5 Tips Branding Untuk Usaha Kecil

5 Tips Branding Untuk Usaha Kecil

Memiliki brand yang kuat dan terdefinisi dengan baik sangat penting dalam persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini, terutama di jaman digital ini, baik ketika Anda menjalankan perusahaan sekelas Fortune 500 atau Anda hanya seorang seorang pelaku UMKM. Brand Anda mengkomunikasikan nilai-nilai Anda dan membantu Anda mencapai kehadiran otoritatif di industri Anda. Bahkan pemilik usaha kecil dengan anggaran yang ketat harus mengandalkan branding untuk membangun hubungan yang sehat dengan audiens mereka dan memantapkan diri sebagai pemimpin di bisnisnya. 

Seperti yang didefinisikan Forbes: "Secara sederhana, 'brand' Anda adalah apa yang dipikirkan prospek Anda ketika dia mendengar nama brand Anda disebut. Semua ini mengenai apa yang dipikirkan publik tentang yang diketahuinya atas penawaran nama brand Anda — keduanya faktual dan emosional." Jadi keberhasilan membangun brand adalah keberhasilan anda membangun persepsi yang tepat atas Anda dan bisnis Anda.

Buku 'What Great Brands Do : The Seven Brand-Building Principles that Separate the Best from the Rest, Denise Lee Yohn' mengatakan bahwa brand Anda membantu Anda berkomitmen dan tetap berkomitmen pada ideologi inti Anda. Hal ini sangat membantu untuk menetapkan harapan di lingkungan berbasis cloud saat ini di mana sebagian besar konsumen meneliti perusahaan sebelum memutuskan untuk melakukan bisnis dengan mereka.

Sebelum Anda memiliki personal brand Anda secara efektif, Anda harus memahami siapa Anda dan apa yang ingin Anda capai. Di bawah ini adalah 5 (lima) tips penting untuk membantu Anda membangun jejak Anda di pasar dan mengumpulkan rasa hormat, dukungan, dan loyalitas dari pelanggan Anda — atau pelanggan potensial.

Kembangkan Pernyataan Misi Anda

Pernyataan misi adalah ringkasan satu atau dua kalimat dari tujuan dan nilai sebuah organisasi. Menurut Kamus Bisnis, pernyataan misi Anda harus mencakup 3 (tiga) poin ini: tentukan apa yang penting bagi Anda, tentukan pasar Anda, dan tentukan arah di mana Anda berniat untuk menjalankan perusahaan. Setiap keputusan yang dibuat dalam bisnis harus disaring dan dipertimbangkan melalui pernyataan misi ini.

Menulis pernyataan misi dan slogan Anda adalah proses. Untuk memulai, cukup tulis deskripsi lengkap tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan, mengapa dan bagaimana Anda memulai bisnis, dan kelompok konsumen mana yang ingin Anda layani. Draf pertama Anda kemungkinan akan sangat panjang, tetapi draf akhir Anda harus dengan jelas menentukan apa kepanjangan dari perusahaan Anda dan mencerminkan gaya dan nada pribadi Anda hanya dalam beberapa kalimat. 

Anadarko, salah satu perusahaan eksplorasi minyak dan gas terbesar di dunia, mendefinisikan misi mereka dengan cara ini: "Misi Anadarko adalah untuk memberikan tingkat pengembalian yang kompetitif dan berkelanjutan kepada pemegang saham dengan mengembangkan, mengakuisisi, dan mengeksplorasi sumber daya minyak dan gas yang penting bagi kesehatan dan kesejahteraan dunia."
(Check : deskripsi perusahaan dan pernyataan misi dari perusahaan Fortune 500 teratas ini untuk mendapatkan inspirasi lebih lanjut.)

Membedakan Diri Dari Pesaing

Jika Anda menghabiskan beberapa menit melihat halaman Tentang Anadarko, Anda akan melihat bahwa salah satu nilai yang disombongkan perusahaan adalah fokus mereka pada pelanggan komersial. Meskipun mungkin tampak jelas bahwa perusahaan eksplorasi tidak menargetkan pelanggan gas ritel, Anadarko menyertakan elemen itu dalam pernyataan nilai-nilai mereka sebagai cara untuk mengkonfirmasi komitmen mereka terhadap pernyataan misi. (https://fortune.com/fortune500/2019/anadarko-petroleum/)

Tanyakan pada diri sendiri mengapa basis pelanggan Anda harus memilih untuk membeli dari Anda? Apakah kekayaan pengetahuan anda yang luas? Produk unik yang mengungguli opsi lain? Keterjangkauanmu? Berkomunikasi mengapa perusahaan Anda adalah pilihan terbaik sangat penting. Terutama jika Anda seorang startup atau bisnis kecil, Anda tidak dapat mengharapkan untuk mencapai kesuksesan tanpa membedakan diri dari persaingan serupa, yang sebagian besar mungkin telah berbisnis lebih lama lagi.

