Laman

  • Home
 photo 1_zpsjvwdvmx6.jpg photo 2_zpsd7drnjzh.jpg photo 3_zpsa9clyu0v.jpg photo 4_zpsdyg669mv.jpg photo 5_zpsbaxqx3fg.jpg photo 6_zpsbo9kq866.jpg

Sabtu, 17 Juli 2021

Apa Sih Digital Branding?


Apa Sih Digital Branding?

Apa Sih Digital Branding?

Tahun lalu iseng-iseng baca tulisan dari Ms Michelle Robertson, tentang digital branding ketika melihat istilah digital branding mencuat naik, penasaran saja apakah pemikiriannya sama dengan apa yang saya pikirkan saat ini tentang digital branding.

Sebuah brand tanpa kehadiran digital ibarat mobil tanpa ban. Ini tidak akan berhasil dengan cepat. Meskipun pencitraan merek "analog" yang kuno belum berjalan mulus, bisnis saat ini membutuhkan beragam alat pencitraan merek digital untuk memperkuat kehadiran mereka di dunia nyata.
Mulailah strategi merek Anda sendiri dengan panduan penting kami untuk pencitraan merek digital. Kami akan menjelajahi semuanya mulai dari media sosial hingga SEO dan pemberi pengaruh hingga email sehingga Anda dapat memastikan kampanye merek digital Anda mencentang semua kotak yang tepat.

Semua yang perlu Anda ketahui tentang branding digital

Apa itu branding?
Apa itu branding digital?
Pencitraan merek digital vs. pemasaran digital
Apa yang bisa dilakukan digital branding?

9 hal penting dari merek digital yang sukses:
  • Logo
  • Situs web
  • Pesan merek
  • SEO
  • Media sosial
  • Iklan online
  • Pemasaran konten
  • Pemasaran influencer
Kami baru saja memberikan 3-B ke arah Anda: merek, pencitraan merek, dan identitas merek. Mereka semua terkait tetapi tidak persis sama.

Merek Anda adalah cara dunia luar memandang perusahaan Anda.

Branding Anda adalah proses merancang dan membangun merek yang unik dan mudah diingat. Identitas merek Anda adalah sekumpulan elemen kreatif yang dimasukkan ke dalam proses pencitraan merek — seperti situs web, media sosial, dan logo Anda — yang menyiarkan pesan, nilai, dan tujuan Anda.

Ke- 3B ini semuanya harus bekerja sama. Anda tidak memiliki merek nyata tanpa identitas merek, dan Anda tidak akan pernah memiliki merek sampai Anda memulai pencitraan merek.

Mulailah mendefinisikan merek Anda dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:
  • Siapa Anda sebagai perusahaan?
  • Apa yang membuat Anda unik dari merek lain?
  • Apa pernyataan misi merek Anda? Apa yang memberinya tujuan?
  • Apa nilai-nilai Anda?
  • Siapa pelanggan ideal Anda?
  • Mengetahui dan mendefinisikan dengan tepat siapa Anda adalah langkah pertama dalam menciptakan merek yang bermakna.
Apa itu branding digital?

Pencitraan merek digital adalah cara Anda merancang dan membangun merek Anda secara online melalui situs web, aplikasi, media sosial, video, dan lainnya. Branding digital terdiri dari kombinasi pemasaran digital dan branding internet untuk mengembangkan merek secara online.

Mengapa kehadiran merek digital penting? Nah, lihat dari ponsel yang mungkin Anda gunakan… Kita semua menggunakan perangkat kita secara konstan. Sebagian besar dari kita terlibat dengan dunia yang lebih besar melalui lensa internet, yang menjadikannya penting bagi merek untuk menjangkau pelanggan target dan mengubah pengguna satu kali menjadi loyalis jangka panjang.

Pencitraan merek digital memungkinkan perusahaan mana pun untuk membuat kehadirannya dikenal di mana saja — bahkan di telapak tangan Anda. Lagi pula, jika ibu saya memiliki Instagram, mengapa merek sepatu favorit saya tidak?

