The Essential Marketing & Marketing Plan

 

The Essential Marketing & Marketing Plan

Banyak yang masih salah kaprah dalam memahami marketing, terutama dari pihak instansi pemerintah dalam melakukan pembinaan UMKM. Sebagian dari mereka beranggapan bahwa marketing yang harus diajarkan kepada UMKM adalah marketing digital.

Sebenarnya dalam digital marketing dan digital content kita belajar mengenai tool marketing, sementara untuk skill marketing akan banyak dibedah dalam essential marketing. Dalam essential marketing inipun kita akan belajar membuat rencana pemasaran (marketing plan) sangat penting dalam memberikan fokus pada arah marketing perusahaan.


Pada pelatihan essential marketing ini para pelaku UMKM akan mulai dipahamkan tentang arti dan tujuan marketing, bagaimana melakukan marketing dengan benar dan terstruktur mulai dari mengenali dan mengidentifikasi pasar dengan teknik survey pasar dan STP (segementasi, targeting dan positioning), memahami kebutuhan pasar dengan melakukan komunikasi dan edukasi pasar serta memuaskan kebutuhan pelanggan dengan strategi pemasaran yang benar melalui proses analisa dan penentuan strategi pemasaran.

Berbagai tips dan pemahaman tentang pemasaran akan banyak dibedah dalam essential marketing agar para pelaku UMKM benar-benar memahami pemasaran dari awal dan akhirnya. Untuk kebutuhan selanjutnya, pelaku UMKM akan dibekali dengan digital content dan marketing digital.





Komentar