Tips Sukses Manajemen Bisnis Usaha Kecil

 

Tidak hanya sekedar produk saja yang perlu kita cermati dari para pelaku UMKM, namun bagaimana mereka mengelola bisnisnya juga menjadi sangat penting saat bisnis tersebut sudah berjalan. Banyak perusahaan skala kecil tumbang karena salah pengelolaan atau tumbang oleh faktor internal. Tulisan ini sedikit banyak akan mengingatkan kepada para pelaku UMKM apa yang harus dilakukannya untuk mengelola bisnis. 

Manajemen bisnis kecil mengacu pada proses penyelarasan dan koordinasi semua aspek bisnis kecil, baik itu mengelola karyawan, pemasok, keuangan bisnis, peta jalannya, atau melakukan tugas harian Anda. Mengelola bisnis kecil menghadirkan beberapa tantangan unik bagi pemiliknya. Selain pengetahuan tentang dasar-dasar prinsip bisnis kecil, Anda juga perlu mengetahui manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia dan hukum dan peraturan yang terkait dengan bisnis Anda.

Apa Definisi Bisnis Kecil?

Bisnis kecil di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan UMKM (Usaha Mikro, Kecil & Menengah) yang artinya disebutkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. UMKM artinya sebagai bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. 

Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam UU tersebut. 

Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil yang dimaksud dalam UU tersebut.

Sementara usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam UU tersebut.
 
Kriteria usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)

1. Kriteria Usaha Mikro adalah sebagai berikut:

Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 300 juta.

2. Kriteria Usaha Kecil adalah sebagai berikut:
Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 50 juta sampai dengan paling banyak Rp 500 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp 300 juta sampai dengan paling banyak Rp 2,5 miliar .

3. Kriteria Usaha Menengah adalah sebagai berikut:Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 500 juta sampai dengan paling banyak Rp 10 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp2.5 miliar sampai dengan paling banyak Rp 50 miliar.

Alasan mengapa bisnis diklasifikasikan sebagai bisnis kecil adalah bahwa masalah manajemen dan operasional bisnis ini sangat berbeda dari perusahaan besar. Dengan mendefinisikan diri mereka sebagai usaha kecil, Anda dapat memenangkan kontrak dan memanfaatkan pinjaman bisnis dari pemerintah. Anda juga mendapatkan akses ke alat yang dapat membantu Anda bersaing dengan bisnis yang lebih besar.

Tidak seperti perusahaan besar, usaha kecil memiliki anggaran terbatas, birokrasi yang jauh lebih sedikit dan mungkin hanya melayani wilayah geografis regional. Mereka sering berfokus pada penyediaan layanan pelanggan berkualitas tinggi dan menggunakan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan produk dan layanan yang lebih baik.

Apa itu Manajemen Bisnis Kecil?

Dari menciptakan bisnis, menentukan persyaratan pendanaan, mengelola karyawan, mengawasi pemasaran dan periklanan dan mengelola waktu Anda sendiri, manajemen bisnis kecil melibatkan koordinasi semua aspek bisnis untuk memastikan bahwa ia terus tumbuh dan mencapai kesuksesan.
Berikut adalah sepuluh hal yang harus Anda ketahui tentang manajemen bisnis kecil:

Membuat Rencana Bisnis

Untuk membuat rencana bisnis yang efektif, garis besarkan tujuan dan tujuan bisnis Anda dan berikan deskripsi ringkas tentang bisnis Anda serta produk atau layanan. Sertakan detail tentang pasar yang akan Anda masukkan, rencana pemasaran dan penjualan Anda, dan proyeksi keuangan Anda.

Tinjau tujuan bisnis Anda secara teratur untuk melihat apa yang berubah, apa yang telah dicapai, dan apa yang perlu dirubah.

Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis Anda

Karena pajak untuk Anda dan bisnis dihitung secara terpisah, Anda perlu membuka akun pribadi terpisah yang hanya ditunjuk untuk transaksi bisnis.

Tentukan Persyaratan Pendanaan

Jika Anda memulai bisnis baru, mendanai operasi bisnis adalah prioritas utama. Baik Anda memilih investasi pribadi, investasi malaikat, inkubator bisnis, pinjaman bank atau hibah pemerintah, penting untuk membiasakan diri dengan kelebihan dan kekurangan sumber pendanaan ini serta kriteria yang mereka gunakan untuk mengevaluasi bisnis.