Pencitraan Merek Digital vs. Pemasaran Digital

Apa perbedaan antara pencitraan merek digital dan pemasaran digital? Sementara branding digital berfokus pada pemberian nilai dan loyalitas yang menginspirasi serta pengenalan merek, pemasaran digital adalah tentang menemukan pelanggan baru dan menghasilkan penjualan.

Iklan terus-menerus dilemparkan kepada Anda secara online, meskipun Anda tidak menyadarinya. Itulah pemasaran digital yang terbaik. Iklan mungkin datang dalam bentuk seleb Instagram yang menggembar-gemborkan riasan favorit mereka atau kupon pop-up di situs web.

Tidak seperti iklan tradisional, pencitraan merek digital tidak berbicara kepada Anda; itu berusaha untuk terlibat dengan Anda. Ini lebih tentang membangun identitas online dan perasaan positif, daripada menginspirasi orang untuk melakukan pembelian satu kali. Pelajari semua tentang berbagai jenis pemasaran digital di sini.

Manfaat Branding Digital

Kehadiran digital yang kuat membuat pelanggan merasa terlibat secara pribadi dengan perusahaan atau produk. Pencitraan merek yang dibuat dengan baik membina hubungan dengan pengguna dan memungkinkan Anda untuk berbicara langsung dengan konsumen melalui interaksi sehari-hari pada platform yang sudah mereka gunakan.

Targetkan audiens Anda

Kehadiran online perusahaan Anda adalah mode perdana yang digunakan oleh sebagian besar calon pelanggan untuk mempelajari dan berinteraksi dengan merek Anda. Pencitraan merek digital memungkinkan Anda membidik audiens Anda dengan menargetkan grup pelanggan tertentu melalui platform online yang paling sering mereka gunakan: Twitter, Facebook, Instagram, dan lainnya.

Ambil contoh perusahaan seperti Outdoor Voices, merek pakaian olahraga. Dalam hitungan tahun, ia mengembangkan hashtag media sosialnya sendiri, #DoingThings, yang diberi tag pelanggan saat mereka mengenakan pakaiannya dan mewujudkan gaya hidupnya. Saat ini, lebih dari 155.000 posting ditandai dengan #DoingThings di Instagram saja.

#DoingThings adalah perbedaan antara konsumsi buta suatu produk dan merasa seperti Anda adalah bagian dari suatu kelompok atau gaya hidup. Saat Anda membeli legging atau bra olahraga dari mereka, Anda membeli tiket masuk ke klub digital besar. Itu jauh lebih menarik bagi pelanggan daripada sekadar membeli pakaian olahraga apa pun.

Terhubung dengan pelanggan

Pencitraan merek digital yang sukses membuat pelanggan merasa seperti Anda berbicara langsung kepada mereka, terutama karena Anda terlibat di platform yang sama yang mereka gunakan untuk berinteraksi dengan teman dan anggota keluarga. Jadilah pribadi dan bermakna: begitulah cara Anda mengubah pelanggan yang pernah menjadi pelanggan merek seumur hidup.

Pada intinya, branding digital memfasilitasi komunikasi antara perusahaan dan pelanggannya. Ini bisa sesederhana mempermudah pelanggan untuk menemukan informasi tentang perusahaan Anda di situs web Anda, atau membantu mereka dengan cepat mendapatkan layanan pelanggan yang hebat. Pada akhirnya, merek yang tidak dapat ditelusuri secara online secara praktis tidak ada dalam benak konsumen kontemporer.

Sebarkan beritanya — cepat!

Twitter Sandwich Ayam Popeyes
Gambar melalui Twitter
Ada juga manfaat tersier dari pencitraan merek digital, seperti potensi untuk "menjadi viral" atau menjangkau khalayak massal dalam waktu singkat dengan sedikit biaya atau tanpa biaya.

Ambil sandwich ayam Popeye yang sekarang terkenal. Hanya dalam beberapa hari setelah merilis sandwich, produk tersebut menerima sekitar $ 23 juta dalam iklan online gratis hanya karena begitu banyak orang — reporter, penyiar berita, pengguna Twitter — membagikan, memposting, dan menyukainya. Sekarang sandwich terjual habis di banyak restoran, memberikan pengaruh dan iklan yang lebih besar untuk produk tersebut. Ini adalah jenis eksposur yang tidak bisa dibeli dengan uang.

