Bisnis UMKM: Menyikapi Persaingan secara Positif.

Bisnis UMKM: Menyikapi Persaingan secara Positif.
Kami masih sering melihat dan mendengar para pelaku UMKM mengungkapkan rasa sungkan atau merasa "alergi" dengan kata persaingan, sementara sudah jelas bahwa persaingan dalam bisnis sulit dihindari, terutama dalam bisnis online. Sebenarnya hal ini hanyalah masalah cara memandang dan cara berpikir atas persaingan tersebut.

Sebenarnya persaingan berdampak sehat untuk bisnis karena memaksa Anda untuk berinovasi, tetap unggul. Namun di sisi lain persaingan itu juga bisa mengintimidasi. Anda tidak ingin mundur, tetapi Anda tidak yakin dengan cara bagaimana memerangi persaingan. Setiap perusahaan pasti berurusan dengan masalah ini, dan kesuksesan yang akan muncul di sini adalah mengembangkan rencana yang membantu melayani pelanggan dengan lebih baik, merek yang akurat, dan mendukung tim Anda.

Lebih ke dalam lagi, persaingan memaksa perusahaan untuk lebih mengenal potensi dan kekuatan perusahaan, siapa pasar mereka yang sesungguhnya dan mampu melihat peluang apa yang akan terjadi di depan (proyeksi). Di sinilah semua kinerja perusahaan akan diuji keunggulannya disesuaikan dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pelanggan.;

Pelajari Cara Menangani Persaingan dalam Bisnis.

Anda tahu Anda akan menghadapi persaingan dalam bisnis. Jadi bagaimana Anda mengembangkan strategi untuk bersaing dengan pesaing? Baca terus untuk 10 ide dunia nyata strategi yang dapat Anda gunakan untuk belajar bagaimana mengalahkan pesaing Anda dalam bisnis.

1. Kenali Pelanggan Anda

Sekitar 80% perusahaan tidak memiliki cukup data pelanggan untuk membangun kampanye pemasaran yang efektif? Sebagian besar sales tahu pola pembelian pelanggan mereka, dan hal ini sangat membantu untuk melacak atau memproyeksikan penjualan. Tetapi ada begitu banyak informasi yang dapat digunakan untuk terus menyempurnakan rencana pemasaran Anda. Dengan mengenal pelanggan, Anda dapat membangun hubungan antara pelanggan dan perusahaan, memperpanjang siklus hidup perusahaan, sementara pelanggan baru di luar hanya akan menghasilkan beberapa penjualan.

Menurut presiden YesMail Interactive, menggunakan data yang ada dengan tepat adalah sesuatu yang diabaikan oleh banyak penjual. Secara khusus, data tentang aktivitas sosial pelanggan memberikan wawasan kritis penjual mengenai waktu pembelian dan pencarian terkait. Dengan menggunakan alat online seperti: Facebook Analytic, Google Analytic dan sebagainya, perusahaan Anda akan dapat lebih memahami apa yang akhirnya memicu pelanggan Anda untuk melakukan pembelian.

2. Pahami Persaingan

Untuk memahami pesaing Anda, yang paling penting adalah memulai dengan memeriksa pasar. Pertama, perhatikan dengan cermat hal-hal yang dilakukan pesaing Anda. Apakah perusahaan itu melakukan percakapan intim dengan pelanggan yang mengarah ke konversi? Apakah mereka memiliki sudut pandang yang unik untuk menceritakan kisah mereka? Kedua, perhatikan apa yang tidak dilakukan pesaing Anda, dan kemudian coba mengisi bagian pasar itu.

Pada 1980-an, Canon dan Xerox bersaing di pasar untuk mesin fotokopi. Xerox berpikir harga Canon sangat rendah, berdasarkan asumsi mereka tentang biaya untuk membuat mesin fotokopi. Melalui pemeriksaan pasar, mereka menemukan ada cara yang lebih murah untuk membuat mesin fotokopi. Melalui riset pasar Xerox, mereka menemukan bahwa Canon memasuki pasar dengan inovasi baru, yang mengarah ke pasar yang lebih baik bagi konsumennya.

3. Sorot Perbedaan Anda

Gunakan kekuatan perbedaan (differensiasi) Anda untuk mempelajari cara menangani persaingan dalam bisnis. Setelah menyelesaikan riset pasar, pahami apa yang membuat Anda berbeda dari pesaing. Apakah Anda memiliki sumber daya yang lebih realistis untuk produk? Atau mungkin harga yang lebih murah? Mungkin Anda memiliki sudut pandang terhadap cerita perusahaan Anda yang dapat mendorong Anda melampaui persaingan.

