Freeze Dried Fruits, Jika Itu Permintaan Pasarnya Maka Akan Kami Usahakan.

Freeze Dried Fruits, PT Petropack Agro Industries.
Sudah sejak 3 tahun terakhir kami sadari bahwa pasar di Canada dan USA untuk produk snack telah mengarah ke healthy food, dan bukannya kami tinggal tinggal diam namun terus berusaha menjawab tantangan pasar tersebut dengan terus melakukan sourcing fasilitas freeze dry yang belum banyak dimiliki oleh Indonesia, apalagi oleh UMKM.

Sekitar 2 tahun yang lalu kami menemukan fasilitas tersebut, justru di Semarang, tetapi waktu itu belum siap untuk produksi massal melainkan hanya menerima jasa maklon bagi perusahaan yang ingin menjasakan pekerjaan freeze dry kepada perusahaan tersebut. Beberapa produk yang telah rutin mereka kerjakan adalah freeze dry powder untuk produk bawang putih, bawang merah, cabe, kayu manis, udang dan buah-buahan.

Pastinya fasilitas ini tidaklah murah, dan mungkin belum jangkauannya UMKM kecuali para pelaku UMKM bermitra dan menjasakan pekerjaan freeze dry kepada PT Petropack Agro Industries. Setidaknya kami bisa katakan bahwa Jawa Tengah memiliki asset penting dalam industri agro, terutama ketika harus menutup gap ke arah healthy food.

Freeze Dried Fruits

Untuk pasar dalam negeri, kecuali pasar menengah ke atas atau pasar yang benar-benar membutuhkan asupan healthy food karena sedang diet atau dalam masa perawatan medis mungkin produk ini belum populer. Namun untuk pasar ekspor di negara USA dan Canada produk freeze dried fruits telah menjadi kebutuhan mereka. 

Diproses tanpa minyak dan gula adalah tuntutan dari pasar USA dan Canada untuk produk buah kering, oleh sebab itu ketika kami tawarkan produk vacuum frying dari para UMKM binaan kami buyer di USA dan Canada menolaknya. Inilah sebabnya betapa kami terus berjuang bagaimana agar Jawa Tengah bisa supply freeze dried fruits ke USA dan Canada.

Berikut adalah beberapa contoh produk dried fruits yang ada di pasaran global, dan telah disupply oleh produsen di Vietnam:

Produk Freeze Dried Fuits, Healthy Food,

Produk Freeze Dried Fruits, Healthy Food.

Danielle Crispy Fruits

Danielle Crispy Fruits

Danelle Crispy Fruits
Freeze Dried Fruits ini kami jadikan proyek eksklusif kami untuk menjawab tantangan pasar USA dan Canada, terlebih ketika kami mendapatkan support penuh dari PT Pegropack Agro Industries dari sisi produksi. Untuk supply kami juga mengajak perusahan besar lain seperi PT Sewu Segar untuk ikut memikirkan tantangan ini. Peran dari PT Sewu Segar atau yang dikenal dengan merk Sun Pride bisa sebagai mitra bahan baku dan mitra distribusi bisa menjadi kolaborasi yang kuat dalam mengenalkan produk freeze dried fruits di Indonesia dan pasar ekspor.

Kunjungan SUN PRIDE ke fasilitas Freeze Dry PT Petropack Agro Industries.

Kunjungan SUN PRIDE ke fasilitas Freeze Dry PT Petropack Agro Industries.

Freeze Dried Fruits PT Petropack Agro Industies, siap ekspor.
Jika ketika 2 tahun lalu kami datang ke PT Petropack Agro Industries mereka belum siap legalitas produknya, maka pada kesempatan kunjungan ketiga kami ini, kami sudah merasa lega karena mereka telah mengantongi legalitas produk yang dibutuhkan.

Berbagai upaya pengembangan terus kami diskusikan dengan perusahaan ini terutama tantangan bagi prodk freeze dried fruits yang seringkali "kurang" dalam hal texture dan cita rasa. Namun dengan proses yang benar, citra rasa buah asli masih bisa dinikmati oleh konsumen hanya mungkin bagi yang belum terbiasa menikmati produk ini maka texture buah kering ini akan menjadi sedikit kendala.

Namun dengan issue healthy food yang sudah meluas di USA dan Canada, masalah texture sudah semakin diabaikan karena konsumen benar-benar meminta jaminan bahwa produk tersebut adalah benar-benar buah alami yang diproses tanpa minyak dan gula. Halal pasti sudah menjadi kebutuhan pasar di seluruh di dunia, dan produk ini telah tersertifikasi halal.

Permintaan ekspor freeze dried fruits dan freeze dried powder bisa kami fasilitasi ke perusahaan tersebut. Sehat itu mahal ...

Komentar

  1. Dimana saya dapat mendapatkan informasi membeli freze dried fruit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk/Ibu bisa email ke saya di adiv.nugroho@gmail.com atau wa (081239191171). Trmksh

      Hapus

Posting Komentar