Brand is Action


Brand is Action

Pastinya para pelaku UMKM sudah banyak sekali mendapatkan edukasi brand dari para pakar brand atau para mentor pembina UMKM. Semoga pemahaman tentang brand bagi para pelaku UMKM sama dengan pemahaman saya, menekankan pada brand adalah garansi kepada customer,

Membangun brand tidak dimulai dari brand identity, seperti: logo, label, kemasan dan marketing tools lannya, namun justu perlu ditarik lebih ke belakang lagi, seperti: product & service yang excellent, atau seperti yang diinginkan oleh target market-nya, operasional yang excellent, yang mampu mencerminkan kinerja yang efektif, efisien dan produktif, selalu fokus pada target market-nya dan selalu berinovasi karena persaingan bisnis akan selalu ada.

Jika flash back kepada 3 komponen dalam pemasaran, yaitu: produk, market dan interaksi antara produk dan market (branding), maka produk, service dan operasional termasuk dalam komponen produk dimana fokus para pelaku UMKM adalah menciptakan value. Yang dimaksudkan dengan value di sini adalah memberikan solusi dan benefit pada target market-nya. Value proposition adalah pertanyaan kunci untuk memciptakan produk dan service yang excellent. Pertanyaannya adalah: "Mengapa customer harus membeli?" 

Sementara itu pada komponen market, para pelaku UMKM harus fokus kepada bagaimana menciptakan customer relation yang baik, mulai dari mendapatkan customer, mempertahankannya dan mengembangkannya. Dasarnya adalah customer satisfaction, tanpa itu semua roda loyalitas pelanggan tidak akan pernah bergerak. Fokus para target market dan customer satisfactiona adalah key word yang harus selalu diingat oleh para pelaku UMKM dalam membangun brand-nya sejak awal.

Komunikasi terbaik antara produk dan market akan melalui beberapa tingkatan, yaitu: komunikasi atas good product yang kita tawarkan, komunikasi atas good package yang tampilkan, komunikasi atas good service yang kita berikan dan komunikasi atas good business yang kita janjikan. Ke-4 "citra" inilah yang akan kita komunikasikan kepada pelanggan. Inilah yang saya sebut dengan "inner beauty" dari bisnis kita, brand yang akan kita bangun, bukan sekedar logo, label dan kemasan yang baik saja.

Pelatihan Brand is Action adalah pelatihan memahami brand secara essential, yaitu kembali kepada membangun inner beauty dari bisnis tersebut agar selalu mampu membangun persepsi yang baik di benar pelanggan. Pelatihan ini sangat cocok bagi para start up dan pelaku UMKM yang ingin membangun brand sejak awal dan secara masif. Sukses!











Komentar