Terhubung dengan Logo Brand

Merancang logo yang menarik perhatian dan mewakili bisnis Anda membantu membedakan Anda dari kompetisi. Logo Anda langsung memberi tahu dunia tentang budaya dan nilai perusahaan Anda dan menciptakan pengenalan merek. Pikirkan tentang ikon (logo) media sosial yang paling umum, misalnya. Tanpa perlu satu kata pun, Anda langsung tahu siapa perusahaan dan apa yang mereka lakukan, seperti logo kamera Instagram. Dan siapa pun yang mencari kedai kopi dan melihat lingkaran hijau besar itu akan segera menepi dan menemukan diri mereka di Starbucks — tidak ada nama atau deskripsi perusahaan yang diperlukan. Karena logo Anda sangat penting, jangan melewatkan biaya di area ini. Dan jangan puas dengan sesuatu yang tidak benar-benar Anda cintai karena begitu Anda menerbitkan logo, sangat sulit untuk mengubah brand/merek. Penyedia hosting web Anda mungkin dapat membantu Anda secara langsung atau mereka mungkin merujuk Anda ke tim desain yang berpengalaman. Desainer logo ini akan meminta Anda menjawab kuesioner sehingga mereka dapat memahami bisnis Anda, apa yang menjadi visi, apa bisnis anda dan sebagainya sebelum mereka bisa melakukan rancangan logo untuk bisnis Anda.

Bangun Situs Web Profesional

Ini mungkin tampak jelas, tetapi memiliki situs web profesional untuk bisnis Anda adalah sebuah keharusan. Dan itu tidak harus mengintimidasi atau mahal — jika Anda memilih layanan hosting yang profesional, maka Anda akan memiliki akses ke tim dukungan untuk membantu Anda memilih nama domain yang paling cocok dan mengambil keuntungan penuh dari fitur-fitur yang kuat yang tersedia melalui template WordPress gratis.

Pastikan bahwa situs Anda dioptimalkan untuk akses seluler, karena 80 persen pengguna internet memiliki smartphone dan penggunaan seluler sekarang melebihi komputer desktop untuk waktu yang dihabiskan secara online (51% dibandingkan dengan 42%). Pilihan warna, tata letak elemen, dan konten statis membantu memastikan bahwa situs web Anda beresonansi dengan kepribadian merek Anda.

Berikan Target Audiens Anda Sesuatu yang Bernilai

Sudah bukan merupakan perdebatan lagi bahwa membangun kehadiran media sosial yang kuat sama pentingnya dengan memiliki situs web. Bisnis kecil Max Daniel Designs, toko e-commerce selimut bayi, menggunakan foto profesional dan konten berkualitas tinggi untuk berinteraksi dengan penggemar Facebook dan pengikut Pinterest mereka. Media sosial adalah cara terbaik untuk membangun eksposur brand Anda, terutama ketika Anda menggunakan platform tersebut di mana demografi target Anda menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Karena Max Daniel menjual produk bayi yang cantik, menggunakan Facebook dan Pinterest paling masuk akal. Anda bisa mendapatkan lebih banyak jarak tempuh dari jejaring sosial dengan mempromosikan posting Anda atau membeli iklan dengan audiens yang ditargetkan dengan hati-hati, seperti berdasarkan lokasi, minat, usia, dll. 

Logo Anda membangun pengakuan, tetapi konten Anda memantapkan hubungan dan membantu Anda mengkomunikasikan nilai-nilai inti Anda kepada audiens Anda. Pardot menerbitkan e-book yang menyoroti hubungan yang kuat antara persepsi merek dan konten media sosial. Delapan puluh dua persen responden survei jajak pendapat mengatakan bahwa jenis konten yang diterbitkan berdampak pada persepsi mereka tentang seberapa kredibel perusahaan.

KESIMPULAN

Membangun brand bisnis kecil lebih dari sekadar membuat logo yang menarik—meskipun itu bagian darinya. Ini tentang membangun hubungan dengan audiens Anda sebelum mereka pernah melakukan pembelian. Ini tentang membangun reputasi Anda sebagai pemimpin industri tepercaya. Ini tentang menciptakan peluang untuk berbagi informasi berharga yang meningkatkan kehidupan pengikut Anda dan mengkomunikasikan ideologi inti Anda yang mendorong aktivitas bisnis Anda.

Sumber : 5 Banding Tips For Small Business, Devin Sears
October 13, 2015







Komentar