Berita Dari Den Haag : Sales Mission Pariwisata Jembatani Wisatawan Belanda ke Indonesia


Sales Mission Pariwisata Jembatani Wisatawan Belanda ke Indonesia

Sales Mission pariwisata Indonesia kembali diselenggarakan di Amsterdam, Belanda, pada 1 Maret 2017. Sales mission yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan KBRI Den Haag dan dengan dukungan Visit Indonesia Tourism Office (VITO) di Belanda bertujuan untuk menarik sekaligus menjembatani minat kunjungan wisatawan Belanda ke Indonesia, khususnya ke berbagai destinasi pariwisata beyond Bali.

Delegasi sales mission Indonesia di Amsterdam dipimpin oleh Deputi Bidang Pengembangan Pasar Pariwisata Mancanegara, Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana dan dihadiri oleh lebih dari 60 pelaku usaha pariwisata Indonesia dan Belanda. 

Pertunjukan Kesenian Tari

Duta Besar RI di Den Haag, I Gusti A. Wesaka Puja, dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya mendorong peningkatan wisatawan setidaknya didukung oleh 3B, yaitu beauty, yang merefleksikan keindahan alam, budaya, kuliner dan masyarakat; bridging, yaitu adanya koneksitas yang menjembatani kunjungan wisatawan termasuk melalui kontak antara pelaku usaha wisata, serta branding Indonesia sebagai surga bagi wisatawan melalui berbagai strategi marketing.

Dubes RI juga menekankan optimismenya bahwa pariwisata Indonesia akan terus maju ke tingkat yang lebih tinggi dan mampu menarik jumlah wisatawan yang lebih besar, khususnya dari Belanda. “Kita harapkan kunjungan wisatawan Belanda yang tahun 2016 tumbuh lebih dari 13% mencapai lebih dari 195 ribu, dapat terus meningkat”. Dubes RI juga mengharapkan agar wisatawan Belanda juga lebih banyak berkunjung ke destinasi-destinasi Indonesia lainnya seperti Danau Toba, Borobudur, Kepulauan Seribu, Labuan Bajo dan Tanjung Kelayang di Belitung serta daerah-daerah lainnya yang dipromosikan sebagai ‘”the new Bali”. 

Foto Bersama Team Sales Mission

Untuk mengoptimalkan hasil sales mission ini, para pelaku usaha pariwisata dari kedua negara secara intensif melakukan pertemuan business to business/one on one. Sales mission juga diisi paparan dari VITO terkait perkembangan pariwisata Indonesia dan Garuda Indonesia di Belanda yang menawarkan layanan penerbangan bagi wisatawan Belanda untuk berkunjung ke beragam destinasi di berbagai penjuru Indonesia.

Komentar