Pendampingan Gerai Kopimi dalam Penyusunan Rencana Edukasi UMKM di Kota Semarang.


Konsultasi Pembinaan UMKM oleh Komunitas Gerai Kopimi Kecamatan Banyumanik.


Sebelum terjadi kesalahpahaman terlebih dahulu saya ingin menjelaskan bahwa Gerai Kopimi adalah singkatan dari Gerakan Masyarakat Koperasi dan UMKM Semarang Indonesia, yang merupakan wadah silaturahmi para pelaku UMKM di Kota Semarang yang dilantik oleh Walikota Semarang pada tanggal 16 Desember 2019 lalu. Masih cukup baru tentunya, namun wadah ini diharapkan bisa menjadi forum komunikasi dan pembinaan UMKM di setiap keluarahan di Kota Semarang. 

Di Semarang ada sekitar 177 Kelurahan dari 16 Kecamatan. Sehingga akan ada 177 komunitas Gerai Kopimi di Kota Semarang. Sungguh sebuah jaringan komunitas yang terstruktur dan bisa menjadi ajang pengabdian bagi RumahUMKM.Net di Kota Semarang, domisili dari RumahUMKM.Net.


Dokumentasi 1


Dokumentasi 2

Dokumentasi 3


Dokumentasi 4

Hari ini saya diminta oleh komunitas Gerai Kopimi Kecamatan Banyumanik untuk memberikan pembekalan dan pemahaman pembinaan UMKM di daerah masing-masing. Forum non formal ini bisa saya anggap sebagai 'pelatihan ToT' bagi para ketua Gerai Kopimi di masing-masing kelurahan di Kecamatan Banyumanik. Untuk kecamatan lain bagaimana? Tunggu jadwal selanjutnya, satu per satu dulu. 

Kegiatan-kegiatan Gerai Kopimi akan didukung penuh oleh dana dari kelurahan masing-masing, dan kegiatan pembinaan UMKM akan dimulai di tahun depan. Jadi di tahun 2022 ini RumahUMKM.Net akan mencoba mendampingi para ketua Gerai Kopimi untuk benar-benar memahami tahapan pembinaan UMKM, materi-materi apa yang dibutuhkan dalam setiap tahapan, bagaimana mengadakan acara pelatihan, bagaimana mendapatkan mentor yang mereka butuhkan dan lain sebagainya.

Akan ada pendampingan dari RumahUMKM.Net kepada komunitas Gerai Kopimi di masing-masing kecamatan (16 kecamatan) dalam mempersiapkan pelatihan dan pembinaan di masing-masing wilayahnya. 



 




Komentar