Berita dari Den Haag: Rotterdam Sepakati Lanjutan Kerja Sama Sister City dengan DKI Jakarta


Displaying image001.jpg
Kesepakatan Sister City DKI Dan Rotterdam
Walikota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb, dan Plt. Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menandatangani kesepakatan Minutes of Agreement (MoA) sebagai tindak lanjut kerja sama sister city antara DKI Jakarta dan Rotterdam periode 2017-2019, di Jakarta, tanggal 12 Juni 2017. MoA tersebut berisikan antara lain komitmen kedua pihak untuk meneruskan dan memperkuat kerja sama di bidang pembangunan kota yang berkelanjutan dan bidang tata kelola air termasuk pengelolaan air sungai dan pembangunan pelabuhan.  
Beberapa implementasi kerja sama dari kesepakatan tersebut antara lain diwujudkan dengan program capacity building di bidang integrated water management dan pertukaran pengetahuan terkait National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), seperti melalui program Dutch Training and Exposure Program (DUTEP). 
Sebelum penandatangan tersebut, Plt. Gubernur DKI dan Walikota Rotterdam melakukan pertemuan bilateral untuk membahas berbagai bidang kerja sama di bidang pengelolaan air, tata kota dan smart city. Keduanya juga menegaskan komitmen untuk menindaklanjuti kerja sama tersebut yang diharapkan akan memberikan manfaat nyata bagi kedua kota. 
Plt. Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Rotterdam sama-sama meyakini bahwa pengelolaan kota dan air merupakan kerja sama yang penting untuk membantu kota-kota besar seperti Jakarta dan Rotterdam mengatasi masalah kenaikan air laut, polusi, turunnya permukaan tanah dan dampak-dampak perubahan iklim. 
Walikota Rotterdam berada di Jakarta dalam rangka kunjungan kerja selama 4 hari, yaitu tanggal 11-14 Juni 2017. Selain bertemu dengan Plt. Gubernur, Delegasi Walikota Rotterdam juga bertemu dengan Menteri Perhubungan RI guna membahas kerja sama pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai kawasan pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri. 
Displaying image002.jpg
Pertemuan kedua walikota di Jakarta.
Selama di Jakarta, Walikota Rotterdam juga menghadiri roundtable discussion tentang pembangunan pelabuhan Jakarta bersama Pemprov DKI Jakarta dan menghadiri konser kelompok orchestra terkemuka Rotterdam, Rotterdam Philharmonic Orchestra, di Taman Ismail Marzuki, tanggal 13 Juni 2017, mengunjungi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kali Jodo dan mengunjungi Jakarta Creative Hub. 
Kunjungan Walikota Rotterdam ke Jakarta merupakan yang keempat kalinya kalinya. Kunjungan sebelumnya pada bulan Agustus 2015. Kerja Sama Sister City antara DKI dan Rotterdam telah berlangsung selama lebih dari 30 tahun yang dimulai pada tahun 1986.

Komentar