Start Up Transportasi : LAPAK PLAT H


Start Up Transportasi : LAPAK PLAT H 

Selama pandemi Covid-19 ini saya manfaatkan waktu longgar untuk ketemu teman-teman UMKM dan Start Up, meskipun tetap harus mengatur waktu yang tepat untuk mereka karena 2 jam pun tidaklah cukup. Sebagaimana hari Minggu ini saya diundang oleh teman-teman Start Up LAPAK PLAT H Semarang yang bergerak platform penyediaan jasa antar (kurir) di wilayah kota Semarang guna membantu para pelaku UMKM dalam menekan biaya ongkir kepada customer.

'Great plan leads you to reach great success' - Inilah alasan saya berada di Markaz Lapak Plat H di Semarang, yaitu untuk membantu teman-teman membuat plan yang achievable dan detail, bahkan masuk ke hal-hal yang sangat esensial. Pokoknya menarik, karena obrolan ini tidak kaku dengan aturan-aturan yang, mau mulai darimana boleh.

REVIEW LOGO

Bagi orang yang mendalami dunia grafologi & feng shui bertahun-tahun, tentunya logo merupakan hal yang sangat esensial karena dari logo terbaca siapa yang dominan dalam bisnis tersebut? Bagaimana karakter bisnis tersebut? Bagaimana gambaran bisnis tersebut akan berjalan? Dan banyak lagi. Bagi saya logo adalah seperti tanda tangan seseorang, yang menggambarkan banyak hal tentang orang tersebut, sebagaimana logo yang menggambarkan perusahaan tersebut.

Yang terpenting apakah semua pemilik usaha 'sreg' atau 'nyaman' dengan logo tersebut dan apakah mereka semua tahu 'latar belakang' dan 'tujuan' dari logo tersebut adalah hal yang terpenting untuk keberlangsungan usaha tersebut di masa mendatang. Saya harus temukan 'visi' & 'passion' dari para pemilik sebelum nanti kita akan berdiskusi mengenai kompetensi yang harus dipersiapkan terkait dengan operasional bisnis tersebut.

REVIEW TANDA TANGAN DENGAN GRAFOLOGI

Tidak kalah menariknya adalah sesi mereview tanda tangan dari semua pendiri dan pemilik usaha tersebut. Saya harus mengidentifikasi karakter, minat dan 'pengalaman' dari pemilik tanda tangan untuk memetakan 'kecocokan' masing-masing personal dalam tugas, fungsi dan team work. Di sinilah yang menarik, ternyata grafologi bisa menjadi 'tool' yang handal dan interaktif untuk mendeteksi itu semua. 

Memang selalu menarik untuk mengenal seseorang dari tanda-tangannya, karena ternyata hal tersebut bisa dilakukan dengan ilmu grafologi yang telah saya kembangkan sendiri selama bertahun-tahun, dan yang paling penting bahwa para pemilik tanda-tangan 'confirmed' dengan semua hasil pembacaan (baca: test) ini. Bahkan hampir dari semuanya merasa heran dan bertanya: "Koq bisa?" HeHe ... Hal ini tidak perlu saya jawab, saya hanya fokus pada mereka bukan fokus pada saya.

REVIEW MANAJEMEN

Konsultasi yang mereka perlukan dari saya hari ini adalah membuat manajemen plan bagi bisnis mereka, mulai dari manajemen SDM, manajemen KEUANGAN, manajemen OPERASIONAL, manajemen PEMASARAN dan manajemen STRATEGIK. Rangkaian konsultasi yang panjang, dan pasti tidak akan selesai dalam hitungan jam melainkan harus berupa pendampingan sekian waktu.

Saya hanya akan meletakkan dasar-dasar pemahaman yang bisa mereka gunakan untuk membuat manajemen plan yang menyeluruh dan detail, sebagai bagian dari strategi bisnis yang harus dimiliki perusahaan. Saya tekankan bahwa hal pertama harus mereka bangun adalah team work yang solid, semua harus paham posisi, fungsi, tugas dan dampaknya bagi yang lain. 

Uji visi, passion dan kompetensi harus diterapkan salam setiap recruitment karyawan, tanpa mengabaikan pembinaan dan pengembangan SDM. Obrolan juga mencakup bagaimana membuat 'struktur organisasi' yang sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan organisasi. 

Selain itu organisasi harus bisa membuat alur kerja yang paling efektif, efisien dan produktif yang pada akhrinya nanti ketika alur kerja ini 'disilangkan' dengan struktur organisasi maka akan mengasilkan job desc, context diagram dan hal-hal yang diperlukan untuk membuat manajemen yang terukur, tersistem dan terlacak.

Obrolan ini pun memakan waktu 3 jam, tapi setidaknya teman-teman LAPAK PLAT H puas dengan konsultasi on the spot ini, dan berharap ke depan saya bisa melihat desain manajemen sistemnya, karena asset ini sangat penting untuk membangun kepercayaan mitra atau bahkan investor. Sukses teman-teman, salam dari RumahUMKM.Net.






Komentar

  1. Terimakasih sudah mampir ke Markaz kami
    InsyaAlloh masukan bapak kami perhatikan dan siap menambal yg masih kurang

    BalasHapus

Posting Komentar