Laman

  • Home
 photo 1_zpsjvwdvmx6.jpg photo 2_zpsd7drnjzh.jpg photo 3_zpsa9clyu0v.jpg photo 4_zpsdyg669mv.jpg photo 5_zpsbaxqx3fg.jpg photo 6_zpsbo9kq866.jpg

Rabu, 21 Juli 2021

Ketrampilan Komunikasi Dasar

Pelatihan Ketrampilan Komunikasi Bersama PUMP Belanda.

Dari perjalanan pembinaan UMKM di Jawa Tengah, ada satu permasalahan yang sebenarnya kita sudah saling memahami namun justru jarang sekali dimunculkan sebagai materi pembekalan kepada para pelaku UMKM. Padahal ketrampilan komunikasi sangat diperlukan dalam membuat presentasi hingga menyampaikannya dan menjawab pertanyaan lanjutan. Ini mungkin terdengar seperti tugas yang menakutkan bagi para pelaku UMKM yang belum berpengalaman berbicara di depan orang asing, yang membuat mereka akan gugup atau bahkan hilang semua pesan yang akan disampaikan kepada audiens karena stress duluan.

Jika para pelaku UMKM ingin membuat dampak dan membangun eksistensi dalam dalam kegiatan profesional, mereka perlu mengembangkan 4 (empat) keterampilan komunikasi dasar, yaitu: berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca.

Cara berkomunikasi dengan orang lain dan menyajikan ide-ide Anda membuat kesan abadi pada orang-orang. Bagaimana meringkas poin-poin yang akan disampaikan? Atau justru akhirnya menulis bagian panjang untuk menyampaikan pesan? 

Tidak mudah untuk menulis yang ringkas namun jelas, mendengarkan tanpa terganggu atau berbicara dengan menarik. Tetapi dengan latihan dan dedikasi, para pelaku UMKM akan biasa menguasai ketrampilan komunikasi ini. Mari kita jelajahi dasar-dasar komunikasi dan lihat masing-masing dari 4 (empat) keterampilan komunikasi dasar ini.

Dasar-Dasar Komunikasi

Kata-kata memegang kekuatan untuk memikat, menginspirasi, dan memotivasi orang lain. Jika kita dapat mengkomunikasikan ide-ide dengan jelas dan ringkas, orang lain akan mempertahankan makna dengan baik dan memahami pesan kita.

Sering kali, kita memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin kita sampaikan, tetapi ketika saatnya untuk memasukkannya ke dalam kata-kata, ide itu tersesat dalam bahasa. Ini benar, bahkan ketika kita mendengarkan seseorang saat mereka berbicara. Kita tersesat dalam pikiran kita sendiri dan akhirnya tidak memperhatikan.

Rentang perhatian kita hanya 8 detik,  hal ini adalah bukti bahwa kita perlu bekerja lebih keras lagi untuk memahami hal-hal yang paling mendasar. Membangun keterampilan komunikasi dasar akan membantu Anda mengatasi hambatan komunikasi seperti bahasa yang kompleks, perspektif dan gangguan yang berbeda.

4 Keterampilan Komunikasi Dasar

Keterampilan komunikasi interpersonal dasar tidak hanya tentang berbicara secara efektif. Cara menulis, kemampuan membaca dan keterampilan mendengarkan adalah sama pentingnya. Ada lebih dari satu cara untuk menyampaikan niat anda.

Berikut adalah 4 (empat) keterampilan komunikasi dasar yang perlu kita bedah dari dalam diri kita:

Berbicara

Segala sesuatu mulai dari kata-kata, bahasa tubuh, nada, dan tempo dapat memengaruhi ucapan kita. Misalnya, ketika kita berbicara dengan rekan kerja, kita harus mengadopsi nada yang sopan dan ramah. Berbicara bukan hanya membuang kalimat, kita harus berhati-hati ketika kita menambahkan intonasi dan stres. Misalnya, kita akan menggunakan nada yang berbeda untuk mengajukan pertanyaan dan menekankan sesuatu. Belajar cara berbicara secara efektif akan membantu kita menyampaikan makna dan niat tanpa meninggalkan ruang untuk keraguan.

Tulisan

Dalam bisnis, Kita mungkin harus menulis setiap hari. Hal ini bisa mencakup presentasi, laporan, risalah rapat, atau memo untuk karyawan kita. Sulit untuk melalui halaman demi halaman penulisan. Lebih baik memasukkan ide-ide kunci tepat di awal komunikasi apa pun. Mengembangkan keterampilan menulis akan membantu kita menulis secara ringkas, tanpa harus memberikan terlalu banyak penjelasan. Ini tidak hanya akan menghemat waktu, tetapi juga akan menjelaskan tujuan dengan segera.

Mendengarkan

Mendengarkan mungkin tampak seperti keterampilan yang mudah diperoleh, tetapi itu adalah salah satu yang paling sulit. Komunikasi adalah jalan dua arah; ini adalah dialog antara dua pihak atau lebih. Untuk menjadi komunikator yang baik, Kita perlu memberi orang lain waktu dan ruang untuk mengkomunikasikan pemikiran mereka. Jika mereka memiliki sesuatu untuk dibicarakan, dengarkan mereka dengan hati-hati dan proses apa yang telah mereka katakan. Jangan hanya mendengarkan, tapi mendengarkan dengan maksud. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya. Ini akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan.

Membaca

Kita tidak harus menjadi pembaca yang rajin dan menyelesaikan volume tebal dalam satu malam. Tetapi kita harus dapat membaca laporan bisnis yang kompleks dan dokumen penting yang terkait dengan pekerjaan. Ini bukan hanya tentang kata-kata skimming tetapi juga membaca di antara garis dan menentukan niat penulis. Jika kita memiliki terlalu banyak untuk dibaca di tempat kerja, mengembangkan kebiasaan membaca yang sehat akan membantu tetap berada di atas segalanya.

Kita hidup di dunia yang kompetitif di mana setiap orang bekerja keras untuk menjadi yang terbaik dalam apa yang mereka lakukan. Jadi, kita harus membangun personal brand kita untuk menonjol di keramaian agar kita lebih unggul dalam persaingan. Semoga sharing singkat ini bisa bermanfaat.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar