Laman

  • Home
 photo 1_zpsjvwdvmx6.jpg photo 2_zpsd7drnjzh.jpg photo 3_zpsa9clyu0v.jpg photo 4_zpsdyg669mv.jpg photo 5_zpsbaxqx3fg.jpg photo 6_zpsbo9kq866.jpg

Senin, 19 Juli 2021

Siapkan Dulu Produk, Servis & Pengelolaan Bisnisnya, Baru Bicara Digital Marketing & Ekspor.


Siapkan Dulu Produk, Servis & Pengelolaan Bisnisnya,
Baru Bicara Digital Marketing & Ekspor.

Di setiap kesempatan saya mengisi pembekalan materi "Digital Marketing" dan "UKM Go Ekspor" saya selalu mengingatkan para pelaku usaha tentang kesiapan produk mereka sebelum masuk ke program tersebut di atas. Bahkan tidak cuma produk saja, melainkan bagaimana servis perusahaan terhadap konsumen dan juga bagaimana pelaku usaha UMKM mengelola bisnisnya. 

Mengapa demikian? Dengan adanya teknologi digital saat ini, menemukan calon pembeli atau customer jauh lebih mudah daripada masa-masa sebelumnya, namun seringkali mengelola pembeli atau customer lah yang sebenarnya menjadi permasalahan dari para pelaku UMKM tersebut. Itulah sebabnya masalah marketing yang paling mendasar adalah pada mindset dan perilaku marketing itu sendiri.

Latah Digital Marketing

Perlu sekiranya saya ingatkan lagi kepada para instansi pembina UMKM, bahwa marketing tidak bisa serta merta diwakili oleh digital marketing karena ketrampilan dan pengetahuan marketing dasar (essential) harus dipahami terlebih dahlu oleh para pelaku UMKM ketika mereka akan melakukan digital marketing. Digital marketing adalah tool marketing yang terdiri dari digital content, digital media dan digital support. 

Selain itu seringkali tanpa melakukan seleksi dan kurasi, semua UMKM produsen dijejali dengan pelatihan digital marketing tanpa seleksi dan kurasi produk, servis dan pengelolaan bisnisnya. Digital marketing diibaratkan gerbang menuju "hutan belantara" yang liar dan ganas, dimana ancaman persaingan bebas dan saling menjatuhkan bisa saja terjadi sewaktu-waktu terlebih bagi produk yang belum siap, bukannya mendapatkan repeat order justru menuai komplain dan tentunya komplain ini lebih mudah menyebar dan mudah ditemukan di dunia maya. 

UMKM produsen perlu juga diajarkan bagaimana bekerjasama dengan para expert atau ahli digital marketing yang biasa memasarkan produk melalui media digital, dengan tujuan para UMKM produsen bisa fokus pada produksi, kualitas produk, kapasitas dan konsistensi supply sementara pemasaran telah dilakukan oleh mitra marketing digital tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa UMKM skala mikro kecil masih sering ditemui praktek-praktek one man show dimana pelaku usaha melakukan semua fungsi kerja di bisnis tersebut. Jika base usahanya adalah produksi seharusnya pelaku usaha adalah expert di bidang produksi, yang dia butuhkan adalah mitra pemasaran. 

Tentunya banyak mitra pemasaran digital di luar sana, selama produk yang dihasilkan baru, unik, beda dan lebih baik dari pesaing maka peluang untuk mendapatkan mitra pemasaran cukup terbuka. Toh saat sekarang entrepreneuship berkembang pesat, bidang pemasaran inilah yang banyak mendapatkan pilihan untuk memulai usaha. Banyak orang ingin mulai usaha dengan berdagang, berdagang dengan fasilitas digital.

Dari semua apa yang saya sampaikan di atas, kembali saya mengingatkan bahwa sebelum masuk ke digital marketing maupun UKM Go Ekspor pastikan produk, servis dan pengelolaan usahanya siap dan terpenuhi. Sukses!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar