Kuliah Kewirausahaan & Essetial Marketing FEB UNDIP

Kuliah Kewirausahaan & Essential Marketing FEB UNDIP

Kurang tahu persis bagaimana awalnya ketika banyak perguruan tinggi, terutama di Jawa Tengah meminta saya untuk memberikan kuliah di kampusnya terkait: kewirausahaan, essential marketing, digital marketing dan branding strategy. Yang saya ingat adalah bahwa banyak teman-teman mentor UMKM di Jawa Tengah yang berasal dari kampus (akedemisi), dan dari mereka pula saya mendapatkan tawaran untuk mengisi materi-materi tersebut di atas di kampus.

Awalnya mengisi kuliah umum, namun akhirnya masuk juga pada kuliah reguler dengan nara sumber dosen luar. Hebat banget sepertinya ya ... HeHe. Dinikmati saja, setiap panggung adalah pengabdian saya baik panggung dengan audience UMKM maupun Mahasiswa, sama saja.

Kuliah Kewirausahaan & Essential Marketing

Beberapa minggu lalu Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNDIP menghubungi saya untuk memberikan kuliah kewirausahaan untuk mahasiswa-nya, yang rencana akan diselenggarakan pada tangga 2 September 2021 ini. Seharusnya ada 4 materi yang kami sepakati, namun karena terbatasnya jadwal terpaksa 4 materi harus saya padatkan menjadi 2 sesi, sehingga pada sesi pertama di hari ini saya memberikan materi 'Kewirausahaan & Essential Marketing' kepada 120 mahasiswa FEB UNDIP.

Kuliah Kewirausahaan & Essential Marketing FEB UNDIP

Pastinya materi kuliah yang saya berikan cukup berbeda dengan yang diberikan oleh para dosen internal, karena materi-materi saya sudah melalui pengembangan sebagaimana pengalaman saya di lapangan. Materi ini dari beberapa mahasiswa yang sempat berinteraksi dengan saya pada saat kuliah dinilai sangat komunikatif karena praktis, disertai ilustrasi dan skema yang mudah dicerna serta contoh-contoh riil di lapangan. 

Di materi kewirausahaan, sama seperti materi kewirausahaan yang lain saya memberikan tugas membuat BIZ PLAN berdasarkan 'Apa yang mereka punya', 'Apa yang mereka bisa' dan 'Apa yang mereka suka' selain "Apa yang customer minta/butuhkan'. Dan dalam penjabaran Biz Plan ini saya berikan contoh riil dari bisnis yang saya lakukan.

Sementara itu untuk 'Essential Marketing', saya menekankan pemahaman mereka tentang skill seorang marketing secara praktis dan esential sehingga mereka bisa memahami permasalahan di lapangan dan menyelesaikan permasalahan pemasaran berdasarkan komponen, tahapan dan strategi marketing. Tugas yang saya berikan untuk sub sesi ini adalah membuat 'pitching' 1 menit kepada buyer atau investor. 

Semoga apa yang sharing kepada teman-teman mahasiswa bisa langsung dipraktekkan di lapangan, dan mereka bisa membangung mental dan mindset kewirausahaan dalam dirinya. Sukses!





 



Komentar