Pekerjakan Orang yang Tepat

Jika Anda ingin bisnis Anda berkembang, penting untuk mempekerjakan orang-orang terlatih yang termotivasi dan bereneran tinggi yang mencari kesuksesan daripada menghasilkan uang dengan cepat. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda perlu tahu cara mempertahankan karyawan yang berharga dengan menawarkan mereka fasilitas seperti jadwal yang fleksibel, jam bahagia dan kegiatan membangun tim.

Latih Karyawan Anda

Bahkan jika Anda mempekerjakan orang-orang terpandai di dunia, itu akan memakan waktu bagi mereka untuk memahami sejumlah dan keluar dari bisnis Anda dan mencari tahu bagaimana menyatukan hal-hal untuk mencapai tujuan jangka panjang. Inilah sebabnya mengapa melatih karyawan Anda dengan baik sangat penting untuk bisnis kecil. Buat rencana pelatihan yang membuat karyawan Anda merasa lebih kompeten dan berdaya dalam pekerjaan mereka.

Lacak Keuangan Anda

Ketika Anda memulai bisnis baru, mudah untuk melacak uang yang masuk dan keluar dari bisnis. Namun, seiring dengan berkembangnya operasi bisnis Anda, tugas ini bisa menjadi sakit kepala. Inilah sebabnya mengapa Anda harus menyewa akuntan penuh waktu, on-staff atau hanya berinvestasi dalam perangkat lunak akuntansi yang mudah digunakan yang membantu Anda melacak keuangan Anda dan menghemat dolar berharga Anda.

Berinvestasi dalam Pemasaran

Di dunia di mana merek terus-menerus bersaing untuk perhatian konsumen, bisnis kecil perlu memaksa jalan mereka di depan orang-orang, menunjukkan kepada mereka sesuatu yang berharga dan entah bagaimana membuat mereka mendengarkan lapangan mereka. Teliti berbagai opsi periklanan dan pemasaran bisnis kecil sebelum memilih model pemasaran yang paling cocok untuk Anda dan bisnis.

Belajar Mendelegasikan

Manajemen waktu sangat penting bagi pemilik usaha kecil. Bagian dari mengelola waktu Anda melibatkan untuk dapat mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan mengagumkan yang telah Anda pekerjakan dan latih - terutama tugas-tugas yang anda tidak benar-benar menikmati melakukan atau mereka yang Anda tahu Anda tidak terlalu baik.

Apa yang Dilakukan Manajer Bisnis Kecil?

Dalam bisnis kecil, pemilik mengelola bisnis itu sendiri atau menyewa manajer bisnis untuk menangani operasi bisnis.
Mengelola bisnis kecil memerlukan berbagai pengetahuan atau pemahaman yang berkaitan dengan topik bisnis. Ini adalah tugas manajer untuk mengawasi kegiatan karyawan; mempekerjakan, melatih, dan mengevaluasi karyawan baru dan memastikan bahwa bisnis berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan keuangannya.

Tercantum di bawah ini adalah beberapa tanggung jawab utama pemilik usaha kecil:
• Mengawasi aktivitas sehari-hari karyawan
• Merekrut, mempekerjakan, dan melatih karyawan baru
• Memastikan operasi sehari-hari berjalan lancar
• Kelola inventaris dan buat keputusan pembelian
• Menangani fungsi produksi, pemasaran, dan administrasi
• Merancang dan mengimplementasikan anggaran perusahaan
• Tetapkan tujuan penjualan dan pastikan bahwa tim berada di jalur untuk mencapainya
• Memastikan tujuan keuangan bisnis tercapai

Mengelola bisnis kecil berarti mengelola semua aspek bisnis Anda baik itu waktu Anda, karyawan, dan sumber daya lainnya sefektif mungkin. Mempelajari cara-cara baru yang inovatif untuk mengelola aspek-aspek ini, Anda dapat membuat bisnis Anda lebih produktif, dan hidup Anda lebih mudah.


















Komentar