9 komponen branding digital yang sukses

1. Logo

Logo adalah gambar tunggal yang harus dikaitkan pertama dan terutama oleh pelanggan dengan merek Anda. Pikirkan Disney dan Anda melihat telinga tikus. Pikirkan Apple dan Anda langsung membayangkan buah yang menyala.

Logo harus sesuai dengan kepribadian dan nilai bisnis, industri, dan audiens target Anda. Meskipun Anda tidak ingin terlalu mencolok, desain logo Anda harus cukup berkesan untuk meninggalkan kesan, tetapi tidak terlalu rumit sehingga penonton tidak akan mengingatnya di tengah rentetan gambar harian yang mereka serap secara online.

Mulailah dengan mendefinisikan merek Anda: Apakah Anda modern dan minimalis? Retro dan vintage? Menyenangkan dan unik? Apakah Anda membayangkan logo wordmark hanya dengan teks atau sesuatu yang lebih berbasis gambar atau ikon?

Lihatlah logo di industri Anda untuk melihat apa yang dilakukan pesaing Anda. Dan jangan lupa tentang teori warna: Warna logo yang tepat dapat membuat Anda menonjol dan mengatur suasana hati. Skema warna ini harus menjadi standar di seluruh materi merek Anda.

Logo harus terlihat bagus dalam semua ukuran di semua bahan merek Anda: kop surat, kartu nama, papan iklan. Tapi ingat: platform digital membutuhkan ukuran dan gambar tertentu. Anda harus mendesain logo yang berfungsi baik pada gambar profil, foto sampul, header email, tombol aplikasi, dan lainnya.

Logo adalah perhentian pertama Anda dalam perjalanan menuju merek digital yang hebat. Namun jangan khawatir, kami memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mulai memimpikan logo yang sempurna di panduan kami tentang cara mendesain logo.

2. Situs web

Jika logo Anda adalah tanda untuk bisnis Anda, situs web Anda adalah lokasi etalase digital Anda. Ketika pelanggan ingin mengetahui lokasi fisik Anda, jam operasi Anda, daftar produk atau informasi kontak Anda, mereka tidak akan menggali melalui buku telepon. Mereka akan Google situs web Anda, tempat mereka berharap menemukan informasi dengan cepat dan mudah.

Situs web yang efektif itu sederhana dan mudah dinavigasi. Sederhanakan desain dan pertahankan konsistensi merek dengan skema warna terbatas yang cocok atau melengkapi logo Anda. Tonjolkan nama merek dan detail penting Anda dengan font tebal dan dapat dibaca. Buat halaman tetap ringkas dan langsung ke tujuan, dan jangan mengganggu pengguna dengan TMI. Cara tercepat untuk membuat calon pelanggan berhenti mengklik adalah dengan mengubur info penting.
Situs web Anda juga harus memiliki struktur tautan "yang dapat dirayapi", yang berarti manusia dan mesin telusur dapat menavigasi ke semua informasi yang disajikan di situs web dengan mudah. Dengan cara yang sama, konten ini harus dapat diindeks dengan mudah oleh mesin telusur (lebih lanjut tentang itu nanti) sehingga konten Anda tidak tersesat di tumpukan lumpur internet.

Terakhir, pastikan situs web Anda berfungsi. Periksa setiap tautan, setiap tombol, setiap gambar… Kesalahan terlihat amatir.

Situs web sangat penting untuk kesuksesan merek, tetapi kami menyediakan panduan utama untuk desain web untuk Anda.

3. Pesan merek

Pesan merek adalah apa yang perusahaan Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya. Jika saya membuka kedai sarapan dengan pancake blueberry terbaik di kota, sebaiknya pastikan saya menyebutkannya dalam pesan merek saya. Pesan tersebut harus mencerminkan apa yang dilakukan dan diyakini oleh perusahaan Anda, dan berbicara secara ringkas tentang kebutuhan dan keinginan langsung pelanggan Anda.

Pesan merek yang sukses harus menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

Apa yang kamu kerjakan?
Apa yang Anda perjuangkan?
Mengapa Anda penting?