Dalam hal katalog IKEA 2011, IKEA tahu mereka memiliki sumber daya untuk melakukan sesuatu yang istimewa dengan publikasi mereka. Pada tahun 2011, katalog cetak IKEA memiliki lebih banyak kompetisi tetapi perusahaan memutuskan hanya pindah ke platform digital tidak cukup. Jadi mereka menggunakan sumber daya pemasaran mereka untuk membuat versi augmented reality. Perombakan desain IKEA menggandakan jumlah waktu yang dihabiskan pelanggan untuk menelusuri katalog, hanya dengan mengetahui apa yang bisa mereka lakukan secara berbeda dari yang lain.

4. Klarifikasi Pesan Anda

Untuk menarik pelanggan, perusahaan Anda perlu memiliki pesan yang jelas. Pelanggan ingin tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka yang tidak dapat dilakukan orang lain, dan itulah cara Anda memenangkan bisnis mereka. Tidak cukup hanya dengan melemparkan pesan ke dalam kekosongan dan berharap pesan itu melekat pada seseorang. Sebaliknya, jelaskan narasi untuk membawa pelanggan kepada Anda.

Layanan Gojek dan Grab, mengklarifikasi pesannya setiap kali berkomunikasi dengan pelanggan atau setiap ada penilaian dan komplain dari pelanggan. Dengan setiap komunikasi, perusahaan tersebut mempertimbangkan audiens secara spesifik yang ingin dijangkau, dan kemudian mempertimbangkan nada atau pesan apa yang paling efektif untuk memperpanjang siklus hidup pelanggan. Dengan secara sadar mempertimbangkan audiens Anda dengan setiap pesan, Anda juga akan dapat berkomunikasi lebih jelas dengan konsumen.

5. Pastikan Branding Anda Memperkuat Pesan Anda

Branding dan perpesanan adalah dua kacang polong dalam satu wadah. Pencitraan merek Anda harus mendukung semua pengiriman pesan, tanpa meninggalkan pertanyaan yang terkait dengan pesan perusahaan Anda. Branding yang akurat berkontribusi pada pesan yang lebih jelas, yang penting untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

LIVESTRONG, yang dikenal dengan gelang kuning ikonik yang membawa kesadaran akan kanker, dipaksa untuk mengubah citra bertahun-tahun setelah gelang itu muncul di tempat kejadian. Khawatir bahwa merek itu terlalu dekat dengan satu orang, LIVESTRONG memfokuskan kembali pada kesadaran kanker dan menjauhkan bisnis dari juru bicaranya. Setelah menilai branding baru mereka, LIVESTRONG bertanya apakah itu mendukung pesan mereka, dan akhirnya itu adalah rebranding yang sukses.

6. Targetkan Pasar Baru

Ketika Anda memiliki satu pasar terkunci, jangan ragu untuk memperluas ke pasar baru. Ini penting dalam mempelajari cara menangani persaingan dalam bisnis. Mungkin demografis Anda yang paling konsisten adalah wanita usia 35-50. Uji air dengan kelompok umur lain: apakah produk Anda masuk akal untuk remaja atau wanita lanjut usia? Pasar baru dapat mengarah pada pertumbuhan yang lebih cepat dan lebih baik, tetapi pastikan perusahaan Anda siap untuk pasar yang baru terlebih dahulu.

Fun and Function adalah perusahaan yang menjual barang untuk anak berkebutuhan khusus. Perusahaan biasanya menjual terutama kepada individu, meskipun sebagian besar penjualan berasal dari institusi seperti sekolah atau klinik. Mereka memutuskan untuk melakukan diversifikasi dan mencoba untuk mendapatkan lebih banyak penjualan dari institusi karena mereka telah menjual secara individual dengan nyaman di bawah kendali. Meskipun para pendiri ragu-ragu, mereka merasa siap untuk mengambil pasar baru dan mulai mengubah pemasaran mereka untuk mencerminkan perubahan pasar.

7. Jaga Pelanggan Existing Anda

Pasar baru menarik untuk dimasuki, dan ketika perusahaan Anda siap, pasar baru dapat menghasilkan hadiah besar. Namun, jangan lupa pelanggan yang sudah loyal kepada perusahaan Anda. Ketika Anda mendiversifikasi opsi pasar Anda, pertahankan beberapa aspek pemasaran Anda saat ini untuk tetap berkinerja baik dengan pelanggan yang ada.

