Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik.

Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik.

Seorang entrepreneur dituntut untuk menjadi seorang pemimpin, oleh sebab itu materi kepemimpinan sangat perlu untuk dibekalkan kepada para pelaku UMKM. 

Beberapa waktu yang lalu dalam konsultasi santai di RumahUMKM.Net, beberapa pelaku UMKM bertanya-tanya tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, dan pada saat itu kami memberikan gambaran praktis apa yang harus mereka lakukan untuk menjadi seorang pemimpin di era sekarang.

Berikut adalah 10 faktor kunci yang bisa digunakan sebagai acuan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik di perusahaan.

10 Faktor Kunci Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik.

1. Berikan contoh yang tepat, menjadi seorang pemimpin

Menetapkan contoh yang tepat dan pemodelan peran bagaimana para pemimpin ingin tim mereka untuk bertindak dan melakukan adalah sangat penting. Semua mata tertuju pada Anda, mengawasi setiap gerakan Anda saat Anda menetapkan harapan karyawan. Jika tim kepemimpinan berpakaian rapi dan tepat waktu di pagi hari, maka ini akan mendorong staf Anda untuk meniru perilaku ini. Mereka akan melihat kesediaan Anda untuk menyingsingkan lengan baju Anda dan terjebak untuk mencapai tujuan tim Anda, mereka akan melihat bagaimana Anda berkomunikasi di semua tingkatan hierarkis dan mereka akan menganalisis seberapa akuntabel Anda saat segala sesuatu berjalan buruk. Menjadi panutan yang baik untuk bisnis Anda sangat penting jika Anda ingin anggota staf Anda menjadi profesional seperti Anda.

Pimpin dengan memberi contoh dalam segala hal yang Anda lakukan di tempat kerja. Mungkin sangat sulit menegur anggota staf karena sesuatu jika Anda adalah pelaku kebiasaan.

2. Pengembangan keterampilan kepemimpinan Anda secara berkelanjutan

Untuk menjadi pemimpin yang hebat, Anda harus memahami atribut dan keterbatasan Anda sendiri. Mencari peningkatan diri secara terus-menerus berarti Anda akan memperkuat keahlian Anda sendiri dan memastikan bahwa Anda memiliki keterampilan yang tepat untuk menjadi pemimpin yang efektif.

Cari tahu mengapa sangat penting untuk meluangkan waktu untuk merenung sendiri di sini.

3. Mahir secara teknis

Menjadi pemimpin yang efektif juga berarti Anda harus selangkah lebih maju dari tim Anda dalam hal teknologi yang dapat memengaruhi industri Anda. Berlanggananlah ke blog industri dan baca whitepaper yang akan membantu Anda mengikuti perkembangan teknologi di sektor Anda. Tidak ada yang mengatakan bahwa Anda harus menjadi ahli dalam segala hal, tetapi Anda harus memahami ancaman dan peluang yang dihadapi bisnis Anda dari inovasi teknologi.

4. Membuat keputusan yang tepat dan tepat waktu

Sangat penting bahwa Anda berada dalam posisi untuk membuat keputusan dengan cepat. Dengan memastikan Anda siap dengan alat pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan perencanaan yang baik, Anda akan berada dalam posisi yang kuat untuk memimpin tim Anda.

Blog: 4 prinsip kepemimpinan kunci untuk mengelola perubahan

5. Mencari dan bertanggung jawab atas tindakan Anda

Sebagai seorang pemimpin, tim Anda akan mencari bimbingan dan inspirasi serta cara untuk membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Ketika ada masalah, mereka akan meminta Anda untuk mengambil tindakan korektif dan tegas. Bagaimana Anda merespons di masa-masa sulit memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan contoh menjadi pemimpin yang baik.

6. Sikap Positif

Lingkungan yang positif lebih mungkin untuk menciptakan tenaga kerja yang lebih terlibat dan produktif. Dengan menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri, seorang pemimpin yang baik akan memahami dampak yang mereka dapat miliki dalam lingkungan kerja ini.

Jelas, tidak selalu mungkin untuk memiliki sikap positif terhadap setiap tugas yang kemungkinan akan ditangani oleh seorang pemimpin, semakin banyak negatif yang dapat Anda jaga agar tidak mempengaruhi tenaga kerja Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan melihat hasil positif.

7. Terus beri tahu tim Anda

Tim Anda akan meminta Anda untuk selalu mendapat informasi setiap saat, jadi cobalah untuk tetap mengikuti segala yang terjadi dalam bisnis Anda dan di sektor Anda.

Anda kemudian akan berada dalam posisi untuk memberikan informasi tersebut kepada tim Anda yang diharapkan akan menghargai upaya Anda.

Komunikasi yang kuat adalah bagian penting dari menjadi pemimpin yang hebat.

8. Kenali tim Anda

David Brent, bos tercinta dari BBC 'The Office', ingin menjadi sahabat semua orang. Gaya manajemennya adalah menjadi penghibur, badut kantor jika Anda suka. Sayangnya, taktik manajemen ini membuat semua orang dengan cepat kehilangan rasa hormat kepadanya dan dia tidak dapat mengelola dirinya sendiri, apalagi tim.

Manajemen menentukan bahwa Anda memiliki tingkat pemisahan dari tim Anda. Anda harus selalu ingat bahwa tim Anda akan terdiri dari individu-individu yang memiliki pandangan dan kemampuan yang berbeda dan akan berada pada tahap karier yang berbeda. Karena itu penting untuk memahami apa yang membuat mereka tergerak dan mengingat bahwa apa yang memotivasi seseorang, tidak akan selalu memotivasi yang lain.

9. Jangan takut untuk didelegasikan

Salah satu keterampilan utama yang harus dipelajari manajer tim dengan cepat adalah pentingnya pendelegasian. Delegasi yang sukses mulai dengan mencocokkan orang dengan tugas. Jika ada kesenjangan dalam keahlian anggota tim, seorang pemimpin yang baik akan dengan cepat dapat mengidentifikasi dan mengelola kesenjangan ini.

10. Pastikan tugas dipahami, diawasi, dan diselesaikan

Sebelum Anda mendelegasikan tugas kepada siapa pun di tim Anda, penting bagi Anda untuk memahami apa yang terlibat dalam tugas itu dan seperti apa hasil yang memuaskan.

Jika tim Anda mengajukan pertanyaan tentang tugas tersebut, cobalah untuk memastikan Anda dipersenjatai dengan jawabannya. Dengan tidak memiliki informasi yang diperlukan, Anda bisa kehilangan rasa hormat dari anggota tim tertentu dalam tim Anda.

Pada akhirnya, orang ingin dipimpin oleh orang yang mereka hormati, yang memiliki visi dan arah bisnis yang jelas. Suskes!

Komentar