Mengenal Teknologi Freeze Dryer

Freezer Dyer untuk Industri.
Sebenarnya teknologi pengeringan freeze dry bukan hal baru, tetapi bagi UMKM di Jawa Tengah teknologi ini memang belum banyak dikenal karena cukup mahal. Ketika saya mengupload produk kripik buah dari binaan kami, Petro Food, maka banyak UMKM yang ingin sekedar tahu apa itu pengeringan beku (Freeze Dryer) itu sehingga saya coba carikan referensi mengenai hal ini.

Kripik Buah

Binaan kami memproduksi kripik buah dan kripik ikan dengan konsep SEHAT karena tidak melibatkan minyak, bahan pengawet dan gula. Dan konsep ini bisa dicapai dengan penggunaan teknologi Freeze Dry.

Konsep yang lebih penting lagi adalah bahwa Petro Food hanya memproduksi buah asli Jawa Tengah, karena ingin menjadi produk khas Jawa Tengah. Dan pasarnya pun menyasar ke pasar premium, pasar yang tersegmentasi ketat akan kebutuhan konsumsi produk yang sehat.

Produk Petro Food mengusung merk CRUNCHY yang berarti renyah, dan memang benar produk keripik buahnya renyah dan rasanya masih seperti buah aslinya bahkan dengan konsentrasi yang lebih kuat karena 99% kadar airnya telah hilang.

Dengan teknologi ini produk keripik buah ini bisa bertahan lebih lama dan tidak akan bermasalah dengan waktu distribusi yang panjang sehingga pasar ekspor pun terbukan untuk produk ini.

Demikian sekelumit informasi mengenai produk keripik buah dari Petro Food dengan merk Crunchy yang asli dari kota Semarang ini.

Berikut adalah sekilas informasi mengenai teknologi Freeze Dry yang perlu kami kemukakan sebagai informasi kepada para pelaku UMKM;

PENGERINGAN BEKU (Freeze Dryer)

Freeze Driyer merupakan suatu alat pengeringan yang termasuk kedalam Conduction Dryer/ Indirect Dryer karena proses perpindahan terjadi secara tidak langsung yaitu antara bahan yang akan dikeringkan (bahan basah) dan media pemanas terdapat dinding pembatas sehingga air dalam bahan basah / lembab yang menguap tidak terbawa bersama media pemanas. Hal ini menunjukkan bahwa perpindahan panas terjadi secara hantaran (konduksi), sehingga disebut juga  Conduction Dryer/ Indirect Dryer.
Pengeringan beku (freeze drying) adalah salah satu metode pengeringan yang mempunyai keunggulan dalam mempertahankan mutu hasil pengeringan, khususnya untuk produk-produk yang sensitif terhadap panas. Keunggulan pengeringan beku, dibandingkan metoda lainnya, antara lain adalah:

  1. Dapat mempertahankan stabilitas produk (menghindari perubahan aroma, warna, dan unsur organoleptik lain)
  2. Dapat mempertahankan stabilitas struktur bahan (pengkerutan dan perubahan bentuk setelah pengeringan sangat kecil)
  3. Dapat meningkatkan daya rehidrasi (hasil pengeringan sangat berongga dan lyophile sehingga daya rehidrasi sangat tinggi dan dapat kembali ke sifat fisiologis, organoleptik dan bentuk fisik yang hampir sama dengan sebelum pengeringan).

Keunggulan-keunggulan tersebut tentu saja dapat diperoleh jika prosedur dan proses pengeringan beku yang diterapkan tepat dan sesuai dengan karakteristik bahan yang dikeringkan. Kondisi operasional tertentu yang sesuai dengan suatu jenis produk tidak menjamin akan sesuai dengan produk jenis lain.

Spesifikasi Alat

Spesifikasi alat ini terdiri komponen asesorisnya terdiri dari: vaccum sensor, vaccum hose, base plate, 3 unheated shelves, drying chamber, rubber valve, vaccum pump dan exhaust filter. Sedangkan menu display antara lain dari beberapa setting program antara lain: pengaturan suhu, waktu oprasional, dll.

Cara Kerja Alat

Pengoprasian alat tersebut sedikit lebih panjang karena banyak menu display yang harus diseting dahulu dan harus lebih hati-hati karena banyak peralatan/asesoris terbuat dari gelas. Cara oprasionalnya sebagai berikut: ekstrak cairan atau kental sebelum dimasukkan kedalam Freeze Dryer telah dibekukan dalam refrigerator (lemari es) minimal semalam. Setelah membeku kemudian dimasukkan ke dalam alat, alat disetting sesuai dengan yang diinginkan. Oleh vaccum puma alat tersebut akan menyedot solvent yang telah beku (freeze) menjadi uap. Prinsip kerja alat ini adalah merubah fase padat/es/freeze menjadi fase gas (uap).

