Laman

  • Home
 photo 1_zpsjvwdvmx6.jpg photo 2_zpsd7drnjzh.jpg photo 3_zpsa9clyu0v.jpg photo 4_zpsdyg669mv.jpg photo 5_zpsbaxqx3fg.jpg photo 6_zpsbo9kq866.jpg

Selasa, 27 April 2021

Brand is Action

Brand is Action

Beberapa waktu berselang saya diminta untuk mengisi sebuah seminar daring oleh sebuah perguruan tinggi di wilayah Semarang dengan materi branding untuk UMKM. Satu permintaan dari rektor adalah materi yang benar-benar masih baru dalam branding, sebagaimana pemikiran saya yang telah lama berkecimpung dalam pembinaan UMKM di Jawa Tengah.



Segera terbersit uneg-uneg saya terhadap pemahaman branding bagi para pelaku UMKM, dimana edukasi yang sangate heterogen telah membombardir para pelaku UMKM baik dari sisi konten maupun pemateri-nya, yang pada akhirnya menyebabkan edukasi brading ini justru kontra produktif. Hal ini sebabkan karena edukasi ini tidak benar-benar mempertimbangkan latar belakang pendidikan para pelaku UMKM dan juga kesibukan mereka dalam mempertahankan bisnis mereka.

Jangan paksa mereka "melongok" lagi keluar jendela saat mereka sedang mengerjakan hal-hal penting dalam rumahnya. Biarkan mereka membangun internal bisnisnya terlebih dahulu, dan kegiatan branding pun harus melekat sejak dalam pembenahan internal mereka.

Brand is action adalah pemahaman strategi branding yang paling praktis, yang melekat langsung pada setiap tahapan bisnis dari UMKM, sejak tahap GOOD BUSINESS, GOOD PACKAGE, GOOD SERVICE sampai dengan GOOD BUSINESS. Semua pondasi brand secara praktis telah diletakkan pada setiap tahapan bisnis tersebut.

Video yang saya lampirkan di atas bisa sedikit menggambarkan pemahaman tentan brand is acion, untuk pemahaman lebih lanjut bisa layangkan permintaan pelatihan ke WA 082134823929.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar