Inovasi Pemasaran di Masa Pandemi.


Inovasi Pemasaran di Masa Pandemi.

Beberapa hari ini saya dihubungi oleh Balai Pelatihan Koperasi & UMKM Propinsi Jawa Tengah untuk memberikan materi 'Inovasi Pemasaran di Masa Pandemi' mengingat pada masa pandemi Covid-19 di tahun 2021 ini jauh lebih lebih banyak UMKM yang terdampak usahanya dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan ada guyonan di sekitar kami: "Tahun 2020 kita masih ber-gaya, namun di tahun 2021 kita benar-benar mati gaya". Guyonan ini menggambarkan bahwa dampak pandemi, terutama kebijakan PPKM-nya, benar-benar telah meremukkan sendi-sendi ekonomi bahkan sampai di level UMKM.  

Menjawab undangan dibawah ini, saya tertarik untuk memberikan materi tentang strategi bertahan dan membangun kesiapan bisnis ke depan bagi para pelaku UMKM yang terdampak oleh pandemi. Pandemi ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk mereview produk-nya, mereview market-nya, mereview brand-nya dan juga mereview bisnis-nya. Kelebihan dari kondisi krisis adalah memunculkan permasalahan-permasalahan sampai pada level yang paling mendasar, atau paling esensial. Sementara itu yang paling penting adalah bagaimana strategi untuk bertahan selama pandemi ini agar bisa tetap eksis selama pandemi.



Undangan Webinar Pada Hari UMKM Nasional 2021.

Undangan menjadi pemateri tunggal di acara webinar pada Hari UMKM Nasional 2021 yang dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah adalah sebuah kehormatan besar bagi RumahUMKM.Net untuk menunjukkan kiprahnya dalam pembinaan UMKM di Jawa Tengah. Dengan pertimbangan ini, pelatihan ini kami sisipkan contoh-contoh kasus riil dari pengalaman saya sebagai pelaku UMKM yang mencoba bertahan dalam situasi pandemi yang tidak kondusif. Pastinya yang saya sampaikan adalah contoh yang telah saya alami, karena saya yakin 'there is nothing fit for all' atau tidak ada sesuatu yang bisa cocok untuk semua karena semua bisnis teman-teman berangkat dari latar belakang yang berbeda-beda, tujuan yang berbeda-beda, konsep bisnis yang berbeda dan hal-hal yang beda. Sangat wajar karena setiap bisnis dituntut untuk menjadi unik atau berbeda dengan yang lain, berbeda dan lebih baik tentunya.

Dalam kegiatan ini, selain Gubernur Jawa Tengah, Kepala Dinas Koperasi & UKM Propinsi Jawa Tengah (Ibu Ema Rachmawati) dan Direktur Utama Jamkrida Jawa Tengah (Bpk Nazir Siregar) juga memberikan sambutannya yang intinya adalah untuk terus menyemangati para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk bisa tetap bertahan selama masa pandemi ini belum berakhir.



Sambutan dari Bpk Nazir Siregar, Dirut Jamkrida Jawa Tengah.


Sambutan dari Ibu Ema Rachmawati, Kepala Dinas Koperasi & UKM Prop Jawa Tengah.


Dialog Gubernur dengan Para Pelaku UMKM Jawa Tengah.

Link video dari kegiatan ini bisa dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=-reyybbShPM

Untuk memahami materi yang saya sampaikan pada kegiatan tersebut, bisa dilihat pada link YouTube di atas. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk para pelaku UMKM, tidak hanya di Jawa Tengah tetapi di Indonesia. Salam sukses dari RumahUMKM.Net! 

Komentar