berakar dari cara berpikir baru yang disebut NXthinking. NXthinking adalah gabungan dari system thinking (cara berpikir dalam kerangka sistem), scenario planning (perencanaan masa depan) serta theory of change (teori perubahan). Program ini mendorong mahasiswa untuk menjadi agen perubahan positif pada persoalan besar yang menjadi tantangan di masa 
depan.

Dalam pelatihan Shell NXplorers secara tatap muka/daring di banyak belahan dunia, peserta diajak bekerjasama dalam tim, mempelajari alat bantu NXthinking, dan diarahkan untuk menangani permasalahan kompleks yang menarik minat mereka dan mengembangkan solusi untuk menyelesaikan 
permasalahan tersebut. 

MENGAPA PROGRAM INI PENTING ?

Dunia yang sangat kompleks dan saling terhubung menghadapi banyak tantangan besar yang membutuhkan pendekatan baru untuk penyelesaiannya. NXplorers menawarkan cara berpikir baru dan memberikan keterampilan praktis dan strategis bagi mahasiswa untuk menangani kompleksitas permasalahan tersebut dan mengembangkan solusi yang tepat dan berkelanjutan. Dari program NXplorers terbentuk dan berkembang komunitas global yang peduli, terlibat aktif, bersedia berbagi dan bekerjasama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bermodalkan keyakinan dan keterampilan yang telah mereka pelajari dari NXplorers.

Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi yang dimulai pada 2020 hingga 2035 sebagai hasil dari pertumbuhan ekonomi yang pesat. Untuk memanfaatkan bonus demografi ini, Indonesia memerlukan talenta-talenta bangsa yang mumpuni, yang tidak hanya berupa tenaga kerja usia produktif dalam jumlah yang banyak, tetapi lebih penting lagi adalah kemampuan dan kapasitas tenaga kerja tersebut.

APA MANFAAT PROGRAM INI ?
  1. Program Shell NXplorers merupakan pelatihan design thinking, satu keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh beragam profesi dan bidang industri.
  2. Peserta mempelajari system thinking, merencanakan solusi dan skenario (scenario planning) dan menerapkan teori perubahan (theory of change) untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik, menggunakan metode dan alat bantu praktis.
  3. Mempelajari keterampilan design thinking akan membantu pengembangan diri dan profesionalisme peserta. Peserta dapat menerapkannya di sekolah, di tempat kerja mereka nantinya, maupun di ranah tantangan global yang lebih luas.
  4. The Future of Jobs Report 2020 World Economic Forum mendata 10 keterampilan paling dibutuhkan berbagai industri di tahun 2025, diantaranya: berpikir analistis, berinovasi, pembelajaran aktif, berstrategi, penyelesaian masalah yang kompleks, berpikir dan menganalisa secara kritis, kreativitas, originalitas, dan inisiatif, serta kepemimpinan dan pengaruh sosial. Semua keterampilan tersebut tercakup dalam konsep design thinking yang disampaikan dalam pelatihan Shell NXplorers.
  5. Peserta juga akan menjadi bagian dari komunitas calon pemimpin masa depan dari berbagai negara yang juga menggunakan metode dan alat bantu NXplorers untuk menjawab tantangan global dan mewujudkan masa depan yang lebih baik.
Berikut link Youtube yang bisa saya berikan untuk melihat gambaran kegiatan-kegiatan ini selama 2 hari:







Komentar