Kentang Goreng Dunia Arbys Warcraft

Arby's membuatnya tetap ringan, ceria, dan relevan dengan budaya pop di Twitter. Gambar melalui Twitter.
Jika saya adalah kafe pancake itu, saya ingin pesan merek saya menyampaikan bahwa saya membuat pancake blueberry lebih baik dari siapa pun, bahwa saya mendukung makanan sarapan yang lezat dan itu penting karena tidak ada tempat yang lebih nyaman dan ramah di kota!

Nada suara Anda juga harus selaras dengan perusahaan Anda dan layanan yang ditawarkannya. Jual lip gloss? Jaga hal-hal menyenangkan dan modis. Jual peralatan medis? Tenangkan diri Anda dan bersikaplah profesional. Selalu lakukan yang terbaik untuk fokus pada kepositifan dan solusi daripada poin rasa sakit.

Pesan Anda akan terdengar sama di semua tempat. Teks yang muncul dalam penelusuran Google di perusahaan Anda harus cocok dengan merek yang berbicara di situs web Anda. Demikian pula, perwakilan layanan pelanggan Anda harus berbicara seperti yang Anda lakukan di Instagram dan Twitter.

Pastikan pesan merek Anda berbicara kepada audiens online. Singkatnya: Jika merek Anda ada di internet, merek itu harus bertindak seperti yang dilakukan internet. Internet memiliki mode komunikasi uniknya sendiri (mis. Meme, GIF, slang) yang harus digunakan perusahaan Anda di media sosial jika sesuai.

Misalnya, pada #InternationalDogDay FedEx memposting foto pembawa surat yang berpose dengan anak anjing, cara yang menyenangkan untuk berinteraksi di internet sambil menumbangkan kiasan tukang pos vs. anjing. Poin bonus: Mereka bahkan menggunakan emoji.

Pesan Anda juga harus berbeda menurut platform. Twitter adalah tentang menanggapi peristiwa terkini secara real-time, jadi halaman Twitter merek yang sukses juga akan bereaksi terhadapnya.

Ketika Katedral Notre Dame terbakar pada April 2019, CEO Apple Tim Cook menanggapi di Twitter dengan berjanji menyumbang untuk pembangunan kembali.

Itu adalah contoh sempurna dari keterlibatan online dengan niat dan makna.

4. SEO

SEO (pengoptimalan mesin telusur) memastikan merek Anda dan penawarannya mudah ditemukan di mesin telusur, salah satu cara utama pelanggan mencari layanan Anda. Mulailah dengan mendesain situs web Anda dengan mempertimbangkan SEO. Tempat yang bagus untuk memulai adalah Pedoman Webmaster Google, yang menjelaskan cara Google mengindeks dan memberi peringkat situs. Inilah tip utama mereka:
  • Pastikan setiap halaman web dapat dijangkau dengan link dari halaman lain yang dapat ditemukan.
  • Batasi jumlah link pada halaman paling banyak seribu.
  • Rancang laman terutama untuk pengguna, bukan mesin telusur.
  • Pertimbangkan apa yang membuat situs web Anda berguna dan menarik.
  • Buat situs web Anda menonjol dari yang lain dengan memberikan informasi nilai tambah.
  • Pantau terus situs Anda untuk menemukan tautan rusak dan peretasan.
Label Bir Putri Duyung Hijau

Layanan, seperti SEMTool yang digambarkan di atas, dapat membantu Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO. Desain oleh Emmanuel®.
Gunakan alat pencarian kata kunci seperti Ubersuggest, Ahrefs atau Keywordtool untuk menemukan kata-kata yang sering dicari yang dapat Anda gunakan dalam salinan Anda dan untuk memastikan skema Anda (kode situs web yang mengidentifikasi data pada halaman Anda) dan meta tag (potongan teks yang menggambarkan halaman konten) dioptimalkan untuk mesin pencari.

Pastikan untuk menyertakan sejumlah besar tautan aktif melalui konten Anda — ke laman internal Anda sendiri dan juga laman eksternal — sehingga situs web Anda akan tampak lebih kuat dan lebih tinggi dalam hasil penelusuran. Mesin pencari seperti Google memperhitungkan semua ini, dan situs web yang jelek adalah cara yang pasti untuk tersesat di internet.

