Strategi Pengembangan Produk


Strategi Pengembangan Produk

Terlepas dari apakah kita dalam situasi sulit semasa Pandemi Covid-19 atau tidak, pengembangan produk adalah bagian penting dalam pengelolaan bisnis. Bahkan produk yang sudah existing pun masih perlu untuk terus dikembangkan selama life cycle produk tersebut masih menunjukkan grafik yang menaik. 

Harus kita pahami sebelumnya bahwa setiap produk memiliki life cycle, akan ada masanya produk tersebut akan mati atau tidak dibutuhkan oleh customer lagi karena sudah ada 'pengganti'-nya yang lebih bisa memenuhi kebutuhan customer tersebut. Apakah produk tersebut datang dari pesaing atau datang dari perusahaan kita sendiri. Sebelum produk memasuki masa decline, perusahaan harus sudah mempersiapkan produk baru yang bisa bertumbuh dan menjadi andalan penjualan dari perusahaan.

Di bawah ini ada beberapa strategi pengembangan produk yang perlu dipahami oleh para pelaku UMKM agar bisnisnya bisa sustainable. 

Strategi Pengembangan Produk
  1. Memodifikasi produk yang ada. Membuat versi baru dari produk yang ada dengan sedikit perubahan dapat memberikan motivasi kepada pasar Anda untuk membeli peningkatan.
  2. Meningkatkan nilai produk. Banyak perusahaan melibatkan pelanggan dengan menyertakan nilai tambahan dengan pembelian produk.
  3. Menawarkan uji coba. Menawarkan versi sampel gratis atau lebih murah dari produk Anda dapat meyakinkan pelanggan untuk mencoba produk Anda yang mungkin tidak membeli versi lengkapnya.
  4. Mengkhususkan diri dan menyesuaikan. Banyak produk dapat dikhususkan untuk menargetkan grup pelanggan tertentu atau disesuaikan untuk membuat hadiah unik dan pribadi.
  5. Buat penawaran paket. Anda dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak produk Anda dengan membuat penawaran paket. ...
  6. Buat produk baru. Cara lain untuk mengembangkan lini produk adalah dengan membuat produk baru yang berkaitan dengan pasar Anda. ...
  7. Ubah ide. Salah satu strategi untuk mengembangkan produk adalah mengubah ide produk Anda.
Dari ke-7 strategi di atas, jika dicermati, customer relationship (hubungan baik dengan pelanggan) adalah hal sangat penting dalam ide pengembangan produk. Jangan membuat pengembangan produk yang keluar dari kebutuhan customer kita, sehingga kita butuh upaya baru lagi untuk memulai memperkenalkan produk, mengedukasi pasar dan promosi. Ketika kita menggarap pasar yang baru lagi maka kita perlu investasi biaya dan waktu yang tidak sedikit, hal ini tidak akan terjadi ketika pasar yang kita garap adalah pasar yang telah kita kenal dan layani.

Kemampuan komunikasi dan perhatian kita terhadap apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh customer akan menjadi perang yang penting dalam customer relationship. Ketika dihadapkan pada investasi marketing, maka pengembangan existing market jauh lebih menarik dibandingkan dengan mengembangkan pasar yang baru. Terlebih ketika kita sudah terikat secara emosional dengan pasar kita.

Secara organisasi, team pengembangan produk di kalangan usaha kecil biasanya melekat pada departemen pemasaran. Mengapa? Karena departemen pemasaran adalah salah satu departemen yang paling sering bersinggungan dengan customer. Koordinasi dan eskekusi jauh lebih efisien dan efektif ketika pengembangan produk dikawal oleh team pemasaran, terutama untuk usaha skala kecil yang ketersediaan SDM-nya terbatas.

Secara praktek yang saya lakukan, ada beberapa strategi pengembangan produk dan pemasaran yang saya terapkan dalam bisnis saya secara nyata, antara lain: 
  1. Membuat varian produk. Bahkan beda ukuran atau volume pun kami ciptakan agar menjangku pasar yang luas.
  2. Melakukan blundling . Ketika produk baru belum dikenal, strategi bundling dengan dipaketkan pada produk lama akan sangat membantu.
  3. Meningkatkan VALUE berupa benefit kepada customer. Biaya atau harga yang harus dibayar oleh customer tetap sama, namun ada benefit lebih yang kita bisa berikan kepada customer. Misalnya: Kita bantu promosi para customer kita agar bisnis mereka berkembang, kita berikan jaminan penggantian produk rusak dan sebagainya.
  4. Menawarkan EXPERIENCE melalui event bagi-bagi hadiah. Sangat penting menjaga ikatan emosional antara kita dengan customer. Event give away atau bagi-bagi hadiah kami lakukan untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk baru.
  5. Memberikan BONUS produk baru kepada para pelanggan yang tercatat memiliki rekaman pembelian yang besar atau meningkat besar. Dengan target pasar yang sama, strategi ini kami rasakan sangat efektif dalam memperkenalkan produk baru pada pasar yang tepat.
  6. Yang paling penting dalam strategi pengembangan produk kami adalah melakukan survey kepada para pelanggan lama perihal produk yang mereka inginkan di masa mendatang. Survey ini akan semakin mudah dan murah ketika komunikasi dan hubungan kita baik kepada customer.
Demikian apa yang bisa saya share kepada teman-teman pelaku UMKM, baik secara teori maupun secara prakteknya, semoga sharing ini bermanfaat. Sukses!

Komentar