Google Must Know !

Google Must Know !
Dalam promosi adalah istilah baru yang mesti kita sikapi dengan tindakan nyata, yaitu: Google Must Know! atau bisa diartikan bahwa Google harus tahu siapa kita, apa yang kita lakukan dan bagaimana kita di bisnis ini serta dimana kita berada dan melayani daerah mana.

Tulisan yang sangat singkat ini akan jika dicermati dengan baik maka memberikan impact promosi yang luar bisa dalam seach engine Google yang sering kita gunakan untuk mencari informasi-informasi yang penting yang kita butuhkan secara cepat. Jika kita selalu bertanya kepada Google (Googling) maka sebenarnya orang lain pun akan melakukan hal yang sama, sehingga tolok ukur keberhasilan dalam promosi adalah mendapat peringkat utama dalam setiap pencarian (SEO). 

Bagi yang telah memahami SEO (Search Engine Optimization), hal ini bukanlah hal baru karena mereka telah melakukannya secara rutin namun bagi UKM hal ini masih termasuk baru. Bahkan mereka sendiri lupa apa fungsi dari website dan social media yang mereka miliki.

Website dan social media yang mereka miliki adalah kanal atau saluran yang mereka miliki untuk memberitahun Google tentang siapa, apa, bagaimana dan dimana bisnis mereka. Jika mereka tidak pernah update hal-hal tersebut maka Google tidak akan pernah tahu atau memberitahukan kepada para pencari informasi ketika mereka melalukan Googling terkait bisnis kita.

Semakin banyak hal yang terkait bisnis kita sampaikan kepada Google maka peluang atas prospek bisnis semakin besar, selanjutnya mengenai konversi prospek ini menjadi customer adalah kemampuan kita dalam mengelola komunikasi dengan prospek tersebut melalui kanal-kanal tersebut.

Hal yang sederhana dan mendasar ini pun sering terlupakan oleh para pelaku UMKM, sehingga optimalisasi promosi mereka melalui internet tidak pernah dilakukan. Semoga dengan tulisan singkat ini UKM menjadi tergugah untuk mengaktifkan website dan sosial media mereka. Sukses!






Komentar