Kegunaan Alat

Sesuai dengan namanya pula Freeze Dryer (pengering beku) dapat digunakan untuk mengeringkan bahan-bahan cair seperti ekstrak baik cair maupun kental, lebih ditekankan untuk pengeringan ekstrak dengan penyari/solvent dari air. Pengeringan ekstrak relatif lama, sebagai ilustrasi kerja alat tersebut sebagai berikut: untuk mengeringkan ekstrak cair sebanyak 500 ml bisa membutukan waktu lebih dari 20 jam. Untuk itu lebih disarankan ekstrak yang dikeringkan dalam Freeze Dryer sudah dalam ekstrak kentalnya sehingga waktu pengeringan akan lebih cepat sehingga biaya akan lebih murah. Kapasitas alat tersebut mampu mengeringkan ekstrak sampai 6 liter sekaligus.

Proses pengeringan beku dengan alat freeze dryer ini berlangsung selama 18-24 jam, karena proses yang panjang inilah membuat produk-produk bahan alam ini menjadi lebih stabil dibandingkan dengan metode pengeringan yang lain seperti pengeringan semprot atau yang dikenal dengan spray drying. Pengeringan beku ini dapat meninggalkan kadar air sampai 1%, sehingga produk bahan alam yang dikeringkan menjadi stabil dan sangat memenuhi syarat untuk pembuatan sediaan farmasi dari bahan alam yang kadar airnya harus kurang dari 10%.

pada prosesnya yang panjang ini sampel akan dibekukan terlebih dahulu, lalu setelah itu dimasukkan kedalam alat freeze dryer yang akan diset suhu dan tekanannya dibawah titik triple. dan akan terjadi proses sublimasi yaitu dari padat menjadi gas. Penggunaan freeze drying ini sendiri juga telah banyak diaplikasikan dalam pengeringan produk makanan, hasil dari pengeringan ini tidak merubah tekstur dari produk itu sendiri dan cepat kembali kebentuk awalnya dengan penambahan air.


Untuk proses pengeringan beku (freeze dryer), menurut Muchtadi (1992), bahan yang dikeringkan terlebih dahulu dibekukan kemudian dilanjutkan dengan pengeringan menggunakan tekanan rendah sehingga kandungan air yang sudah menjadi es akan langsung menjadi uap, dikenal dengan istilah sublimasi. Pengeringan menggunakan alat freeze dryer lebih baik dibandingkan dengan oven karena kadar airnya lebih rendah. Pengeringan menggunakan alat freeze dryer/pengering beku lebih aman terhadap resiko terjadinya degradasi senyawa dalam ekstrak. Hal ini kemungkinan karena suhu yang digunakan untuk mengeringkan ekstrak cukup rendah.

 

Alat Freeze Dryer

 

Spesifikasi Alat Freeze Dryer


Kesimpulan

Freeze Dryer termasuk kedalam alat pengeringan jenis indirect dryer/conduction dryer yaitu merupakan salah satu metode pengeringan yang mempunyai keunggulan dalam mempertahankan mutu hasil pengeringan. Sesuai dengan namanya pula Freeze Dryer (pengering beku) dapat digunakan untuk mengeringkan bahan-bahan cair seperti ekstrak baik cair maupun kental, lebih ditekankan untuk pengeringan ekstrak dengan penyari/solvent dari air. Pengeringan beku ini dapat meninggalkan kadar air sampai 1%, sehingga produk bahan alam yang dikeringkan menjadi stabil dan sangat memenuhi syarat untuk pembuatan sediaan farmasi dari bahan alam yang kadar airnya harus kurang dari 10%. Namun, freeze dryer membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Dengan ulasan ini kami berharap teman UMKM yang bergerak di rekayasa mesin mampu mendesain dan membuat produk freeze dryer untuk kebutuhan para UMKM. Terima kasih.

Komentar

  1. Hallo gan,

    Untuk merk dagang Crunchy sendiri apakah sudah memiliki dedicated mesin freeze drying? Jika ada kapasitasnya sebesar apa? Untuk harga kira-kira sampai dengan berapa? Terima Kasih 🙏🏻

    BalasHapus
  2. Mau bertanya donk
    di mana kah mesin di dapat di beli. Apakah mesin produk lokal. Trims sebelum nya

    BalasHapus
  3. Hallo mau tny apa perbedaan mesin freeze dried vs mesin dehydrator thq

    BalasHapus
  4. Hallo mau tanya perbedaan mesin freeze dried dan mesin dehydrator

    BalasHapus
  5. saya kira prosesnya seperti memasukan ke dalam freezer biasa, baru tau ada yang namanya freeze dryer

    BalasHapus

Posting Komentar