Salah satu opsi Anda harus terus mendukung pelanggan yang sudah ada adalah pengembangan produk. Memperkenalkan produk baru atau lebih baik ke pasar yang ada. Lanjutkan pengembangan produk yang ada, seperti buku terlaris Anda, untuk memperbarui komitmen Anda kepada pelanggan saat ini dengan kemampuan terbaik Anda. Melalui pengembangan produk, Anda dapat berharap untuk mengungguli pesaing dan membuat pelanggan Anda senang.

8. Jelajahi Peluang Kemitraan

Untuk bisnis, peluang kemitraan sangat populer saat ini. Sebagian besar bisnis menjangkau orang lain dengan harapan mencapai pasar baru atau demografis. Hubungan simbiotik ini membantu kedua pasangan dengan memberikan semacam peluang yang sebelumnya tidak dapat dicapai. Ketika mempertimbangkan kemitraan, pikirkan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda untuk lebih berhasil dan kemudian bertindak atas peluang itu.

Starbucks telah bermitra dengan Earthwatch sejak 2001. Salah satu tujuan dari kemitraan ini adalah untuk memperkenalkan karyawan Starbucks pada penelitian ilmiah di balik biji kopi - yang menguntungkan tujuan Earthwatch. Selain itu, Starbucks mampu meningkatkan keterlibatan karyawan melalui kemitraan ini. Kemitraan ini membantu Starbucks mengembangkan pendekatan etisnya terhadap kopi, sambil membantu Earthwatch menyebarkan praktik-praktik ilmiah dan berkelanjutan.

9. Terus Berinovasi

Di dunia saat ini, sangat penting untuk beralih, beralih, dan beralih. Itu harus menjadi mantra tim pemasaran Anda di dunia media online yang terus berubah. Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, pasar baru dan lama Anda juga mendapat manfaat dari inovasi. Dengan terus berinovasi, tim Anda akan tetap fokus pada tujuan sambil menjaga pelanggan Anda tertarik pada perusahaan Anda.

Perusahaan yang lebih tua sangat bagus untuk mencari kepemimpinan dalam inovasi. Bagaimana mereka bisa mengikuti perkembangan zaman? Kebijakan perusahaan apa yang memungkinkan mereka untuk terus berinovasi dan berubah sambil berfungsi dengan baik untuk basis pelanggan mereka? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda melihat logika inovasi, bahkan ketika tampaknya tidak terjangkau.

10. Jaga Tim Anda

Produk Anda hanya sebagus tim Anda. Dalam mempelajari cara menangani persaingan dalam bisnis, ini mungkin bukan taktik yang paling jelas. Namun, Anda dapat membuat tim Anda produktif dengan membuat mereka senang juga. Mungkin tidak perlu untuk membuat setiap orang kursi beanbag, atau memiliki keran di keran, seperti yang dipikirkan banyak perusahaan. Dengarkan tim Anda ketika mereka memberi tahu Anda apa yang mereka butuhkan untuk bahagia, bukan tren apa yang mereka butuhkan.

Studi kasus dari Snack Nation dapat mengajarkan Anda bagaimana mempertahankan karyawan terbaik Anda. Sebagian besar karyawan hanya benar-benar meminta kepercayaan, pengembangan profesional, kolaborasi, dan kesempatan untuk mengambil kepemilikan atas pekerjaan mereka. Izinkan karyawan Anda peluang ini, dan Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki karyawan yang lebih bahagia dan turnover yang lebih rendah. Membantu karyawan Anda menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan mereka akan mengarah pada dedikasi dari karyawan - dan di sinilah Anda dapat mengalahkan pesaing Anda.

Dilengkapi untuk Kompetisi

Ada sejuta cara untuk memerangi persaingan dalam bisnis, tetapi mana yang tepat untuk perusahaan Anda? Mengikuti 10 strategi untuk menangani persaingan dalam bisnis Anda akan membantu Anda mengembangkan ide yang lebih baik tentang apa yang dibutuhkan pelanggan Anda. Dengan ide-ide ini, Anda dapat yakin bahwa pelanggan Anda akan terus kembali lagi dan lagi. Ingat, tidak ada ide yang gagal melainkan gagal karena Anda berhenti berusaha.

Semoga tulisan ini membantu memotivasi para pelaku UMKM yang selalu bisa keluar dari persaingan. Sukses!

Komentar