Self Assessment Pelaku UMKM

Self Assessment Pelaku UMKM - With Grafologi & Feng Shui

Penilaian diri atas potensi, minat dan karakter sangat penting dalam entrepreneurship dan profesionalisme. Tentang visi, passion, mindset, kompetensi dan value yang sering diperbincangkan namun bagaimana uruatan dan saling keterkaitan satu dengan yang lainnya, sangat jarang diungkapkan. Sangat jarang mentor dan pendamping UMKM membekali diri dengan tool yang memungkinkan mereka bisa menilai para pelaku UMKM dari sisi potensi, minat dan karakter-nya.

Sejak awal berkecimpung dalam pembinaan UMKM di Jawa Tengah, saya telah menyakinkan sebuah metode assessment yang sangat interaktif, yaitu dengan Grafologi & Feng Shui. Tetapi pada bahasan ini saya tidak akan membahas grafologi & feng shui, melainkan urutan dan kaitan antara visi, passion, mindset, kompetensi dan value.

Setiap UMKM yang akan menjadi binaan kami, akan melalui proses awal yang namanya 'self assessment dimana kami akan melakukan wawancara dan interaksi terkait apa yang dia lihat dan pikirkan tentang bisnisnya di masa mendatang, apa yang dia rasakan dan yakini atas bisnis tersebut, bagaimana dia memahami bisnis tersebut, solusi apa dan kreativitas apa yang bisa dia ciptakan, kompetensi apa yang dia butuhkan untuk mendukung pencapaian visi tersebut dan apa yang akan dia berikan kepada orang lain, lingkungan atau alam sekitar.

Kami harus memahmi ke-5 hal tersebu di atas (gambar) untuk memastikan bahwa bisnis yang dilakukan akan sustainable, bukan hanya bisnis sesaat yang hanya untuk survive atau kerja sambilan. Sangat disayangkan jika pemerintah memberikan fasilitas yang tidak sedikit kepada para pelaku UMKM yang 'tidak serius' dengan bisnisnya, dimana mereka hanya melakukan bisnis karena ingin bertahan hidup atau sekedar buat sambilan. Konsultasi bisnis tidak ditujukan untuk jenis usaha tersebut, semua didesain untuk bisnis yang sustainable dan terukur. Salam sukses!




 



Komentar

Posting Komentar