5. Media sosial

Facebook, Twitter, Snapchat: hampir semua orang, termasuk nenek Anda yang berusia 85 tahun, memiliki semacam kehadiran di media sosial. Jika pelanggan Anda ada di sana, merek Anda juga harus demikian.

Sesuaikan setiap postingan dengan platform tempat postingan tersebut muncul. Konten Snapchat cenderung menyenangkan, hidup, dan ditargetkan untuk orang yang lebih muda. Posting Instagram digerakkan oleh gambar dan dirancang untuk mendorong suka dan komentar. Twitter bekerja secara real-time dan menanggapi peristiwa dan berita terkini. Facebook adalah segalanya dengan penekanan pada konten di balik layar tentang cara kerja merek Anda.

Saat menggunakan media sosial, berpikirlah seperti influencer akan: Menjadwalkan postingan untuk waktu dan tanggal tertentu, terlibat dengan pemberi komentar, dan menanggapi pesan langsung. Dan jangan lupa untuk melacak kemajuan Anda. Alat seperti Hootsuite dapat membantu Anda merampingkan semua platform dan melacak keterlibatan, sementara Google Analytics akan menunjukkan kepada Anda halaman mana yang mendorong tindakan pelanggan dan mana yang tertinggal. Jika Anda ingin menjual langsung di platform media sosial, alat seperti Shopify dapat menghubungkan calon pelanggan langsung ke keranjang belanja situs web Anda.

Tidak yakin harus mulai dari mana? Kami mengumpulkan beberapa alat pemasaran digital favorit kami yang akan membantu memulai permainan media sosial Anda.

6. Pemasaran Email

Telepon, email, komputer

Kampanye email massal, seperti di atas, harus mudah dibaca dan menyertakan banyak foto. Yang ini mendapat bonus karena memiliki ajakan bertindak. Desain oleh kreatv
Dengan semua alat mencolok yang tersedia untuk memasarkan merek Anda secara digital, lebih mudah melupakan email kuno yang bagus. Mailer online adalah cara mudah untuk menjangkau pelanggan, terutama mereka yang tidak menggunakan media sosial.

Mulailah dengan membangun daftar email bertarget yang kuat dan berisi "prospek" yang kemungkinan besar akan diubah menjadi pengunjung web dan pelanggan. Anda bisa mendapatkan pendaftaran ini dari iklan atau mengumpulkannya langsung di situs web Anda dengan menyertakan munculan dengan pendaftaran buletin di halaman arahan.

Sebelum Anda mengirim email massal, identifikasi dengan jelas apa yang ingin Anda capai dengannya: Meningkatkan keterlibatan? Memelihara hubungan yang sudah ada? Mengumumkan produk baru? Tujuan Anda harus mengarahkan semuanya mulai dari baris subjek hingga pemilihan gambar Anda.

Targetkan email Anda ke segmen pelanggan tertentu dan tulis dengan gaya hidup dan menarik yang sesuai dengan merek Anda. Sertakan foto, video, dan informasi berguna yang berupaya tidak hanya untuk menjual produk Anda, tetapi secara aktif melibatkan pelanggan dalam gaya hidup merek Anda.

Jadwalkan email massal dengan cermat. Mengirim terlalu banyak surat secara berurutan sering kali mengakibatkan tiket kelas satu ke tumpukan surat sampah.

Untuk membantu merancang email Anda, lihat tip penting desain email kami.

7. Iklan Online

Iklan online menggunakan kekuatan web untuk memasarkan produk Anda. Ini tidak sesederhana spanduk di halaman web lagi. Saat ini, ada banyak cara untuk beriklan secara digital. Berikut adalah beberapa cara paling umum:

Iklan mesin telusur: Iklan ini menaikkan situs web Anda ke bagian atas halaman di situs seperti Google sehingga pelanggan melihat produk atau merek Anda terlebih dahulu. Iklan bergambar: Iklan ini adalah spanduk yang dapat diklik yang akan Anda temukan di laman web di seluruh internet.

Iklan media sosial: Facebook, Twitter dan Instagram semuanya menawarkan berbagai cara untuk "mensponsori" konten. Anda dapat membayar untuk bermain, artinya postingan Anda akan secara otomatis muncul di feed pelanggan potensial, atau Anda dapat menyewa influencer untuk memposting tentang produk Anda untuk Anda.

