Mengelola Organisasi Bisnis

Image result for Handling Business Organization
Mengelola Organisasi Bisnis
Tantangan terberat bagi usaha skala mikro kecil adalah bagaimana terus mengembangkan usahanya, dan ketika usaha ini telah berkembang maka sudah pasti bahwa usaha ini tidaklah mungkin ditangani sendiri oleh pelaku usahanya melainkan akan berkembang menjadi sebuah organisasi atau perusahaan.

Pemahaman mengenai manajemen usaha sudah pasti dibutuhkan oleh para pelaku usaha yang memimpikan usahanya berkembang menjadi lebih besar, atau menjadi sebuah perusahaan. Memahami bagaimana mengatur dan mengelola SDM merupakan kemampuan dasar bagi seorang pengusaha, sebelum harus memahami bagaimana pentingnya mengatur manajemen keuangan perusahaan dan selanjutnya manajemen produksi dan pemasaran.

Semua harus diatur dengan rapi dan dipersiapkan dengan baik agar perusahaan yang dirintis bisa tumbuh solid, efisien dan efektif bukan hanya tumbuh besar tetapi kinerjanya keropos di sisi manajemennya.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami dan dipersiapkan dalam mengelola perusahaan bisnis, yang pada kesempatan ini kami mengutip materi dari Dr Vannessa Gaffar, SE AK, MBA untuk pembekalan pertama kepada para pelaku UMKM yang memimpikan usaha yang dirintisnya menjadi sebuah perusahaan dan organisasi bisnis yang mantap.

Berikut adalah materinya:
  
























Semoga pembekalan awal ini bisa sedikit membantu para pelaku UMKM dalam mempersiapkan organisasi usahanya di masa mendatang. Terima kasih.

Komentar