Iklan umpan seluler dan umpan desktop: Iklan ini sering muncul sebagai "konten yang disarankan" di umpan seluler dan desktop pengguna. Mereka memiliki nuansa yang lebih alami, karena terintegrasi langsung ke dalam umpan dan berbaur dengan konten tidak berbayar.

Iklan bertarget ulang: Pernahkah Anda menelusuri sesuatu hanya untuk melihat iklannya sepuluh menit kemudian? Maka Anda tahu secara langsung kekuatan iklan bertarget ulang. Ini menjangkau pelanggan yang telah menyatakan minat pada bisnis atau layanan Anda, baik dengan Googling, mengunjungi situs web Anda, atau menyukai halaman Facebook Anda.

8. Pemasaran Konten

Saat ini, tidak cukup hanya dengan mengiklankan produk Anda. Untuk menciptakan basis pelanggan yang setia dan kembali, keterlibatan adalah yang terpenting. Di situlah pemasaran konten berperan. Anggap saja sebagai sisi kemanusiaan dari merek Anda. Jika pemasaran digital menekankan penjualan, pemasaran konten berfokus pada keterlibatan melalui foto, video, playlist Spotify, dan postingan blog (seperti yang Anda baca sekarang!).

Pemasaran konten yang sukses harus merangsang minat pada merek Anda dan membuat pelanggan bersemangat tentang produk dan pesan Anda. Ini membantu membangun kepercayaan antara merek dan pengguna, dan berupaya membangun hubungan yang langgeng dan bermanfaat. Sementara pemasaran digital memperkenalkan merek Anda kepada pelanggan, pemasaran konten yang sukses harus membuat mereka tetap tertarik, mengubah pengguna satu kali menjadi penggemar setia.

9. Pemasaran Influencer

Blogger, seperti di atas, dapat membantu Anda memasarkan produk dengan sentuhan manusia. Desain situs web oleh Hitron.

Pemasaran influencer adalah bentuk pemasaran yang menggunakan orang-orang dengan pengikut media sosial yang besar untuk memposting tentang merek Anda. Alih-alih memasarkan langsung ke sekelompok konsumen, Anda meletakkan pesan merek Anda di tangan bintang media sosial yang akan menyebarkan berita untuk Anda. Menurut sebuah penelitian, lebih dari 80 persen pemasar global meluncurkan kampanye influencer pada tahun 2015.

Prosesnya cukup mudah: Pasangkan dengan influencer dan bayar mereka sejumlah biaya atau komisi untuk membicarakan merek Anda kepada pengikut mereka. Setelah membangun basis pengikut dan kepercayaan dari waktu ke waktu, sebagian besar influencer dipercaya oleh jaringan mereka dan dapat menanamkan keterkaitan dengan merek. Ini bukan ilmu roket. Pemasaran terasa lebih organik ketika berada di tangan orang sungguhan (bahkan jika orang itu dibayar untuk membicarakan produk). Influencer biasanya juga membuat konten mereka sendiri, jadi postingan bersponsor akan selaras dengan tampilan dan nuansa halaman mereka yang sudah ada sebelumnya — plus, ini akan mengurangi pekerjaan tim pemasaran Anda.

Ada beberapa kendala yang harus dihindari. Influencer yang Anda pilih harus selaras dengan gaya hidup yang dipromosikan merek Anda. Anda tidak ingin menyewa influencer kebugaran untuk menjual campuran brownies Anda. Karena influencer adalah manusia, mereka mungkin berbagi pandangan yang tidak sesuai dengan etos merek Anda, yang dapat merusak reputasi kedua belah pihak. Jadi pilihlah dengan hati-hati, dan jelaskan dengan jelas cara-cara yang dapat diterima untuk membicarakan produk Anda.

Anda dapat mencari influencer langsung di platform media sosial, atau menggunakan platform pemasaran influencer (seperti Upfluence, Tribe Group, atau Famebit) untuk mengidentifikasi bintang media sosial yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga tulisan di atas bisa membantu memahami digital branding. Terima kasih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar